17 Aplikasi Edit Foto Android Terbaik yang Lagi Hits di 2017!

advertisement
Di zaman ini, photo editor kini telah menjadi aplikasi yang wajib ada di Android. Ya, ini merupakan kebutuhan pengguna yang hobi memotret. Meskipun di ponsel pintar pribadinya telah tersedia aplikasi kamera yang dapat digunakan, namun kebanyakan dari mereka kurang puas dengan hasil jepretannya.

Nah, disini saya akan memberikan 17 aplikasi edit foto terbaik untuk android yang lagi hits. Apa saja?

1). Camera360 Ultimate

Camera360 PinGuo Inc
Aplikasi edit foto keren ini dibuat oleh PinGuo Inc dengan data pemasangannya mencapai 500 juta. Terlebih lagi aplikasi ini disediakan secara gratis dengan fitur canggih sehingga bisa memenuhi kebutuhan pengguna dalam mengedit foto agar terlihat bagus.

Di versi terbarunya diperbarui pada 3 April 2015 yang lalu, terdapat 2 fitur baru yaitu movie photo dan juga efek HDR storm. Aplikasi foto editor android nomor 1 ini memiliki berbagai macam fitur unggulan yang mungkin tidak anda temui pada aplikasi android lainnya.

Saya tidak perlu panjang lebar memberikan review terhadap aplikasi Camera360 ini karena memang saya yakin sudah banyak orang tahu dengan fasilitas yang ditawarkan dan memang sudah banyak orang menyukainya. Segera install dan rasakan sendiri kehebatannya!

2). Prisma
Prisma
Prisma merupakan sebuah aplikasi edit foto terbaru yang sedang trend belakangan ini. Aplikasi besutan Prisma Labs. inc ini memungkinkan penggunanya untuk dapat merubah foto menjadi seperti lukisan.

Prisma adalah aplikasi pengedit foto buatan Prisma Labs yang sangat amat booking saat ini karena menghadirkan fitur filter yang bisa membuat foto terlihat menjadi seperti lukisan yang mempunyai karya seni tinggi.

Kalau biasanya kita hanya bisa menjadikan foto kita seperti lukisan secara manual menggunakan software photoshop yang membutuhkan teknik, dengan adanya aplikasi ini pengguna saat amat dimudahkan dan dimanjakan karena fitur yang ditawarkannya.

Foto hasil filter pun terlihat sangat ciamik ditambah dengan kita sendiri juga bisa mengatur tingkat filter pada hasil fotonya. Saat ini kekurangan yang terlihat dari aplikasi ini adalah pengguna harus mengaktifkan koneksi internetnya kalau ingin menggunakan aplikasi ini karena memang tidak bisa dijalankan secara offline.

Update: Sekarang aplikasi Prisma bisa digunakan secara offline.

3). PicsArt

PicsArt
Aplikasi edit foto gratis yang dikembangkan oleh salah satu pengembang terpopuler di Google play ini bisa menjadikan orang semakin kreatif! Ya itu benar, lebih dari 500 juta orang telah berkembang lebih baik karena telah mengeluarkan seluruh kreativitas mereka melalui aplikasi photo editor yang kini juga telah menjadi sosial media mirip dengan Instagram.

Aplikasi ini selain dapat digunakan untuk mengedit foto, juga bisa kita manfaatkan sebagai alat menggambar yang bisa dimanfaatkan untuk membuat lukisan, membuat kolase dalam bentuk grid atau bebas. Selain itu juga terdapat fasilitas untuk menambahkan frame atau bingkai, membuat tulisan atau teks, clipart, memanipulasi foto dengan berbagai macam efek, dan lainnya.

Dengan adanya media sosial ini, ternyata juga dapat mengumpulkan seluruh komunitas kreatif seperti desainer grafis, photographer, dan banyak lainnya.

4). Cymera

Cymera
SK Communications merupakan pengembang dari aplikasi android yang satu ini. Saya lihat sudah cukup banyak membuat berbagai aplikasi untuk android yang unik. Jika dilihat dari data pemasangannya sudah mencapai 100 jutaan, ini cukup membuktikan bahwa aplikasi foto ini bisa menarik penggunanya karena dengan fasilitas atau fitur lengkap.

Sangat cocok digunakan untuk kamu ber-selfie, apalagi dilengkapi dengan aneka macam filter yang bisa kamu pilih dan gunakan. Berikut beberapa fitur unggulan yang mungkin bisa menarik perhatian anda untuk segera mendapatkan dan menggunakannya:
  • Fitur live filter berjumlah 15 macam. Beberapa diantaranya yaitu seperti; crystal, lovely, cream, sunny, shine, dan sebagainya.
  • Terdapat berbagai mode potret mencangkup 7 macam lensa menarik yang bisa digunakan secara gratis, selfie, opsi out-focusing, dan lainnya.
  • Tersedia tool atau alat untuk mengolah foto secara maksimal, seperti; mengatur kecerahan, kontras, rotate, crop, dan lainnnya seperti software grafis Photoshop. Dan juga, berbagai efek dan ratusan filter lainnya.
  • Fitur collage atau kolase bisa dimanfaatkan dengan menggabungkan beberapa foto favorit anda menjadi 1 dan sebuah cerita. Tidak lupa juga dengan fitur sticker lucu dan teks yang bisa diterapkan pada foto sesuka hati.
  • Terdapat sebuah fasilitas untuk melakukan make-up pada foto, yaitu dengan mencerahkan dan memutihkan kulit, menyamarkan noda atau jerawat, membuat efek senyum, ramping, hingga membesarkan ukuran mata.
  • Cymera telah mendukung berbagai bahasa termasuk bahasa indonesia.
  • Dan masih banyak lagi lainnya...

5). Autodesk Pixlr

Pixlr
Aplikasi keren ini dibuat langsung oleh autodesk secara gratis dan tanpa ada iklan. Terdapat lebih dari 2 juta efek, border, dan overlay yang siap untuk anda gunakan. Dengan menggunakan aplikasi ini secara otomatis anda akan terlihat profesional dengan hasil editan foto buatan anda sendiri, ya karena dengan berbagai fasilitas lengkap anda tinggal memaksimalkannya.

Selain hanya mengedit foto dengan berbagai efek, anda juga dapat memanfaatkan sebuah tool yang bisa digunakan untuk menghapus noda pada foto. Fitur auto fix juga bisa anda gunakan untuk mengatur warna dan juga pencahayaan pada foto agar terlihat indah. Tidak hanya itu saja, ada juga fitur untuk membuat sketsa wajah anda dengan sangat mudah dan juga efek halftone yang bisa diterapkan.

6). Perfect365

Perfect365
Aplikasi edit foto wajah yang diciptakan oleh ArcSoft, Inc ini dapat memungkinkan penggunanya untuk melakukan make-up pada foto sehingga terlihat lebih cantik bagi wanita dan tampan / ganteng untuk pria. Jika anda ingin ber-selfie, cobalah jadikan aplikasi photography ini sebagai andalan untuk memotret lalu mengolah foto untuk menghilangkan hal-hal yang tidak anda suka dan ingin dihilangkan.

Terdapat beberapa makeup templates canggih tentu bisa anda pilih dan digunakan untuk diterapkan. Tidak hanya itu saja, nanti ketika anda mulai menggunakannya, anda akan menemukan berbagai tools atau alat untuk melembutkan atau menghaluskan kulit, memutihkan gigi, dan sebagainya dengan mengontrol intensitas setiap efek agar terlihat seperti asli dan lebih baik dari sebelumnya.

Perfect365 telah cukup banyak mendapatkan prestasi, yaitu Pemenang CES, telah diberitakan di situs ABC News, dan lebih dari 50 juta orang telah menggunakan aplikasi ini di smartphone android andalannya.

Beberapa fitur utama atau unggulan yang tersedia mungkin dapat membuat anda tertarik mengguakannya, yaitu:
  • Terdapat lebih dari 20 tools atau alat kecantikan untuk menghilangkan jerawat atau noda lainnya, menghapus lingkaran bawah mata, mengubah warna mata, menghaluskan dan memutihkan kulit serta gigi, membentuk alis sesuka hati, memberi lipstik pada bibir, blush on pada wajah, menggunakan berbagai jenis bulu mata, mengganti gaya rambut, mengatur contour wajah, dan masih banyak lagi lainnya.
  • Teknologi canggih membuat aplikasi ini dapat secara akurat dan realistis mengedit foto anda dengan sangat indah.
  • Dan lain sebagainya...

7). MomentCam

MomentCam untuk smartphone
Aplikasi untuk mengubah foto biasa menjadi kartun / karikatur ini dikembangkan oleh Hightalk Software Corp. Sang pengembang menurut saya sudah cukup memanjakan penggunanya, karena kita nantinya hanya harus memotret atau memilih foto atau gambar yang sudah ada untuk dijadikan ke versi kartun atau karikatur. Setelah sebuah karya yang mirip dengan wajah anda telah jadi, anda bisa melakukan pengeditan tambahan dengan menambahkan topi, jenggot, kacamata, membuat ekspresi pada muka, dan lain sebagainya untuk menambah kesan lucu pada karya karikatur instan yang telah dibuat.

Yakinlah, jika anda menyukai cosplay, manga, atau pun anime, maka dengan aplikasi ini anda bisa mendapatkan kesenangan tersebut karena semuanya bisa anda jumpai disini. Tidak hanya itu saja, sekarang ini anda dapat membuat emoticon pribadi sesuai keinginan hati sehingga membuat orang yang melihat akan terkejut. Tunggu apalagi, mari segera keluarkan kreativitas kamu dengan membuat karya foto kartun karikatur.

8). VivaVideo (berfungsi untuk mengedit foto jadi video)

VivaVideo

9). Photo Warp+

Photo Warp
Aplikasi edit foto lucu yang dikembangkan oleh TONUZABA ENTERTAINMENT ini merupakan yang terpopuler sebagai aplikasi foto warping. Di versi terbarunya, data pemasangannya telah mencapai lebih dari 3 juta dengan performa lebih cepat dan beberapa fitur baru serta tampilan UI yang sangat baik.

Yang perlu anda lakukan ketika telah mendapatkan aplikasi ini adalah segera memotret lalu mengeditnya dengan menjadikan badan anda terlihat kurus atau gemuk, melakukan pembesaran terhadap beberapa bagian penting pada tubuh anda seperti memperbesar pipi agar terlihat gemuk karena lemak yang menumpuk dan sebagainya hingga terlihat sangat lucu.

Tidak hanya itu saja, menurut saya pribadi ini juga sangat cocok digunakan untuk menjahili teman anda dengan membuat mereka terlihat kaget dan tertawa karena melihat betapa lucunya wajah mereka setelah dilakukan foto warping.

Gunakan fitur pinch-zoom pada saat mengedit agar anda dapat melakukan perubahan secara detail dan jangan lupa atur ukuran kuas sesuka hati agar pengeditan berjalan lancar. Dan jika sudah selesai dan puas anda bisa langsung menyimpan fotonya dengan resolusi tinggi.

10). Background Eraser

Ganti background foto
Aplikasi untuk mengganti background ini dapat anda gunakan tanpa harus memiliki kemampuan dalam mengolah software desain grafis. Berkat perkembangan teknologi saat ini, saya rasa dengan orang awam sekalipun bisa melakukan perubahan terhadap latar belakang foto yang dimilikinya dengan hanya melakukan beberapa kali sentuhan menggunakan tools atau alat pada aplikasi ini.

handyCloset Inc. sebagai pengembang dari aplikasi ini telah cukup banyak menyediakan fasilitas yang dapat digunakan oleh pengguna yang ingin menghapus atau pun mengganti background foto di android. Beberapa fitur tersebut diantaranya adalah:
  • Terdapat Auto mode yaitu adalah menghapus latar belakang secara otomatis dengan sistem menghilangkan piksel yang sama pada foto, mungkin tool atau alat ini bisa dibilang mirip dengan Magic Eraser pada photoshop.
  • Fitur extract mode dapat digunakan dengan cara memilih terlebih dahulu bagian objek lalu menghapusnya secara akurat. Bisa dibilang tools ini juga mirip dengan Magic Extractor yang ada di Photoshop Elements.
  • Yakinlah, bahwa dengan aplikasi android ini anda bisa menghilangkan background pada foto dan menjadikannya memiliki latar belakang transparan atau putih dengan format PNG.
  • Dan lainnya..

11). Adobe Photoshop Express

Photoshop di HP
Ini merupakan aplikasi edit foto android seperti photoshop yang memang diciptakan secara resmi dan langsung dari Adobe. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan para pengguna dari kalangan mana pun dari photographer, desainer grafis, dan lainnya dapat melakukan pengeditan foto di mana pun kapan saja dengan cepat hanya dengan menggunakan sebuah ponsel pintar android andalan.

Meskipun fitur atau fasilitas yang dihadirkan tidak selengkap software photoshop untuk PC, namun disini anda akan menemukan berbagai jenis tools penting yang mungkin akan selalu anda butuhkan dalam mengolah foto menjadi indah dan sempurna. Beberapa diantaranya yaitu:
  • Fasilitas noise reduction dapat dimanfaatkan untuk mengurangi bintik-bintik atau buram yang terjadi ketika memotret pada malam hari.
  • Defog bisa digunakan untuk menghilangkan asap atau kabut yang ada pada foto.
  • Mengatur warna, kontras, mempertajam foto, dan lainnya.
  • Menambahkan kesan frame atau bingkai yang indah.
  • Auto-fix akan secara otomatis membuat foto terlihat sempurna tanpa harus melakukan pengeditan tambahan.
  • Removal Blemish akan bekerja dengan satu sentuhan untuk menghilangkan noda apa pun itu.
  • Dan masih banyak lagi lainnya sehingga saya tidak bisa menjelaskannya secara detail. Silakan coba dan rasakan sendiri!

12). BeautyPlus

BeautyPlus
Beauty plus merupakan salah satu aplikasi edit foto android yang dipakai artis, dibuat oleh application development bernama Commsource Network Technology Co.,Ltd. Aplikasi fotografi yang sudah digunakan oleh semua orang dari seluruh dunia ini data pemasangannya sudah mencapai 50 juta dan sangat memungkinkan untuk terus bertambah mengingat aplikasi android ini begitu menarik apalagi untuk pecinta selfie.

Perlu anda ketahui bahwa di beberapa negara, yaitu Jepang, Thailand, dan Taiwan, aplikasi ini menjadi yang terbaik sebagai pengolah foto. Kamera selfie canggih ini dapat secara instan menigkatkan kecantikan anda sebagai wanita hanya dengan beberapa kali klik saja. Meskipun kecantikan bisa didapatkan dengan mudah menggunakan filter kualitas tinggi yang ada pada aplikasi ini, namun yakinlah tetap akan terlihat alami dengan kulit anda sendiri.

Beberapa fitur unggulannya yaitu:
  • Anda dapat benar-benar diberikan kemanjaan serta kemudahan oleh aplikasi ini, karena anda hanya tinggal memotret dan langsung mendapatkan hasil foto yang telah disempurnakan, jadi anda tidak perlu melakukan apa-apa lagi, namun jika mau anda dapat melakukan pengeditan tambahan.
  • Cobalah untuk memotret menggunakan kamera belakang smartphone android anda, karena anda pasti akan terkejut melihat hasil yang jauh lebih tajam dan indah dari sebelumnya.
  • Terdapat kurang lebih 10 filter kecantikan yang dapat terapkan dengan sekali klik dan untuk memberi kesan pesona pada foto anda.
  • Terdapat beberapa alat pengoptimalan warna kulit sesuai keinginan hati, menghilangkan keriput, memutihkan dan menghaluskan kulit, menghilangkan noda, dan sebagainya.
  • Ada juga fitur canggih untuk membuat wajah anda terlihat kencang dan tubuh anda langsing.
  • Dan lainnya...

13). B612

B612
Aplikasi edit foto selfie yang cukup banyak digunakan oleh artis indonesia seperti Raisa ini diciptakan oleh LINE Corporation, tentu kita pasti tahu bahwa nama tersebut merupakan salah satu pengembang populer karena sudah banyak membuat berbagai macam aplikasi android.

Aplikasi B612 telah dilengkapi berbagai macam fitur menarik seperti diantaranya adalah merekam video selfie selama 3 hingga 6 detik lengkap dengan suara. Aplikasi ini tentu menyediakan sebuah fasilitas tongkat selfie untuk memotret menggunakan tongsis. Tersedia juga foto kolase untuk membuat foto terlihat 3d dengan fitur ini. Tidak hanya itu saja, ada juga berbagai jenis filter foto yang dapat anda pilih dan gunakan untuk diterapkan.

14). Pixlr-o-matic

Pixlr-o-matic
Photo editor yang unik ini dikembangkan oleh Autodesk Inc, sebuah perusahaan multinasional yang telah menghasilkan berbagai macam software komputer. Saya lihat di Google play sang pengembang sudah sangat kreatif membuat berbagai macam aplikasi canggih seperti salah satu diantaranya adalah Autodesk Sketchbook yang biasa digunakan oleh para desainer grafis untuk menggambar.

Nah dengan Pixlr-o-matic ini nantinya anda sebagai pengguna akan mendapatkan rasa senang ketika membuat gaya pada foto berupa efek seperti retro, grunge, dan gaya lainnya. Beberapa fitur unik yang harus anda ketahui diantaranya adalah:
  • Nantinya anda akan melihat berbagai efek yang jika anda terapkan sesuai mood anda akan menambah nuansa nyata, memperkuat nada, dan sebagainya.
  • Terdapat sebuah tool bernama randomizer berfungsi secara otomatis memilih efek, overlay, dan lainnya untuk foto anda.
  • Cobalah untuk menyelesaikan proses editing dengan menampilkan hasil yang terdapat hiasan seperti neon, berkilau, grunge, dan lainnya.
  • Setelah anda puas dengan hasil karya foto sendiri, cobalah untuk membagikannya langsung ke akun media sosial dengan tujuan agar para teman mu terkejut dan terpesona karena melihat sesuatu editan foto atau gambar yang unik.
Autodesk, sebagai salah satu pengembang terpopuler telah banyak menarik perhatian pengguna yang jumlahnya sudah mencapai 50 juta dan ini membuktikan bahwa aplikasi ini dapat memberikan manfaat, maka dari itu anda tidak perlu ragu lagi untuk segera menggunakannya.

15). Photo Grid

pembuat collage kolase foto
Aplikasi pembuat collage atau kolase foto ini dibuat oleh pengembang bernama Cheetah Mobile Inc. (RoidApp). Aplikasi kolase ini menjadi yang pertama paling banyak digunakan oleh pengguna android dengan jumlahnya mencapai 500 juta dan terus bertambah. Tidak hanya itu di kategori fotografi, sofware ini juga menjadi yang terbaik dibeberapa negara. Dengan begitu, saya rasa tidak ada alasan ragu untuk anda menggunakan aplikasi ini.

Tampilan Photo Grid ini bisa dibilang sederhana namun tetap canggih dengan beberapa fitur tersedia yang memungkinkan anda untuk membuat wallpaper, album foto, kolase, dan lainnya dengan mudah. Selain itu juga aplikasi foto ini 100% gratis dengan fitur yang lengkap dan mudah digunakan oleh pemula pengguna ponsel pintar sekalipun.

Berikut fitur-fiturnya:
  • Dapat menyusun bentuk kolase anda sesuka hati seperti bentuk persegi jika anda ingin membagikannya ke instagram.
  • Anda dapat menambahkan hiasan pada foto berupa teks atau tulisan, emoticon, clip art, dan lainnya hingga terlihat indah.
  • Membuat kolase dengan profesional walaupun sebenarnya itu semua dilakukan secara instan.
  • Pada saat pengeditan anda dapat melakukan zoom in/out, memutar, membuat sketsa, dan sebagainya.
  • Setelah anda puas, anda bebas membagikannya ke meda sosial mana pun seperti blogger, twitter, google plus, tumblr, instagram, facebook, dan lain-lain.
  • Telah mendapat apresiasi oleh androidauthority.com sebagai kandidat aplikasi fotografi gratis terbaik.
  • Dan lain-lain...

16). Photo Editor by Aviary

aplikasi untuk menambahkan tulisan pada foto
Aplikasi ini bisa anda manfaatkan untuk menambahkan tulisan atau teks pada foto. Lebih dari 100 juta pengguna telah menggunakan aplikasi khusus android ini karena mereka (pengguna) bisa cepat dan mudah dalam melakukan pengeditan foto-foto yang baru saja dipotretnya menggunakan kamera ponsel pintar andalannya.

Aviary sebagai pengembang dirinya mengungkapkan bahwa telah berusaha memasukkan tools atau alat sesuai kebutuhan pengguna dengan tampilan yang cantik dan sederhana sehingga tidak membingungkan.

Beberapa fitur atau fasilitas yang ditawarkan oleh Aviary, Inc diantaranya yaitu:
  • Menghilangkan mata merah karena memotret pada malam hari, menghapus noda, dan bisa juga untuk memutihkan gigi.
  • Bisa juga digunakan untuk membuat karya meme yang lucu sesuai dengan keinginan hati anda.
  • Anda bisa menggambar mengeluarkan kreativitas dan juga menambahkan tulisan atau teks.
  • Sudah pasti ada tools untuk mengatur kecerahan, kontras, saturasi, dan lainnya.
  • Memberikan efek foto cantik pada foto favorit anda.
  • Dan masih banyak lagi lainnya, bahkan anda bisa melakukan request atau permintaan fitur terbaru sesuai kebutuhan dengan mengirimkan idenya ke aviary.uservoice.com.

17). VSCO Cam

Aplikasi VSCO Cam
Aplikasi edit foto kekinian yang dirilis oleh Visual Supply Co ini memang bisa dibilang sedang nge-hits di indonesia dan juga dunia. Apalagi jika sebelumnya anda hanya menjumpai aplikasi VSCO Cam ini di iOS, sekarang ini anda bisa juga menggunakannya menggunakan smartphone Android. Ini merupakan kabar baik, karena memang pengguna android di indonesia lebih banyak dibandingkan iOS.

VSCO Cam yang memiliki tampilan desain menarik dan sederhana ini telah digunakan oleh banyak pengguna dengan jumlah total saat ini mencapai 50 juta. Saya tidak heran mengapa bisa memperolah pengguna sebanyak itu, karena jika dilihat dari fitur atau fasilitasnya yang memang sangat baik.

Berikut adalah beberapa fitur andalannya:
  • Fitur VSCO Grid adalah platform publikasi foto yang memungkinkan anda untuk saling berbagi foto dan melihat hasil karya jepretan foto dari fotogrfer dari seluruh dunia. Namun sebelumnya, anda harus melakukan Sign Up terlebih dahulu agar dapat menggunakan fasilitas ini secara maksimal.
  • Fitur Journal yang menyajikan informasi berupa tutorial, inspirasi foto kreatif, dan sebagainya.
  • Banyak filter gratis yang siap anda gunakan.
  • Mengatur pencahayaan, memutar, dan lainnya bisa dilakukan dengan sangat mudah.
  • Pengguna juga bisa membandingkan antara foto hasil jepretan asli dengan foto yang sudah anda edit sendiri.
  • Dan masih banyak lagi...

Itulah dia 17 rekomendasi aplikasi edit foto terbaik untuk android yang bisa anda dapatkan secara gratis dengan fitur yang unik dan tidak biasa sehingga dapat membuat foto jepretan anda sendiri terlihat indah.

ARTIKEL TERKAIT: