Beragam Manfaat Buah Kolang Kaling untuk Penyembuhan & Kesehatan

advertisement
Tahukah anda manfaat buah kolang kaling? Buah yang satu ini sering juga disebut sebagai buah atap. Buah yang memiliki bentuk yang lonjong dan terasa kenyal ini menjadi salah satu cemilan yang cukup populer bagi masyarakat Indonesia.

Biasanya berwarna putih dan memiliki kandungan air yang cukup banyak. Kolang kaling sangat mudah ditemu di pasar. Terutama pasar tradisional. Banyak yang menjual buah ini pada masa Ramadhan. Kolang kaling juga biasa ditemukan dalam minuman-minuman yang dijual.

Menu minuman dengan kolang kaling menjadi salah satu menu yang paling populer pada masa Ramadhan. Bagi anda yang penasaran dengan manfaat dari buah yang satu ini berikut kami rangkum beberapa manfaatnya.

Kolang kaling
Image by W.A. Djatmiko (Wie146) [Creative Commons], via Wikimedia Commons

Macam-macam manfaat kolang kaling yang belum kita ketahui

Bukan hanya rasanya saja yang enak, kolang kaling juga memiliki banyak sekali manfaat bagi manusia. Tahukah anda bahwa ternyata buah ini ternyata bisa memperkuat tulang? Kebanyakan orang rajin minum susu karena mengandung kalsium yang tinggi untu tubuh. Tetapi sebenarnya susu memiliki resiko kalori yang tinggi.

Jika anda mengonsumsi susu secara berlebihan, maka akan tidak baik untuk tubuh. Kolang kaling bisa menggantikan peran susu untuk memberikan kandungan kalsium. Setiap 100 gram kolang kaling, terdapat 91 mg kalsium. Jadi dengan mengkonsumsi buah ini, anda bisa mendapatkan alternatif asupan kalsium selain dari susu.

Manfaat kolang kaling adalah sebagai obat untuk radang sendi. Kolang kaling memiliki kandungan zat galaktomanan yang memiliki fungsi untuk menyembuhkan atau meminimalkan rasa sakit pada penyakit radang sendi.

Jika anda sedang dalam masa pengobatan unutk radang sendi, usahakan untuk mengkonsumsi kolang kaling sebanyak 100 gram dalam sehari. Untuk pengobatan radang sendi, sebaiknya konsumsi kolang kaling yang direbus tanpa pewarna dan gula. Konsumsi yang rutin bisa mempercepat penyembuhan dari radang sendi.

Bagi anda yang sedang dalam masa diet, sebaiknya anda rajin mengkonsumsi buah ini. Penelitian menunjukkan bahwa 100 gram kolang kaling memiliki kandungan 0,69 protein, karbohidrat 4,0 gram, kadar abu sebesar 1 gram, dan serat kasar sebesar 0,95 gram. Kolang kaling juga memiliki kadar air yang tinggi sebesar 94%. Kadar air yang tinggi tersebut bisa membuat tubuh anda menjadi segar.

Kolang kaling juga memiliki kandungan gelatin yang bisa memberikan efek kenyang bagi mereka yang mengkonsumsinya. Sehingga tidak heran jika salah satu jenis manfaat buah ini adalah sebagai makanan ketika dalam masa diet. Mengkonsumsi kolang kaling juga bisa menghilangkan nafsu makan yang berlebihan. Sehingga dengan begitu anda bisa mengontrol konsumsi makanan ketika sedang dalam masa diet.

Selain itu, ternyata buah ini bisa membantu tubuh anda dalam memperlancar pencernaan. Kolang kaling memiliki kandungan serat kasar sebesar 39%. Ternyata serat kasar ini berkhasiat untuk melancarkan pencernaan tubuh. Dan juga, kandungan karbohidrat yang cukup tinggi membuat kolang kaling bermanfaat untuk melancarkan pencernaan.

Simak juga: Manfaat Buah Matoa

Sehingga dengan begitu pembuangan air besar menjadi lebih lancar. Kolang kaling juga berguna untuk menghindarkan anda dari obesitas dan kegemukan. Kolang kaling juga disebut memiliki khasiat untuk menyembuhkan gatal-gatal. Tetapi sebagai obat gatal-gatal, buah ini harus diolah lebih lanjut lagi.

ARTIKEL TERKAIT: