Mari Ketahui Ciri dan Gejala Penyakit Ginjal

advertisement
Seperti yang kita semua ketahui bahwa Ginjal merupakan organ ekskresi yang bentuknya menyerupai kacang.

Apakah kalian sudah tahu apa itu ginjal? Jawab saja belum karena saya ingin sedikit menjelaskannya. Ginjal fungsi dan tugasnya adalah menyaring kotoran urea yang ada pada darah dan membuangnya keluar bersama dengan air seni.

Sebagai salah satu organ penting yang ada di dalam tubuh kita, menjaga kesehatan ginjal agar tetap berfungsi dengan baik adalah hal yang harus kita lakukan. Penyebab sakit ginjal itu bermacam-macam. Mengetahui tanda-tanda atau peringatan sakit ginjal adalah hal penting agar kita dapat menghindarinya.

Mari Ketahui Ciri dan Gejala Penyakit Ginjal

Ciri-ciri dan Gejala Penyakit Ginjal:

1). Kaki, Tangan, atau Pergelangan Kaki menjadi Bengkak
Ginjal yang seharusnya menghilangkan kotoran urea di dalam tubuh. Pada saat ginjal tidak menjalankan tugasnya dengan baik, cairan ekstra yang ada di dalamnya akan dapat menyebabkan bengkak di beberapa bagian tubuh.

2). Sesak Napas dan Lelah
Hormon eritropoietin yang dihasilkan dari ginjal ini dapat berfungsi membawa oksigen sel darah merah ke seluruh bagian tubuh. Jika ginjal tidak berfungsi sebagaimana mestinya dapat menyebabkan otot dan juga otak mudah sekali lelah. Karena mengganggu fungsi pengaturan darah, maka yang terjadi adalah Anemia. Orang akan menjadi sangat mudah lelah dan sesak napas walaupun padahal tidak melakukan banyak aktivitas.

3). Nafsu Makan & Berat Badan Terganggu
Aktivitas dan kesibukan yang berlebih, bisa saja merusak pola makan dan akhirnya berat badan turun. Penyakit ginjal sudah mulai karena tubuh kekurangan nutrisi yang berasal dari berbagai makanan sehat. Menjaga asupan makan untuk tubuh merupakan hal penting yang harus kita perhatikan.

Demikian, itulah beberapa Ciri dan Gejala Penyakit Ginjal. Semoga bermanfaat dan Salam Sehat!

ARTIKEL TERKAIT: