Inilah Penyebab Penyakit Hepatitis dan Cara Mencegahnya

advertisement
Ada banyak jenis penyakit yang terjadi akibat kerusakan organ dalam tubuh, seperti hepatitis yang dikenal sebagai penyakit yang serius dan untuk hal ini, ada berbagai macam penyebab penyakit hepatitis yang perlu anda ketahui. Penyakit ini terdiri dari 2 kata yakni, hepa yang berarti hati dan juga titis yang berarti peradangan.

Hal ini sendiri merupakan sebuah masalah kesehatan yang menimpa organ hati, dimana bagian tubuh yang satu ini tidak dapat berjalan dengan sebagaimana mestinya akibat banyak hal. Penyakit ini sendiri tergolong menjadi 3 jenis yakni tipe A yang masih tergolong sebagai tipe yang akut dan tipe B dan C yang tergolong sudah kronis. Ketiga tipe tersebut tentunya memiliki ciri-ciri masing-masing, namun terlepas dari tipe apa yang anda derita, ketiga tipe tersebut sama-sama disebabkan oleh hal yang sama.

World Hepatitis Day
Image by FF2011 [Creative Commons], via Wikimedia Commons

Beberapa penyebab hepatitis serta cara meminimalisir efeknya dalam tubuh

Untuk penyebab hepatitis, hal ini sendiri dikaitkan dengan kebersihan tubuh. Ada beberapa hal yang sering diabaikan namun bisa menyebabkan anda menderita penyakit tersebut. Untuk hal ini, anda perlu membersihkan bagian tangan terutama sebelum dan sehabis makan dengan sabun hingga bersih.

Hal ini sendiri mencegah akan masuknya virus atau bakteri yang masuk kedalam tubuh kita, karena kita tentunya tidak akan tahu jenis apa saja yang akan masuk, sehingga hal ini penting bagi kita untuk mencegah berbagai macam hal yang dapat mengakibatkan kita terkena akan suatu penyakit baik itu penyakit yang simple atau bahkan serius.

Selain itu, anda juga dianjurkan untuk menggunakan sikat gigi atau barang pribadi lainnya untuk anda sendiri, karena hal ini juga dianggap sebagai penyebab hepatitis. Sikat gigi atau barang pribadi orang lain tentunya mungkin saja sudah terjangkiti akan hal lainnya, sehingga anda perlu hati-hati dalam menggunakannya, mengingat penyakit ini bisa menular lewat air liur atau kontak langsung dengan penderita, sehingga anda tentunya dituntut untuk lebih hati-hati dalam hal ini.

Hal yang paling berbahaya dan paling sering dianggap sebagai salah satu penyebab munculnya hal ini adalah penggunaan jarum suntik sebanyak 2 kali. Hal ini menjadi hal yang fatal karena dapat menyebarkan berbagai macam penyakit yang sebelumnya sudah berada di suntik tersebut. Karena itu, usahakan agar anda menggunakan jarum suntik yang baru ketika melakukan hal apapun.

Selain itu, pastikan bahwa anda menanyakan hal tersebut saat anda hendak melakukan hal apapun yang berkaitan dengan suntik, karena setiap orang tentunya bisa khilaf dan tetap menggunakan suntik yang sama, dimana benda tersebut sebelumnya telah digunakan oleh orang yang sama, sehingga anda tentunya dituntut untuk lebih waspada dalam menggunakan hal apapun.

Jika anda memiliki masalah yang terkait dengan organ hati anda, maka anda bisa langsung memeriksakan diri anda kepada dokter. Setelah itu, anda akan mengetahui akan berbagai macam hal yang bisa anda lihat secara langsung. Jika anda sudah bisa dipastikan bahwa anda mengidap salah satu dari penyakit yang ada, maka anda sudah bisa tahu akan langkah apa yang harus diambil untuk mengobati penyakit tersebut.

ARTIKEL TERKAIT: