Cara Alami Mengobati Masuk Angin yang Bisa Segera Diterapkan

advertisement
Apa cara mengobati masuk angin yang paling sering dilakukan? Mungkin jawaban anda adalah dengan kerokan. Padahal selain kerokan sebenarnya banyak cara-cara alami untuk menyembuhkan penyakit ini. Tidak selalu harus melakukan kerokan. Masuk angin juga tidak harus selalu disembuhkan denan mengonsumsi obat-obatan.

Masuk angin sebenarnya bisa disebabkan karena berbagai macam faktor. Ketika penyakit ini muncul, di dalam tubuh terkumpul gas yang tidak merata. Gas ini tidak bisa dikeluarkan oleh tubuh. Penyebab masuk angin yang umum misalnya karena udara yang dingin, kehujanan, terlambat makan, kurang istirahat, atau pergantian musim.

flu

Pengobatan masuk angin secara alami

Sebelum mengetahui langkah apa yang perlu dilakukan untuk cara mengobati masuk angin, ada baiknya jika anda mengetahui dahulu gejala-gejala dari masuk angin. Biasanya yang umum terjadi, orang akan merasa perutnya penuh dan mual. Bahkan hingga muntah. Perut terkadang juga terasa kembung dan kepala terasa pusing.

Tidak jarang juga disertai dengan keringat dingin. Penyakit ini juga terkadang diakibatkan karena kelelahan fisik atau stress. Udara yang dingin juga bisa menyebabkan masuk angin karena ketika udara dingin, tubuh akan berkompensasi untuk membuat pembuluh darah menyempit agar panas tidak keluar dari tubuh. Akibatnya asam laktat pun ikut berkumpul dan menimbulkan rasa pegal serta linu.

Terdapat berbagai macam cara mengobati masalah masuk angin. Misalnya dengan memberikan minuman yang hangat berupa teh hangat atau jahe hangat kepada orag yang mengalami masuk angin. Minuman yang hangat bisa membantu melebarkan pembuluh darah sehingga aliran darah bisa kembali lancar dan asam laktata yang menyebabkan pegal linu pun bisa menghilang.

Jahe juga bisa meredakan masuk angin karena mampu mengurangi rasa mual. Selain minum minuman hangat seperti teh atau jahe, anda juga bisa memberikan teh peppermint. Peppermint memiliki kandungan bermanfaat seperti dekongestan, ekspektoran, dan anti virus yang mampu untuk mengurangi rasa nyeri pada tenggorokan serta mengurangi batuk.

Selanjutnya, anda juga bisa memberikan sup hangat untuk orang yang menderita masuk angin. Misalnya seperti sup ayam. Pemberian sup dalam keadaan hangat ini bermanfaat sebagai anti radang yang bisa mengurangi gejala masuk angin. Kerokan juga bisa dilakukan. Konon katanya, kerokan bisa menghasilkan zat alami yang bernama thiamin.

Zat ini berguna untuk meredakan rasa nyeri. Penderita masuk angin juga bisa diberikan bawang putih. Bawang putih memiliki kandungan alicin yang berguna sebagai anti jamur dan anti bakteri. Selain itu orang yang mengalami masuk angin juga disarankan untuk minum jus jeruk. Kandungan vitamin C yang tinggi pada jeruk berperan sebagai antioksidan dan mengganti sel tubuh yang rusak akibat sakit.

Biasanya ketika sudah mulai pulih, orang yang mengalami masuk angin akan mulai bersendawa. Ini menandakan bahwa gas telah keluar dari dalam tubuh. Selain sendawa, masuk angin yang sudah sembuh juga bisa ditandai dengan kentut. Jika anda mengalami penyakit ini hingga berkeringat dingin disertai rasa nyeri pada dada sebelah kiri, sebaiknya berhati-hati karena hal tersebut merupakan ciri-ciri dari gangguan pada jantung.

Jika anda mengalami hal tersebut sebaiknya segera pergi ke dokter untuk mendapatkan pertolongan medis. Untuk menghindari terjadinya masuk angin, maka usahakan agar tidak terlambat makan dan selalu menjaga kondisi tubuh.

ARTIKEL TERKAIT: