Cara Mudah Mengobati Batu Ginjal Ringan Menggunakan Bahan Alami

advertisement
Selama ini, cara mengobati batu ginjal yang banyak diketahui orang adalah melalui operasi. Padahal sebenarnya batu ginjal bisa disembuhkan dengan menggunakan obat-obatan herbal. Tentunya lebih ekonomis dan juga aman. Fungsi dari obat-obatan herbal tersebut tentunya untuk menghancurkan batu ginjal yang berukuran besar menjadi kecil-kecil.

Untuk anda yang sedang mencari alternatif pengobatan penyakit ini, sebaiknya simak artikel ini hingga selesai. Karena akan ada beberapa pengobatan penyakit batu ginjal menggunakan bahan herbal yang akan kami kupas secara mendalam dan juga tuntas di dalam beberapa paragraf di bawah ini.

Kidney

Mengobati Batu Ginjal Ringan

Penyakit batu ginjal bisa digolongkan menjadi berat dan ringan. Sayangnya untuk batu ginjal yang berat, memang harus diatasi lewat jalur medis. Meskipun begitu, anda masih bisa mengobati batu ginjal ringan secara alami. Salah satu pengobatannya adalah dengan rajin minum air putih. Penderita sebaiknya minum air putih sebanyak 2 hingga 3 liter per hari.

Tujuannya adalah untuk membantu melancarkan sistem kandung kemih. Air akan membantu mengencerkan sekaligus melarutkan zat-zat pekat yang berpotensi menimbulkan batu ginjal. Sehingga dengan begitu batu ginjal pun bisa terpecah atau mengecil dan bisa segera hilang dari dalam tubuh.

Tidak bisa dipungkiri bahwa penyakit yang satu ini menimbulkan rasa nyeri. Mau tidak mau ketika rasa nyeri tersebut sudah dominan, penderita penyakit ini harus mengkonsumsi obat. Beberapa obat yang bisa digunakan untuk menghilangkan nyeri batu ginjal misalnya seperti ibuprofen.

Ada juga obat bernama alpha blocker yang berfungsi untuk melemaskan otot-otot di saluran kencing, sehingga batu ginjal pun lebih cepat melewati saluan tersebut dan bisa dibuang melalu urin. Hal ini juga berfungsi untuk meminimalisir rasa nyeri yang dirasakan oleh penderita penyakit ini.

Untuk menyembuhkan suatu penyakit, pemilihan makanan sebenarnya juga sangat berpengaruh. Sama halnya dalam hal batu ginjal ini. Ada beberapa makanan yang bisa digunakan sebagai cara mengatasi penyakit ini. Misalnya seperti bawang putih. Bumbu dapur yang satu ini memang sudah dikenal orang banyak dengan khasiatnya dalam dunia kesehatan.

Bawang putih merupakan makanan dengan kandungan antioksidan dan anti pembekuan yang bisa mengurangi resiko penyakit jantung. Tidak hanya itu saja, bawang putih juga mampu mengurangi kadar kolesterol jahat dan peradangan dalam tubuh. Buah-buahan berries seperti stroberi, cranberry, blueberry, atau raspberry juga sangat baik untuk ginjal.

Berries memiliki kandungan anti inflamasi yang berguna untuk mengurangi peradangan dan meningkatkan fungsi kandung kemih. Lalu bagi anda yang tidak suka makan paprika, sebaiknya mulailah membiasakan diri mengkonsumsi makanan ini. Karena paprika memiliki kandungan kalium yang rendah tetapi kaya akan vitamin A, C, dan B6. Sekaligus asam folat dan serat yang berguna untuk menjaga ginjal.

Tentunya masih ada lagi bahan makanan yang baik untuk dikonsumsi penderita penyakit ini. Kubis adalah salah satu contohnya. Kubis mampu meningkatkan fungsi ginjal dan seringkali digunakan sebagai salah satu obat alami untuk memperbaiki dan menyehatkan ginjal.

Baca juga: Manfaat Daun Seledri untuk Ginjal

Buah-buahan seperti apel, ceri, dan anggur juga sangat baik untuk detoksifikasi ginjal. Maka dari itu apel sangat dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari. Minyak zaitun juga baik karena bisa menurunkan oksidasi dan berkhasiat bagi ginjal.

ARTIKEL TERKAIT: