Cara Alami Mengobati Sakit Mata Menular yang Bisa Diterapkan di Rumah

advertisement
Apa cara mengobati sakit mata yang sering anda lakukan? Mungkin anda lebih sering menggunakan obat tetes mata. Tetapi sebenarnya sakit mata juga bisa disembuhkan secara alami. Sakit mata sebenarnya ada banyak jenisnya. Ada yang menyebabkan mata merah, belekan, atau hanya gatal saja. Penyebabnya pun bermacam-macam. Bisa karena iritasi debu, digigit serangga, terlalu sering mengucek mata, dan lain sebagainya.

Selain mengganggu sakit mata juga bisa membuat pekerjaan kita menjadi terhambat karena bagaimanapun banyak pekerjaan yang membutuhkan konsentrasi dan juga koordinasi mata yang baik, oleh sebab itu menemukan solusinya sangat penting. Untuk anda yang penasaran dengan cara mengobati sakit lama secara alami, berikut ini adalah pembahasannya.

eyes

Cara alami dan mudah dalam mengobati Sakit Mata

Mungkin jenis sakit mata yang selama ini diketahui sebagian orang tidak terlalu banyak. Tetapi tahukah anda bahwa sebenarnya sakit mata bisa menular? Penularan ini biasanya menggunakan udara sebagai media. Sehingga ketika ada orang terdekat anda yang terkena sakit mata, resiko anda terkena penyakit ini juga cukup besar.

Sebenarnya sakit mata menular ini tidak terlalu berbahaya. Hanya saja akan sangat menganggu aktivitas. Selain itu juga menganggu penampilan anda, karena tidak jarang ketika terkena sakit mata maka mata anda akan bengkak dan merah. Rasanya juga perih dan tidak jarang berair pula. Sehingga pasti akan membuat anda terasa risih saat sedang beraktivitas.

Biasanya sakit mata yang menular ini diakibatkan karena adanya virus dan kuman yang masuk ke dalam mata. Akibatnya infeksi pun tidak bisa dihindari. Tanda-tanda awal dari penyakit menular ini biasanya adalah rasa pedih dan gatal pada mata. Setelah itu mata akan terasa membengkak dan sulit untuk dibuka ketika baru bangun tidur.

Hal ini disebabkan karena adanya penumpukan kotoran yang ada pada kelopak mata. Untuk penanganan penyakit yang menular ini, anda bisa menggunakan obat tetes mata. Tetapi ada juga cara pengobatan sakit mata secara alami yang mudah yang bisa anda lakukan.

Bahan yang akan digunakan dalam pengobatan sakit mata ini adalah bawang putih. Meskipun begitu ada beberapa langkah-langkah yang perlu dilakukan terlebih dahulu. Pertama adalah cuci muka hingga bersih. Tujuannya agar mata terbebas dari kotoran dan debu. Setelah itu keringkan muka anda dengan menggunakan handuk yang bersih. Selanjutnya, siapkan satu siung bawang putih yang telah dikupas hingga bersih.

Potong sedikit bagian ujung bawang putih. Tujuan dari pemotongan ini adalah untuk mengeluarkan kandungan bawang putih. Setelah itu gosok secara perlahan sejajar dengan akar bulu mata. Gerakannya ini sama seperti ketika anda menggunakan eyeliner. Lakukan hal ini pada bagian kelopak bawah saja. Kandungan bawang putih nantinya akan menguap dari kelopak bagian bawah dan langsung mengenai mata.

Setelah mengoleskan bawang putih, tunggulah selama beberapa saat hingga terasa perih. Nantinya mata akan terasa geli dan berair. Tidak jarang juga terasa gatal, tetapi jangan disentuh apalagi digaruk. Biarkan saja selama beberapa saat. Lakukan penggosokan hingga beberapa kali. Supaya treatment ini berhasil dan sakit mata bisa segera sembuh, sebaiknya lakukan setiap hari.

Lalu agar tidak menganggu aktivitas, anda bisa melakukan perawatan alami ini pada malam hari menjelang waktu tidur. Treatment dilakukan hingga sakit mata menular sembuh. Tetapi jika dirasa sudah cukup berat, anda bisa pergi ke dokter.

ARTIKEL TERKAIT: