Langkah/Cara Mengobati Sinusitis Secara Alami yang Bisa Diterapkan

advertisement
Jika anda sedang mencari cara mengobati sinusitis, maka artikel ini layak anda baca hingga selesai. Tetapi sebelum mengarah ke langkah-langkah pengobatan penyakit ini, ada baiknya jika anda mengetahui terlebih dahulu apa itu sinusitis. Sinusitis merupakan gangguan pembengkakan atau infeksi pada daerah sinus, yaitu sebuah ruangan udara yang berada di antara tulang hidung, pipi, dan tulang alis mata.

Rongga tersebut memiliki fungsi untuk menghasilkan mukus atau lendir yang juga kita kenal sebagai ingus. Biasanya sinus berisi udara, tetapi dalam kasus sinutis, sinus tersumbat dan berisi cairan kuman yang bisa menyebabkan infeksi pada hidung kita. Penyakit ini bisa menurunkan kualitas hidup dari sang penderita. Maka dari itu harus segera diatasi.

Sinusitis
Image by BruceBlaus [Creative Commons], via Wikimedia Commons

Penyebab dan cara mengatasi sinusitis

Penyakit Sinusitis sebenarnya bisa disebabkan karena beberapa hal yang tidak kita duga sebelumnya. Salah satunya adalah konsumsi susu berlebihan, termasuk juga makanan yang mengandung susu seperti keju dan yoghurt.

Sinusitis juga bisa disebabkan karena alergi lingkunga atau makanan, rokok, dan infeksi pada gigi atau jamur di rongga sinus. Jika anda telah lama mengalami pilek yang tidak sembuh-sembuh, sebaiknya berhati-hati karena bisa jadi itu merupakan gejala sinusitis. Gejala sinusitis lainnya adalah biasanya penderita merasa sakit ketika sedan menunduk.

Hal ini disebabkan karena terjadinya penumpukan cairan dalam rongga. Sehingga kepala terasa sakit. Saat terkena sinusitis, pendengaran juga kadang menjadi berkurang dan meriang. Sedangkan ingus terus mengalir. Penciuman pun menjadi lemah dan nafsu makan menghilang.

Tidak perlu khawatir karena tentunya ada cara yang bisa dilakukan untuk mengobati penyakit ini. Media yang akan digunakan untuk mengobati sinusitis adalah air hangat. Langkah yang perlu dilakukan untuk mengobati sinusitis dengan air hangat ini cukup mudah. Penderita sinusitis lebih dianjurkan untuk mengkonsumsi air ataupun makanan yang hangat.

Cara kerjanya yaitu terletak pada rambut silia. Nantinya rambut silia akan mengeluarkan lendir yang menempel. Selain dengan mengkonsumsi makanan dan minuman hangat, penderita sinusitis bisa melakukan pengobatan dengan cara menghirup air hangat. Satu gayung air panas dicampur dengan garam dapur, kemudian uap yang keluar dihirup oleh penderita sinusitis untuk memberikan sedikit kesegaran dan juga meredakan sinusitis yang dialami.

Dalam cara menghirup uap tersebut, anda bisa menggunakan handuk yang diselubungkan di kepala agar uap bisa terkumpul. Lakukan hal ini sebanyak 20 sampai 30 kali selama 20 menit. Treatment ini perlu dilakukan sebanyak 3 kali dalam sehari hingga sinus mereda. Anda juga bisa menggunakan cara dengan mengompres air hangat ke muka.

Bagian yang dikompres adalah sekitar pipi. Anda bisa menggunakan handuk dengan ukuran kecil yang dicelupkan ke dalam air hangat. Setelah itu kompres wajah anda. Pengobatan sinusitis yang satu ini juga ampuh untuk mendorong rambut silian agar mengeluarkan lendir yang menumpuk pada bagian bawah mata dan sekitar hidung.

Beberapa tips yang disebutkan di atas perlu anda lakukan secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal. Mengkonsumsi teripang juga ternyata baik untuk menyembuhkan sinusitis. Anda bisa makan teripang mentah-mentah atau mengkonsumsi yang sudah dalam bentuk ekstrak.

Biasanya banyak dijual di apotik. Konsumsi vitamin C juga dianjurkan agar sistem imun tetap terjaga. Menambahkan Zinc 3 kali dalam sehari juga dapat berguna untuk mengurangi lendir pada hidung.

ARTIKEL TERKAIT: