Beragam Manfaat Daun Jati yang Beberapa Dari Kita Belum Familiar

advertisement
Banyak orang mengetahui bahwa kebanyakan tumbuhan baik pohon maupun tanaman kecil memiliki manfaat tersendiri. Sebagai contoh adalah gingseng yang memiliki manfaat untuk kesehatan kita. Namun tahukan sobat bahwa salah satu pohon yang cukup dikenal sebagai bahan bangunan yaitu pohon jati terutama daunnya memiliki manfaat untuk kesehatan kita?

Ya benar sekali manfaat daun jati memang belum banyak orang yang mengetahuinya namun berikut ini dalam artikel kami ini akan kami perkenalkan beberapa contoh manfaatnya yang pastinya banyak diantara sobat sekalian belum mengetahuinya.

Daun jati
Image by Amrith Raj [Creative Commons], via Wikimedia Commons

Manfaat dan keuntungan daun jati yang belum kita ketahui

1. Membantu menyembuhkan kolestrol tinggi

Salah satu dari manfaat pohon daun jati adalah untuk menyembuhkan kolestrol tinggi. Di dalam daunnya terdapat beberapa kandungan yang berguna untuk menurunkan kadar kolestrol di dalam tubuh kita. Sebut saja saponin, tanin dan juga quercetin yang memang memiliki kelebihan dalam menurunkan kolestrol tinggi.

Kandungan saponin di dalam daun jati memiliki peran penting untuk menurunkan plak plak pada pembuluh darah kita yang memicu munculnya darah tinggi oleh karena itu daun jati berguna untuk melancarkan peredaran darah. Selain itu kandungan dari zat tanin juga membantu supaya lemak tidak mudah diserap oleh badan kita dan lebih mudah dikeluarkan dalam bentuk kotoran atau feses.

2. Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat berikutnya adalah menurunkan tekanan darah. Perlu kita ketahui bahwa di jaman ini resiko hipertensi yang berbahaya. Hipertensi akan membawa banyak resiko seperti contohnya adalah penyakit jantung dan juga stroke yang apabila tidak segera diatasi bisa mengakibatkan kematian.

Oleh karena itu ada baiknya kita segera mencari solusi terbaik untuk hipertensi atau tekanan darah tinggi ini. Untungnya untuk menurunkan tekanan darah bisa dilakukan dengan menggunakan daun jati karena kandungan saponin seperti yang telah dijelaskan sebelumnya memiliki manfaat untuk mengurangi resiko hipertensi karena memperlancar peredaran darah dengan membuang plak yang ada di aliran darah.

3. Menangani Anemia

Manfaat selanjutnya, dari daun jati adalah untuk mengatasi anemia. Anemia adalah kondisi dimana darah kita tidak bisa bereproduksi dengan baik sehingga kita kekurangan darah yang akan emngakibatkan diri kita lemas dan juga mudah sakit serta pusing.

Biasanya resiko ini muncul pada wanita yang sedang mengalami menstruasi atau pada orang yang bekerja terlalu keras. Untungnya daun dari pohon jati memiliki manfaat untuk meningkatkan kandungan trombosit dan hemoglobin serta retikulosit pada tubuh yang bisa menaikan darah kita dan membuat kita terhindar dari anemia.

Dengan membaca beberapa manfaat daun jati yang telah disebutkan di atas tentunya kita bisa menyimpulkan bahwa daun dari pohon jati juga sangat berguna untuk kehidupan manusia. Bisa dibilang dengan batang kayu yang kuat dan sangat berguna untuk bahan bangunan ternyata pohon jati juga memiliki kegunaan lainnya yaitu sebagai obat untuk kesehatan manusia yang diwakilkan oleh daunnya.

ARTIKEL TERKAIT: