Macam-Macam Manfaat Jeruk Nipis untuk Wajah dan Kecantikan

advertisement
Kaum wanita mungkin sudah mengerti manfaat jeruk nipis untuk wajah. Buah yang satu ini memang kerap kali digunakan dalam perawatan kecantikan. Buah yang satu ini mampu menutrisi wajah dari kandungan vitamin C- nya yang tinggi. Sobat tidak perlu pergi ke klinik kecantikan untuk merasakan perawatan dengan menggunakan jeruk nipis.

Perawatan bahkan bisa sobat lakukan sendiri di rumah. Tentunya bahan utama yang akan digunakan adalah jeruk nipis. Bukan hal sulit untuk menemukan jeruk nipis di sekitar kita. Jeruk nipis bisa sobat campur dalam beberapa bahan masker yang berbeda-beda untuk mendapatkan manfaat yang berbeda-beda pula. Berikut ini adalah pembahasannya.

Jeruk Nipis

Perawatan Kulit Wajah dengan Jeruk Nipis

Semua wanita tentunya menginginkan kulit wajah yang putih dan cerah. Salah satu manfaat jeruk nipis yang paling manjur adalah memutihkan atau mencerahkan kulit. Hal ini mungkin terjadi karena kandungan vitamin C di jeruk nipis yang sangat tinggi, sehingga mampu merangsang regenerasi sel kulit. Untuk bisa merasakan manfaatnya, sobat bisa langsung mengonsumsi buah yang satu ini dengan cara mencampur jeruk nipis dan air hangat.

Setelah itu minum setiap pagi hari. Jeruk nipis bisa juga diaplikasikan langsung pada kulit wajah. Caranya, potong jeruk nipis tipis-tipis setelah itu dinginkan sebentar dalam kulkas. Kemudian usapkan potongan jeruk nipis pada kulit wajah secara merata.

Jeruk nipis tidak hanya mengandung vitamin C yang bisa berguna untuk memutihkan kulit. Jeruk nipis juga memiliki kandungan astringen aktif yang mampu mengatasi kulit berminyak. Caranya pun sederhana. Siapkan 1 ruas kunyit sebesar ibu jari, lalu parut kunyit tersebut hingga halus. Setelah itu parutan kunyit dicampur dengan 1 sendok teh madu dan ½ sendok teh air perasan jeruk nipis.

Kemudian aduk hingga rata lalu oleskan campuran tersebut pada wajah sobat seperti menggunakan masker. Kemudian biarkan selama 20 menit hingga mengering. Setelah itu bilas wajah hingga bersih menggunakan air hangat, lalu basuh lagi dengan air dingin.

Jeruk nipis pun ternyata juga dapat mengencangkan serta melembabkan kulit wajah. Sehingga kulit wajah pun akan nampak lebih awet dan muda, dan menghindarkan sobat dari garis-garis halus atau kerutan. Untuk merasakan manfaat yang satu ini, sobat perlu membuat masker yang terbuat dari 1 sendok teh madu dan air perasan jeruk nipis secukupnya.

Bisa juga ditambahkan minyak zaitun. Setelah itu aduk semua bahan hingga merata dan aplikasikan langsung pada wajah yang sebelumnya sudah dibersihkan. Diamkan masker selama kurang lebih 20 menit atau sampai mengering, kemudian bilas wajah sobat dengan menggunakan air hangat. Setelah itu basuh lagi dengan air dingin.

Kemampuan jeruk nipis dalam melembabkan kulit wajah ini mampu membuat kulit wajah juga menjadi lebih halus. Wajah seringkali dihinggapi kotoran atau debu yang mampu bertransformasi menjadi jerawat atau tonjolan kecil. Untuk membuat masker yang satu ini, sobat harus menyiapkan ¼ gelas susu segar dan 4 sdt air perasan jeruk nipis.

Baca juga: Manfaat Minum Air Jeruk Nipis

Campur kedua bahan tersebut lalu diamkan sebentar hingga membentuk endapan susu. Setelah terbentuk endapan, celupkan kapas ke dalam campuran tersebut lalu usapkan pada seluruh permukaan wajah. Setelah merata, diamkan sekitar 15 menit lalu bilas dengan menggunakan air bersih. Perawatan ini sebaiknya dilakukan minimal 1 kali dalam seminggu agar memperoleh hasil yang optimal.

ARTIKEL TERKAIT: