Bermacam-macam Manfaat Daun Sukun bagi Kesehatan Manusia

advertisement
Manfaat daun sukun bagi kesehatan manusia sangatlah beragam. Selama ini buah sukun lebih sering dinikmati sebagai cemilan. Bagi sobat yang belum tahu, buah sukun sering juga disebut sebagai buah roti. Buah dengan nama latin Artocarpus Altilis ini disebut memiliki banyak kandungan yang baik bagi tubuh.

Terutama pada bagian daunnya. Kandungan-kandungan yang terdapat dalam daun daun sukun antara lain senyawa ortoindonesionin, asam hidrosionat, tannin, quercetin, artodosionin, kalium, riboplavin, flavonoid, polifenol, dan lain-lain.

Banyaknya kandungan dalam daun sukun tersebut sangat berguna untuk mencegah dan membantu penyembuhan penyakit.


Daun Sukun untuk Menyembuhkan Berbagai Penyakit

Kadar kolesterol yang berlebihan tentunya tidak baik bagi kesehatan. Biasanya ketika kadar kolesterol dalam darah terlalu banyak, akan timbul masalah yang tidak diinginkan. Kolesterol akan menempel di dinding pembuluh darah, dan ketika sudah menumpuk akan menganggu jalannya pengiriman sari-sari makanan.

Hal ini bisa berakibat membuat tubuh mengalami banyak penyakit yang bisa berujung pada kematian. Untuk mencegah atau mengobati kadar kolesterol tinggi ini, sobat bisa minum air rebusan daun sukun. Minum air rebusan daun sukun secara teratur maka tinggi kadar kolesterol dalam darah akan menurun.

Kemampuan daun sukun dalam menurunkan kadar kolesterol tinggi ini membuat daun sukun pun bisa bermanfaat untuk penyakit jantung. Kadar kolesterol berpotensi menyumbat darah yang membuat kerja jantung menjadi berat.

Penggunaan dan pengonsumsian daun sukun akan menurunkan kadar kolesterol. Sehingga jantung pun menjadi lebih terbantu. Selain itu tentunya masih ada lagi manfaat daun sukun bagi kesehatan manusia. Diabetes merupakan penyakit yang disebabkan oleh kadar gula darah berlebihan.

Bisa dibilang, penyakit yang satu ini cukup mengerikan. Penderita diabetes biasanya memiliki masalah ketika mendapatkan luka di tubuhnya. Darah sulit untuk mengering dan bisa menyebabkan amputasi pada bagian tubuh. Daun sukun memiliki kandungan flavonoid yang bisa membantu menurunkan kadar gula darah.

Sebagian dari sobat mungkin sudah tidak asing lagi dengan penyakit asam urat. Penyakit ini biasanya selalu kambuh, terutama ketika cuaca dingin. Asam urat disebabkan karena terjadinya pengristalan asam urat di bawah sendi. Hal ini juga biasanya terjadi pada bagian lutut dan sendi. Asam urat tidak psobatng bulu. Baik orang tua atau yang masih muda bisa mengalami penyakit ini.

Salah satu cara mencegah asam urat adalah dengan menggunakan daun sukun. Daun sukun yang digunakan merupakan yang sudah dikeringkan sebelumnya. Daun sukun yang kering diseduh dengan segelas air panas. Kemudian tambahkan pemanis seperti gula batu atau madu. Kemudian minum daun sukun secara rutin agar asam urat bisa turun.

Penyakit ginjal merupakan penyakit berbahaya yang mengintai kita semua. Tentunya sobat sudah mengetahui bahwa ginjal berfungsi untuk menyaring darah. Sayangnya kesehatan ginjal tidak jarang terancam. Ketika ginjal mengalami disfungsi, penting sekali untuk segera melakukan pengobatan. Pengobatan untuk ginjal terbilang mahal.

Baca juga: Manfaat dari Daun Afrika

Tetapi masih ada pengobatan herbal yang bisa dilakukan. Misalnya dengan makan daun sukun yang kaya akan saponin, asam hidrosianat, kalium, dan beberapa lainnya yang ampuh untuk menghancurkan batu ginjal yang menumpuk. Tetapi konsumsi daun sukun ini harus dilakukan secara rutin. Sehingga batu ginjal yang menumpuk bisa hancur dan larut bersama urine.

ARTIKEL TERKAIT: