Ini Dia Manfaat Kacang Tanah untuk Kesehatan dan Kecantikan

advertisement
Jika kita ingin mengetahui beberapa manfaat kacang  tanah, maka artikel ini bisa menjadi referensi bagi kita. Kacang tanah merupakan jenis kacang yang paling laris yang ada di Indonesia. Berbagai macam bentuk olahan kacang bisa kita temui di Indonesia.

Rasanya yang gurih dan juga renyah, membuat kacang tanah ini banyak dinonsumsi oleh para konsumen. Namun, kacang tanah tidak hanya digemari karena rasanya yang enak dan juga gurih, namun kacang tanah juga mempunyai fungsi di bidang kesehatan.

Kacang tanah yang mengandung banyak kalori, protein, dan juga lemak sangat berguna untuk kesehatan kita. Memang sangat mungkin bagi kita untuk mengkonsumsi kacang tanah untuk mengingkatkan tenaga, namun karena kandungan lemaknya yang banyak, kacang tanah akan membuat kandungan lemak kita meningkat.


Beberapa Manfaat Kacang Tanah Bagi Kesehatan

Kacang tanah mengandung kandungan asam folat yang tinggi sehingga sangat perlu untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Diawal kehamilan, ibu sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung asam folat, yang terdapat pada kacang tanah.

Kandungan asam folat yang tinggi ada kacang mampu mencegah bayi lahir cacat. Selain itu, kacang tanah ini mampu mengurangi rasa depresi. Kandungan asam amino esensial yang tinggi yang dapat merangsang serotonin yang menganedalikan agar mood seseorang tetap baik. Apabila kacang tanah dikombinasikan dengan coklat yang mengandung anti depresent mampu memberi rasa nyaman ketika kedua bahan ini digabungkan.

Manfaat selanjutnya adalah mencegah berbagai macam penyakit pencernaan seperti batu empedu dan kanker usus besar. Apabila kita mengkonsumsi satu ons kacang tanah atau setara dengan dua sendok makan selai kacang setiap minggu, dapat menurunkan resiko terkena batu empedu hingga 25 %.

Kita bisa mencampurkan kacang tanah ke dalam air agar bisa larut leih cepat di dalam tubuh. Jika kita mengkonsumsi kacang tanah seabnyak dua sendok makan, maka resiko untuk terkena kanker usus besar akan menurun hingga 58 % untuk wanita dan 27 % untuk pria. Wanita akan lebih terhindar dari resiko kanker usus besar karena ukuran ususnya rata rata lebih kecil daripada pria.

Manfaat kacang tanah berikutnya adalah mampu mengurangi pembengkakan dan kemerahan pada kulit kita. Kacang mengandung vitamin E, seng dan magnesium yang berguna agar kulit kita tetap bersinar meskipun terkena sinar matahari yang menyebabkan wajah kita memerah.

Kacang juga bisa menekan pertumbuhan bakteri jahat dalam kulit, terutama wajah yang berguna agar kulit bebas dari bakteri jahat. Jerawat juga bisa dihilangkan dengan menggunakan kacang tanah, namun tidak dikonsumsi namun dioleskan. Kandungan protein yang cukup tinggi pada kacang tanah berguna sebagai pembentuk regenerasi sel sel yang baru.

Mengkonsumsi kacang  tanah memang sangat dianjurkan untuk kesehatan dan juga kecantikan, namun sebaiknya kita tidak mengkonsumsi terlalu banyak kacang karena lemak juga banyak mengandung kandungan lemak.

Artikel lainnya: Manfaat Daun Sukun

Jauhi mengkonsumsi kacang secara berlebihan karena akan membuat kandungan minyak yang ada di dalam tubuh kita meningkat. Makan dengan porsi beragam adalah cara yang tepat agar kita tidak mengkonsumsi satu varian makanan saja. Makan makanan empat sehat lima sempurna adalah cara makan terbaik agar tubuh tetap sehat.

ARTIKEL TERKAIT: