Berbagai Macam Manfaat Makan Pete yang Tidak Anda Duga

advertisement
Berbicara tentang buah pete, mungkin banyak orang yang tidak suka dengan buah ini namun ada banyak sekali manfaat makan pete yang mungkin tidak kita ketahui. Baunya yang sangat menyengat menyebabkan buah yang satu ini banyak dijauhi.

Ada beberapa alasan yang menyebabkan mengapa buah pete menimbulkan bau yang sangat tidak sedap yaitu karena kandungan asam amino yang terkandung di dalam biji pete yang juga mengandung unsur sulfur.

Kedua kandungan inilah yang membuat biji pete yang menghasilkan bau yang tidak sedap. Berbeda di Indonesia, pete merupakan salah satu jajaran makanan paling buruk karena factor baunya.


Manfaat Makan Pete untuk Kesehatan

Petai yang memang mempunyai aroma dan rasa yang menyengat, juga mempunyai kandungan gizi yang tinggi sehingga mampu memberikan manfaat bagi kita, contohnya meredakan depresi. Kandungan zat tryptophan yang terkandung dalam petai ini sama halnya kandungan yang ada di dalam coklat.

Kandungan ini mampu membuat seseorang yang memakanya merasa tenang. Selain itu, efek dari zat tryptophan adalah mampu membuat tubuh menjadi lebih rileks, mampu memperbaiki mood seseorang, dan juga membuat tubuh merasa lega dan lebih bahagia.

Banyak yang beranggapan jika kita lelah dan ingin merasakan perasaan tenang coklat adalah pilihan terbaik, namun pete juga bisa dikonsumsi yang bisa menenagkan perasaan seseorang karena zat trytophanya.

Manfaat makan pete yang selanjutnya adalah mampu mengatasi gangguan saat PMS. Biasanya, PMS akan membuat seorang wanita sangat cepat dalam merubah moodnya. Emosi yang tidak stabil kian kali dialami oleh wanita yang mengalami PMS ini. Dengan mengkonsumsi pete ini, maka perasaan emosi yang tidak stabil akan sedikit teratasi.

Hal ini juga merupakan efek dari tryptophan yang juga berguna untuk membantu orang tetap tenang. Selain itu, pete juga mengandung banyak vitamin B1 yang mampu untuk mengatur kadar gula darah. Untuk itu, bagi seorang wanita, mengkonsumsi pete adalah alternatf lain agar wanita bisa merasa tenang ketika mengalami PMS.

Manfaat pete yang selanjutnya adalah mampu mencegah anemia dan menurunkan tekanan darah tinggi. Dengan kandungan zat besi yang tinggi, pete sangat bermanfaat untuk mengambah pasokan darah yang ada di dalam tubuh. Amenia merupakan penyakit yang menyebabkan seseorang yang membuat orang menjadi lesu dan tidak bertenaga.

Dengan mengkonsumsi pete, anemia bisa kita hindari. Selain itu, Pete juga berguna untuk menurunkan tekanan darah tinggi karena kandungan zat besinya. Mudah marah dan mudah lelah adalah contoh dari penderita tekanan darah tinggi. Namun, bagi orang yang tidak tahan dengan baunya, maka jangan sekali kali mengkonsumsi buah yang satu ini karena kemarahan juga akan cepat datang.

Manfaat yang terakhir adalah mampu meningkatkan kemampuan kognitif. Kandungan kalium yang tinggi pada buah pete ini berguna untuk meningkatkan kemampuan kognitif, seperti kemampuan mengingat, kemampuan malukan rekognisi pola, dan mampu mempersepsikan kemampuan melalui indra.

Artikel lainnya: Manfaat Kacang Tanah

Ada penelitian menarik di Inggris yaitu dimana orang yang mengkonsumsi pete pada pagi hari akan lebih cepat mengingat dan mengerti dibandingkan dengan yang tidak. Hal ini bisa kita simpulkan bahwa pete mempunyai kandungan kalium yang berguna untuk kerja otak kita.

ARTIKEL TERKAIT: