Rasakan Manfaat Daun Seledri untuk Ginjal dan Kesehatan Tubuh

advertisement
Tahukah anda manfaat daun seledri untuk ginjal? Mungkin masih belum banyak yang mengetahui manfaatnya untuk organ tubuh manusia. Seperti yang sudah kita ketahui, ginjal merupakan organ yang memiliki fungsi untuk menyerang garam, racun, da zat-za berbahaya lainnya yang masuk ke dalam darah.

Seiring dengan berjalannya waktu, zat-zat tersebut nantinya akan terakumulasi. Ginjal pun memerlukan perawatan dan pembersihan. Tidak perlu dilakukan pembedahan untuk membersihkan ginjal. Karena daun seledri memiliki manfaat untuk membersihkan ginjal.

Manfaat daun seledri dan cara mengolahnya

Jika anda ingin merasakan manfaatnya, maka langkah yang perlu dilakukan tidak terlalu susah. Ada ramuan yang perlu untuk anda minum. Pertama, terlebih dahulu siapkan 1 ikat seledri setelah itu cuci hingga bersih.

Kemudian daun seledri dipotong kecil-kecil dan masukkan ke dalam panci yang telah berisi air. Rebus selama kurang lebih 10 menit, kemudian diamkan hingga dingin.

Rebusan tersebut kemudian disaring dan masukkan ke dalam wadah botol yang bersih. Setelah itu masukkan air rebusan ke dalam lemari es. Setelah itu minum 1 gelas air rebusan daun seledri setiap hari untuk merasakan khasiatnya.

Manfaat daun seledri ini didapatkan dari kandungan vitamin A dan B1, B2, B6, serta C. Selain itu seledri juga kaya akan kandungan potasium, folat, magnesium, besi, fosfor, natrium, kalsium, dan kandungan asam amino esensial yang tinggi. Natrium organik pada seledri sangat aman untuk anda konsumsi dan penting untuk kesehatan tubuh.

Selain baik untuk ginjal, seledri juga baik untuk dikonsumsi oleh orang yang memiliki gangguan kestabilan darah seperti hipertensi.

Selain bisa dibuat dalam bentuk ramuan air rebusan, daun seledri juga bisa anda buat menjadi jus untuk merasakan manfaat dan nutrisinya secara optimal. Tentunya daun seledri tidak hanya bermanfaat untuk ginjal saja. Tetapi masih ada lagi manfaat lainnya.

Misalnya saja para atlet, mereka biasanya mengkonsumsi jus seledri untuk menyempurnakan pasca latihan tonik. Jus seledri memiliki fungsi untuk menggantikan elektrolit yang hilang dan rehydrates tubuh dengan kandungan mineral yang terkandung dalam seledri.

Selain itu kandungan fitokimia dalam seledri berguna untuk mencegah pembentukan dan perkembangan kanker usus pada perut. Seledri juga bisa menjadi obat pencahar alami sehingga dapat membantu anda yang memiliki masalah sembelit.

Daun seledri pun bermanfaat untuk mengendurkan urat saraf yang telah bekerja terlalu keras dalam pencernaan.

Masih ada lagi khasiat daun seledri yang bisa anda dapatkan. Jika anda mengalami masalah dengan suhu tubuh, maka mengkonsumsi segelas jus seledri sangat dianjurkan. Minumlah jus seledri dua atau tiga kali dalam sehari di antara waktu makan. Jus seledri akan membantu anda dalam menormalkan suhu tubuh.

Kandungan dari jus seledri juga ternyata bisa membantu mengontrol nafsu makan. Selain itu ternyata jus seledri bisa memberikan efek diuretik yang membantu pemecahan dan penghapusan urin dan empedu. Mengkonsumsi jus daun seledri secara rutin bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan.

ARTIKEL TERKAIT: