Ketahui Gejala Penyakit Jantung pada Wanita yang Seringkali Terjadi

advertisement
Gejala penyakit jantung yang terjadi pada wanita sebenarnya bisa dikatakan berbeda dengan gejala yang pada pria. Pasalnya pada wanita, gejala yang dialami lebih ke penyakit lainnya. Tentunya dunia medis telah menentukan gejala-gejala yang biasanya merupakan pertanda dari penyakit jantung.

Gejala penyakit jantung pada pria menjadi lebih mudah untuk diidentifikasi karena sudah sejak lama ahli medis melakukan penelitian mengenai penyakit jantung pada pria. Sedangkan pada wanita, penyakit jantung cenderung jarang terjadi. Meskipun begitu kemungkinan dari penyakit ini untuk terjadi selalu besar adanya.

Jantung
Image by Orensanquiks [Creative Commons], via Wikimedia Commons

Tanda atau Gejala Penyakit Jantung yang Dialami Wanita

Nyeri pada bagian dada merupakan salah satu gejalanya. Sebenarnya gejala yang satu ini umum juga terjadi pada pria. Tetapi wanita memiliki keadaan yang berbeda dengan pria. Nyeri dada yang biasa terjadi pada bagian kiri ini seringkali hanya dianggap sebagai angin lalu saja.

Karena biasanya nyeri dada juga dialami oleh wanita ketika akan datang bulan dan saat sedang kecapekan. Padahal bisa jadi itu merupakan gejala dari penyakit jantung. Maka sebaiknya anda waspada ketika ada rasa tekanan yang cukup keras pada bagian dada.

Nyeri pada bagian lain selain dada, misalnya seperti rahang, punggung, lengan, dan leher juga merupakan bagian dari gejala penyakit jantung. Pria cenderung tidak mengalami nyeri pada bagian-bagian tersebut. Sayangnya, makin banyak wanita yang tidak menyadari akan hal ini.

Karena wanita biasa mengalami nyeri pada bagian-bagian tertentu. Tetapi menjadi tidak lazim ketika nyeri terasa menganggu sampai membuat terbangun secara tiba-tiba. Jika hal ini sering terjadi pada anda, sebaiknya anda waspada dan memeriksakan diri. Segeralah untuk berkonsultasi pada dokter anda. Dengen begitu penanganan yang lebih serius bisa diberikan.

Tahukah anda bahwa ternyata sakit perut juga merupakan gejala dari penyakit jantung? Mungkin tidak ada yang tahu mengenai hal ini. Sakit perut lebih identik dengan tanda-tanda sakit pencernaan. Jika anda merasakan sakit perut yang luar biasa hingga terasa mual sebaiknya segera periksakan ke dokter.

Sakit perut yang sampai menimbulkan beban berat pada perut juga merupakan salah satu gejalanya. Tidak jarang juga wanita yang mengalami penyakit jantung merasa sesak nafas. Padahal tidak sedang melakukan kegiatan yang berat. Sesak nafas ini diakibatkan karena tidak mengalirnya oksigen dalam darah ke paru-paru karena adanya penyumbatan di dalam saluran darah. Akibatnya kesulitan untuk bernafas pun dialami.

Gejala lain yang kerap kali dialami adalah berkeringat dingin. Sebenarnya ini merupakan bagian dari gejala umum penyakit jantung. Tiba-tiba saja tangan anda berkeringat dingin padahal tidak sedang melakukan olahraga atau berpanas-panasan. Jika hal ini sering terjadi sebaiknya anda lebih waspada. Tidak jarang wanita yang mengalami penyakit jantung juga merasakan kelelehan yang berlebih. Aktivitas yang ringan sekalipun terasa melelahkan.

Baca juga: Cara Mencegah Penyakit Jantung

Gejala yang satu ini hampir terjadi pada 70% wanita yang mengalami sakit jantung. Biasanya kecapekan dialami pada dada terlebih dahulu kemudian badan menjadi lemas dan tak bertenaga. Bahkan ketika hanya ingin mengambil minum saja sudah merasa kelelahan.

ARTIKEL TERKAIT: