Inilah Cara Mengobati Penyakit Tipes Secara Tradisional

advertisement
Cara mengobati penyakit tipes sebenarnya ada banyak dan sangat beragam jumlahnya. Biasanya penanganan yang diberikan pada pasien penyakit ini yaitu dengan memberikan perawatan intensif. Bisa di rumah tetapi ada juga yang di rumah sakit. Sebenarnya penyakit tipes bisa disembuhkan dengan berbagai macam obat-obatan herbal.

Obat-obatan yang terbuat dari bahan alami ini tentunya lebih aman dan tidak akan menimbulkan efek negatif. Salah satu obat-obatan herbal untuk tipes yang selama ini diketahui adalah cacing. Tapi kali ini kita akan membahas obat-obatan alami lainnya selain cacing.

Mengobati tipes menggunakan ramuan tradisional

Pernahkah anda mendegar nama daun keji beling? Mungkin ada yang pernah mendengar dan ada yang belum pernah. Daun yang satu ini sebenarnya cukup mudah untuk ditemukan di lingkungan sekitar. Daun yang seringkali diremehkan atau diabaikan ini ternyata cukup ampuh dalam menjadi obat alami untuk tipes.

Cara menggunakan daun keji beling yaitu dengan merebus 15 lembar daun keji beling dalam 2,5 liter air hingga mendidih. Setelah mendidih, dinginkan rebusan terelbih dahulu. Setelah itu saring dan minum airnya sebanyak 2 kali sehari setiap hari hingga sembuh. Ramuan ini cukup bisa diandalkan ketika penyakit bertambah parah.

Tentunya masih ada bahan alami yang bisa digunakan sebagai cara mengobati penyakit tipes. Misalnya adalah tanaman toga. Mungkin sudah tidak asing mendengar tanaman toga. Beberapa orang sudah mulai membudidayakan tanaman toga. Sehingga cukup mudah untuk ditemukan. Kali ini bahan yang akan digunakan adalah 10 lembar daun sambiloto, 15 gram temulawak, dan jinten hitam.

Untuk membuat ramuan tradisional ini, anda perlu membersihkan dedaunan terlebih dahulu. Setelah itu potong kecil-kecil dan rebus bersama jinten dan temulawak hingga mendidih. Saring airnya kemudian berikan pada penderita tipes. Minum secara rutin sebanyak 2 kali sehari hingga gejala mereda dan kondisi mulai membaik. Selain untuk tipes, tanaman toga juga berguna dalam menjaga kesehatan tubuh.

Mentimun pun ternyata bisa digunakan untuk mengobati tipes. Siapkan saja beberapa mentimun segar kemudian cuci lalu parut dan peras untuk mendapatkan airnya. Air perasan timun ini lantas diminum setiap pagi dan sore hari sampai kesehatan pasien tipes membaik. Perubahan akan mulai terlihat setelah mengonsumsi air perasan timun selama tujuh hari. Selain timun, ternyata kunyit juga dapat digunakan.

Untuk membuat ramuan obat tipes dari kunyit, anda akan membutuhkan 3 rimpang kunyit segar, 1 lembar daun sambiloto, dan 1 bonggo serai. Tumbuk semua bahan tersebut hingga halus. Kemudian seduh dengan menggunakan air hangat dan minum secara teratur hingga kondisi pulih. Ramuan kunyit ini tidak hanya bisa digunakan dalam pengobatan saja. Jika anda ingin menjaga stamina dan kesehatan tubuh anda, maka minum ramuan ini setiap hari bisa dilakukan.

Simak juga: Penyebab Penyakit Tipes

Anda juga bisa menggunakan pepaya. Buah yang satu ini baik untuk pencernaan karena mengandung serat yang tinggi. Selain itu juga lebih memudahkan proses penyembuhan sakit tipes. Jika anda ingin membuat ramuan dari pepaya, pilihlah pepaya yang masih muda. Setelah itu cuci bersih dan kupas pepayanya. Kemudian parut pepaya dan peras airnya. Air pepaya ini harus diminum secara rutin dua kali sehari hingga penyakit tipes sembuh.

ARTIKEL TERKAIT: