Tips: 4 Cara Mengobati Jerawat Menggunakan Bahan Alami

advertisement
Ada banyak sekali cara mengobati jerawat. Tetapi mungkin sebagian dari anda belum menemukan cara untuk mengatasi jerawat yang efektif. Memang gangguan kulit yang satu ini seringkali susah untuk diatasi.

Jerawat terkadang membuat seseorang menjadi kurang percaya diri. Hampir semua orang ingin menghilangkan jerawatnya dalam waktu yang singkat. Tidak heran obat-obatan kimia yang digunakan untuk jerawat laris di pasaran. Padahal sebenarnya anda masih bisa menggunakan bahan alami yang tentunya lebih aman dan tidak ada efek samping apapun.

Madu

Bahan-bahan alami untuk menghilangkan jerawat

1. Es batu

Tahukah anda bahwa ternyata es batu bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat? Pada faktanya, es batu seringkali digunakan untuk membantu mengatasi jerawat. Bahan yang satu ini mudah untuk ditemukan bahkan anda bisa membuatnya sendiri. Lantas bagaimana cara mengobati jerawat dengan es batu?

Anda hanya perlu membungkus es batu dengan sepotong kain bersih. Kemudian menggunakan es batu untuk mengompres jerawat selama beberapa detik. Tapi lakukan cara ini sebanyak 10 sampai 20 kali. Es batu bisa meningkatkan sirkulasi darah pada area sekitar jerawat sehingga mampu menghilangkan jerawat yang membandel. Selain itu, es batu juga membantu pembekuan pori-pori yang terbuka lebar dan menghilangkan minyak yang menumpuk.

2. Madu

Ramuan tradisional juga bisa dibuat dari bahan yang alami. Anda tidak perlu khawatir karena caranya tidak terlalu sulit. Bahkan cenderung mudah dan bahannya mudah untuk didapatkan. Misalnya saja dengan menggunakan madu. Bahan yang satu ini bisa membasmi jerawat yang membandel pada wajah. Ini karena madu memiliki zat antibiotik yang tinggi dan bisa membantu anda mencegah infeksi serta mempercepat proses penyembuhan kulit.

Cara menggunakan madu untuk mengobati jerawat yaitu dengan mengoleskan madu pada kapas. Setelah itu letakkan pada jerawat selama kurang lebih 30 menit. Jika sudah basuh muka dengan air hangat. Anda juga bisa mencampur madu dengan kayu manis. Kemudian oleskan pada bagian berjerawat dan biarkan selama semalaman. Setelah langkah tersebut dilakukan lanjutkan dengan membilas wajah di pagi hari.

3. Bawang Putih

Ternyata bawang putih tidak hanya bisa berguna sebagai bumbu saja. tetapi juga bisa digunakan untuk mengatasi jerawat. Hal ini karena bawang putih memiliki kandungan antivirus, antijamur, antioksidan, dan antiseptik. Bawang putih juga mengandung sulfur yang sangat ampuh dalam mengobati jerawat.

Untuk menggunakan bawang putih, anda bisa memotong 1 siung bawang menjadi dua bagian kemudian menggosok-gosokan bawang pada bagian jerawat yang membandel. Setelah itu biarkan selama kurang lebih 5-10 menit. Setelah itu bilas dengan menggunakan air hangat. Lakukan cara ini dengan rutin sampai jerawat mengecil.

Baca juga: Cara Mengobati Jerawat Batu

4. Uap

Untuk anda yang senang memasak, bersyukurlah karena sering mendapatkan uap saat memasak. Uap ternyata bisa dimanfaatkan dalam dunia kecantikan. Pada jerawat, uap akan membantu membuka pori-pori bagian muka sehingga membuat kulit menjadi lebih mudah bernafas. Uap juga membantu untuk menyingkirkan minyak, bakteri, dan segala jenis kotoran yang terperangkap dalam pori-pori. Sehingga kulit wajah pun bisa bebas dari jerawat.

ARTIKEL TERKAIT: