Tips Memilih Hotel di Batam yang Tepat untuk Liburan

advertisement
Batam merupakan salah satu wilayah indonesia yang sangat strategis dan menjadi tempat transit atau keluar masuknya turis mancanegara ke indonesia. Untuk itulah kebutuhan akan hotel di batam ini sangat tinggi.

Selain sebagai daerah wisata, batam juga merupakan pusat industri yang semakin berkembang, untuk menunjang sarana perindustrian dan pariwisata kota batam inilah, pembangunan tempat penginapan atau hotel dari harga murah hingga hotel berbintang terus berkelanjutan untuk mencukupi kebutuhan dan memberikan kenyamanan kepada para turis maupun pebisnis selama berada di kota batam.

Batam Centre Hotel
Batam Centre Hotel, via Agoda.com

Pilihan Hotel di Batam

Bagi para pengunjung hotel, hal yang sangat diharapkan adalah fasilitas yang lengkap dengan kenyamanan dan pelayanan yang diberikan. Oleh karena itu berbagai gedung penginapan di kota terbesar di provinsi kepulauan riau ini berlomba-lomba memberikan fasilitas penginapan yang ditunjang dengan fasilitas dan layanan yang sangat memadai, dan untuk harga kebanyakan hotel yang ada di batam mini menawarkan harga yang cukup bersahabat, dari hotel 1 sampai hotel bintang 5 berjajar rapi di kota ini.

Untuk harga hotel yang berbintang 1 sampai bintang 3 cukup murah berkisar antara 160.000 hingga 500.000 rupiah per malamnya, sedangkan fasilitas meskipun harganya cukup murah namun mereka akan menjamin kanyamanan anda dengan berbagai fasilitas yang memadai. Untuk para pebisnis atau mereka yang berasal dari kalangan atas biasanya akan memilih hotel bintang 4 bahkan bintang 5 dengan pelayanan dan fasilitas yang lengkap untuk mereka yang ingin kenyamanan setelah seharian berkutat dengan urusan bisnis.

Selain hotel berbintang, batam juga menawarkan alternatif penginapan lain untuk kalangan bawah yang ingin lebih berhemat, yakni losmen atau penginapan kelas melati, dengan fasilitas sebatas tempat tidur, kamar mandi, ada juga yang memberikan fasilitas sarapan untuk tamu mereka. Harga penginapan memang jauh lebih murah dibandingkan hotel berbintang di batam yang mencapai jutaan rupiah untuk permalamnya. Namun untuk yang tidak butuh kemewahan tempat penginapan ini tentu sudah cukup untuk tempat beristirahat semalam.

Tips Memilih Hotel di Batam

Hotel merupakan tempat tinggal sementara anda ketika berkunjung ke suatu tempat, pemilihan hotel yang tidak tepat dapat menghambat aktivitas anda selama berada di kota bata mini. Untuk anda yang hendak mencari penginapan di batam, sebaiknya memperhatikan beberapa hal untuk mendapatkan kenyamanan dan kemudahan akomodasi. Hal apa saja yang harus anda perhatikan dalam memilih tempat menginap selama di kota batam ini? Berikut beberapa tips yang dapat anda gunakan sebagai bahan pertimbangan, yang diantaranya adalah:

1. Tujuan

Ketika anda berkunjung ke suatu tempat tentu anda memiliki tujuan, entah untuk keperluan bisnis jalan-jalan ataupun untuk keperluan lain. Sebagai salah satu kawasan emas di indonesia, batam memiliki banyak pengunjung dengan berbagai kebutuhannya. Sebagai kawasan emas kota batam menjadi pusat industri yang sangat berpeluang dan keindahan kotanya juga menarik para wisatawan baik domestik maupun mancanegara berkunjung ke kota ini.

Tujuan perjalanan anda ini sangat penting untuk menentukan tempat penginapan yang anda pilih. Berbagai tempat penginapan biasanya dibangun di tempat-tempat yang sangat strategis dengan pusat industry atau kawasan wisata. Anda dapat memilih hotel yang anda perlukan sesuai tujuan anda mengunjungi kota batam ini.

2. Lokasi

Lokasi sangat penting dalam menunjang segala aktifitas dan kemudahan akomodasi selama berada di batam, terutama untuk anda yang dalam perjalanan bisnis. Jadi pilihlah hotel yang berlokasi dekat dengan pusat aktifitas anda. Lokasi penginapan di provinsi kepulauan riau yang strategis memang harganya lebih mahal, namun itu bukanlah masalah besar untuk anda yang dalam perjalanan bisnis, karena fleksibilitas waktu yang lebih penting untuk anda.

Sedang untuk anda yang ingin berwisata pilih hotel yang dekat dengan kawasan wisata, jangan hanya terfokus dengan satu tempat wisata saja, namun kemudahan akses yang harus anda tempuh ketika mengunjungi berbagai tempat wisata di batam juga menjadi pertimbangannya.

3. Budget

Biaya tentu menjadi pertimbangan tersendiri ketika anda memilih tempat penginapan. Hotel di batam yang memiliki range harga yang berfariatif, dan dapat menjadi pertimbangan anda. Pemilihan hotel tidak perlu anda paksakan, namun sebaiknya sesuaikan dengan anggaran biaya perjalanan yang telah anda rencanakan, hal ini untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, seperti kekurangan biaya atau memotong anggaran keperluan yang lain.

Yang penting adalah faktor kenyamanan. Meskipun dengan biaya yang murah jika tempat penginapan lebih nyaman tentu tidak akan mengurangi kesenangan anda dalam berlibur. Untuk anda yang dalam perjalanan bisnis, biaya memang tidak menjadi masalah bagi anda, karena anggaran perjalanan anda telah diatur oleh perusahaan dan telah direncanakan, sehingga pemilihan tempat menginap dapat anda pilih sesuai dengan yang anda inginkan.

Fasilitas

Untuk fasilitas, hotel di batam memang cukup lengkap untuk menjamin kenyamanan anda selama menginap. Baik untuk hotel berbintang maupun kelas melati, mereka berlomba-lomba memberikan fasilitas yang dapat dinikmati oleh para tamunya sesuai kelasnya. Untuk kelas hotel bintang 3 saja fasilitas yang ditawarkan cukup lengkap, dari fasilitas spa, metting room, fitness center, restoran, coffe shop bahkan bar disediakan di sini.

Untuk harga berkisar 300.000 hingga 500.000 ribu fasilitas-fasilitas modern ini tentu sudah sangat lengkap. Selain itu juga dapat memberikan kenyamanan anda dalam berlibur maupun berbisnis. Hotel berbintang 3 ini juga banyak tersebar di kawasan strategis kota batam, sehingga anda dapat dengan mudah menjumpainya.

Dengan harga yang lebih tinggi fasilitas hotel berbintang 5 di batam tentu menawarkan fasilitas yang sangat lengkap. Berbagai fasilitas modern yang ingin anda nikmati tersedia di hotel berbintang dengan membayar biaya sewa yang tidak sedikit yakni berkisar 600.000 hingga jutaan rupiah untuk tiap malamnya.

Kamar hotel yang didesain mewah dengan berbagai fasilitas modern dan juga lengkap, kolam renang, restoran, meeting room dengan ruangan yang luas dan sarana yang menunjang, pusat kebugaran, serta full service sangat sesuai untuk anda yang menginginkan kenyamanan ekstra selama di batam.

Tempat penginapan di batam juga menawarkan berbagai resort yang menawarkan fasilitas bintang 5 dengan pemandangan yang sangat indah dari pemandangan laut hingga pemandangan gunung yang akan sangat memukau untuk anda yang menginginkan liburan ekslusif bersama keluarga atau pasangan. Sangat lengkap memang, di mana gedung penginapan ini memang menawarkan berbagai fasilitas untuk kenyamanan para pengunjungnya.

ARTIKEL TERKAIT: