Beberapa Tips Alami Mengatasi Mimisan dari Rumah dengan Mudah

advertisement
Bagi anda yang sering mengalami mimisan maka anda bisa simak artikel ini karena di sini kami akan memberikan pada sobat cara mengatasi mimisan dengan mudah dan juga efektif.

Seperti yang kita ketahui mimisan sering terjadi karena berbagai macam masalah seperti penyakit, kurang istirahat, luka dalam dan sebagainya akan tetapi yang paling menyebalkan adalah biasanya kejadian ini terjadi tanpa sepengathuan kita sehingga terkadang kita panic untuk menyadarinya.

Nah bagi sobat yang memang terkadang mengalami mimisan sebaiknya jangan panic dahulu karena kami akan berbagi beberapa contoh cara untuk mengatasi mimisan dengan tepat dan juga efektif seperti yang akan kami berikan berikut ini selamat mencoba.

Bahan alami untuk mengatasi mimisan

1. Daun sirih
Salah satu cara mengatasi mimisan yang paling efektif adalah dengan menggunakan daun sirih. Pertama tama sobat siapkan 1 lembar daun sirih yang masih muda lalu bersihkan daun sirih tersebut menggunakan air bersih dan bentuk daun sirih menjadi gulungan dengan meremasnya lalu menggulung seperti bentuk corong.

Selanjutnya yang perlu sobat lakukan sangat mudah yaitu menyumbatkan daun sirih berbentuk gulungan tersebut ke hidung sobat yang mengalami mimisan. Dengan adanya bantuan dari daun sirih ini maka pembuluh darah di bagian hidung akan mengecil sehingga mimisan sobat pun bisa berhenti sedikit demi sedikit.

2. Kompres dengan air es
Selain menggunakan daun sirih kita juga bisa menggunakan kompres dengan handuk yang telah dibasahi air es. Cara ini cukup mudah untuk dilakukan, pertama tama persiapkanlah handuk yang kering lalu basahi handuk tersebut dengan air es yang baru saja dikeluarkan dari freezer untuk lebih dingin dan tempelkan pada hidung yang mimisan.

Cara ini berfungsi untuk membekukan darah yang keluar dari hidung dengan lebih cepat sehingga niscaya dalam beberapa saat pengkompresan maka mimisan sobat akan segera berhenti. Cara ini bisa dilakukan karena bisa mengecilkan pembuluh darah dan akan membuat turunnya darah yang keluar dari hidung sehingga cara ini cukup aman dan juga efektif.

Cara yang berikutnya adalah dengan menggunakan beberapa langkah berikut ini. Pertama tama tekan cuping hidung secara perlahan dan halus dengan ibu jari serta telunjuk tangan kita dan tahanlah kira kira 5 menit. Selama proses ini berlangsung usahakan untuk bernapas menggunakan mulut.

Apabila setelah 5 menit darah masih tetap keluar maka tahan lagi sampai 10 menit kurang lebih lakukan cara ini sampai darah benar benar berhenti. Cara ini bisa digunakan karena dengan menekan cuping hidung kita bisa menghambat pendarahan yang terjadi sehingga darah tidak akan keluar dengan cepat dan juga membantu menahan darah untuk keluar tanpa henti.

Itulah beberapa contoh dan juga cara untuk mengatasi masalah mimisan pada tubuh kita, memang mimisan adalah hal yang cukup mengganggu terutama karena hal tersebut bisa membuat kita panik.

Nah dengan adanya beberapa cara di atas semoga saja kita bisa lebih santai dan juga tetap tenang dalam menghadapi mimisan karena ada hal yang perlu diingat apabila kita merasa panik maka itu juga bisa membuat pembuluh darah kita membesar sehingga malah akan membuat mimisan kita akan lebih parah.

ARTIKEL TERKAIT: