Mari Ketahui Manfaat Omega 3 untuk Kesehatan Tubuh

advertisement
Banyaknya manfaat omega 3 untuk kesehatan bukanlah hal yang asing lagi di masyarakat. Hampir semua orang sudah mengetahui hal yang satu ini. Beberapa tahun terakhi ini, asam lemak omega 3 memang kerap kali menjadi bahan penelitian.

Banyak pihak yang ingin mengetahui manfaat sesungguhnya dari omega 3. Saat ini pun yang menjual suplemen omega 3 sudah cukup banyak. Suplemen tidak hanya berguna untuk menyembuhkan berbagai penyakit, tetapi juga sekaligus untuk menjaga kesehatan dan tindakan pencegahan agar tubuh tidak terserang penyakit.

Omega 3 untuk Kesehatan Manusia

Untuk sobat yang memiliki masalah dalam ingatan alis mudah pikun, omega 3 bisa menjadi jawaban. Pikun biasanya merupakan penyakit orangtua. Masalahnya tentu saja ada pada otak. Omega 3 sendiri merupakan makanan bagi otak karena berperan penting bagi perkembangan membran sel pada sistem neurologis dari otak dan jalur sinyal.

Hal ini sudah terbukti secara ilmiah. Inilah mengapa banyak suplemen untuk anak-anak yang mengandung omega 3. Tidak hanya untuk anak-anak, omega 3 juga sekaigus membantu perkembangan otak dan memori pada orang dewasa. Selain untuk perkembangan otak, omega 3 juga baik untuk kesehatan mata dan penglihatan secara umum. Hal ini karena omega 3 merupakan komponen utama dari retina.

Selain itu, penelitian telah menunjukkan bahwa omega 3 bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung dan penyakit lain yang berhubungan dengan jantung.

Hal ini karena omega 3 mampu meningkatkan elastisitas arterial, menurunkan resiko aritmia (dentang jantung abnormal) dan juga tekanan darah tinggi. Kandungan omega 3 juga mampu menurunkan kadar kolesterol yang tinggi. Sebuah riset menunjukkan bahwa mengkonsumsi ikan yang kaya akan omega 3 mampu meningkatkan kolesterol, dan menurunkan kadar lemak dalam darah (trigliserida).

Selain itu, omega 3 juga berguna untuk mengurangi resiko pembekuan darah. Hal ini disebabkan karena omega 3 memiliki sifat antikoagulan yang mempengaruhi kemampuan trombosit untuk membekukan.

Siapa yang menyangka bahwa ternyata omega 3 pun bisa berguna untuk mengurangi depresi. Bagi orang-orang yang mengalami depresi ringan, disarankan untuk memperoleh asupan omega 3. Kandungan omega 3 mampu meningkatkan efektivitas pengobatan dengan mempengaruhi otak melalui cara yang berbeda dari antidepresan.

Menggabungkan omega 3 dengan antidepresan akan mengurangi depresi dengan cara berbeda. Selain untuk mengurangi depresi, omega 3 juga penting untuk wanita hamil. Omega 3 dibutuhkan untuk perkembangan kesehatan fisik dan mental pada bayi. Omega 3 pun  memiliki sifat anti inflamasi yang berguna untuk kondisi asma, radang sendi, dan psoriasis eksim.

Bagi sobat wanita yang sering mengalami nyeri ketika haid, cobalah untuk mengkonsumsi omega 3. Studi menunjukkan bahwa wanita yang mengkonsumsi suplemen omega 3 ketika haid, rasa nyeri akan berkurang.

Kandungan asam eicosapentaenoic (EPA) dan asam docosaheaenoic (DHA) dipercaya mampu mengurangi tingkat prostaglandin. Tingkat prostaglandin yang tinggi adalah penyebab dari kontraksi rahim meningkat dan kejang otot saat wanita mengalami menstruasi.

Artikel lainnya: Manfaat Vitamin B1

Omega 3 juga bermanfaat untuk meningkatkan penyerapan vitamin yang larut dalam lemak, seperti vitamin A, D, E, dan K. Vitamin tersebut dibutuhkan tubuh untuk melawan infeksi, menjaga kesehatan mata dan kulit, pembekuan darah dan tulang yang kuat, serta untuk sirkulasi jantung.

ARTIKEL TERKAIT: