Inilah Manfaat Buah Rambutan untuk Kesehatan dan Kecantikan

advertisement
Buah dengan wujud unik ini sudah sangat familiar di masyarakat, sehingga manfaat buah rambutan pun nampaknya tidak menjadi hal yang asing lagi. Buah ini disebut rambutan karena memiliki kulit yang diselimuti ‘rambut’.

Buah rambutan yang memiliki nama latin Niphelium Lappaceum ini tumbuh dengan subur di Indonesia. Buah rambutan juga memiliki rasa manis yang khas. Tidak hanya dikenal dengan rasanya yang manis.

Buah yang satu ini juga menyimpan manfaat yang banyak untuk ibu hamil, janin, kulit wajah, dan lain sebagainya. Tidak heran jika ada juga pengobatan herbal yang melibatkan rambutan.

Khasiat Buah Rambutan

Tahukah sobat bahwa buah rambutan mampu menguatkan sistem imun? Hal ini karena buah rambutan memiliki kandungan tembaga yang dipercaya baik untuk kesehatan tubuh. Senyawa tembaga ini digunakan untuk membentuk sel darah putih dalam tubuh.

Nantinya sel darah putih ini bisa digunakan untuk menangkal bakteri, virus, atau kuman yang berbahaya bagi kesehatan manusia. Buah rambutan juga bermanfaat untuk menghindarkan tubuh dari radikal bebas yang berdampak buruk bagi kesehatan. Kemampuan untuk menangkal radikal bebas ini datang dari kandungan vitamin C yang cukup tinggi pada buah rambutan.

Buah rambutan tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan saja. Tetapi buah rambutan juga bisa dimanfaatkan untuk kecantikan. Misalnya saja, buah rambutan dapat digunakan untuk mengatasi masalah kulit. Salah satu masalah kulit yang bisa diatasi dengan buah rambutan adalah kulit kasar dan kusam.

Manfaat ini bisa didapatkan pada biji buah rambutan. Sobat bisa mengunyah langsung biji buah rambutan atau dicampurkan pada masakan. Buah rambutan pun ternyata bisa mengurangi lemak berlebih yang ada dalam tubuh. Lagi-lagi biji rambutan yang digunakan.

Kandungan dalam biji buah rambutan dipercaya bisa mengurangi lemak yang berlebih, sehingga dapat menghindarkan sobat dari penyakit berlebih yang ada dalam tubuh. Selain itu, mengkonsumsi buah rambutan dengan teratur dipercaya mampu untuk membuat kulit dan rambut menjadi cantik, bersih, dan indah secara alami.

Buah dengan bentuk dan bulat dan berwarna merah ini memiliki kandungan karbohidrat dan protein. Kedua kandungan tersebut dipercaya mampu untuk meningkatkan energi dalam tubuh. Tentunya energi tersebut sobat butuhkan untuk menjalani aktivitas sehari-sehari yang tidak jarang menguras energi.

Buah rambutan dengan ukuran kecil dan manis tidak bisa diremehkan. Pasalnya buah ini ternyata juga mampu untuk mencegah kanker. Hal ini karena rambutan memiliki kandungan asam gallic yang dipercaya bisa menghancurkan dan sekaligus menangkal radikal bebas. Seperti yang kita ketahui, radikal bebas berpotensi menimbulkan penyakit kanker dan juga dapat membahayakan kesehatan.

Buah rambutan tidak hanya manis dan enak untuk dinikmati saja. Selain bermacam-macam manfaat untuk kesehatan, ternyata buah rambutan pun bisa digunakan untuk perawatan rambut. Kali ini bagian yang digunakan adalah daun rambutan. Untuk perawatan menggunakan daun rambutan ini, sobat perlu untuk mem-blender daun rambutan yang sudah dicampur dengan air.

Artikel lainnya: Manfaat Jeruk Nipis untuk Wajah

Kemudian sari daun rambutan bisa sobat gunakan. Saringlah dengan menggunakan kain untuk mendapatkan sari dari daun rambutan. Setelah itu balurkan sari daun rambutan tersebut pada rambutan. Tentunya jika sobat ingin mendapatkan hasil yang maksimal, perawatan ini harus dilakukan secara rutin.

ARTIKEL TERKAIT: