Obat Herbal untuk Mengobati Penyakit Amandel Tanpa Operasi

advertisement
Seperti yang kita ketahui bahwa setiap orang memiliki amandel yang sangat amat berguna bagi tubuh kita karena memang amandel lah yang mempunyai tugas penting, yaitu sebagai "benteng pertahanan" untuk mencegah kuman masuk ke dalam tubuh kita yang bisa menimbulkan infeksi terhadap saluran pernapasan manusia.

Meski begitu, amandel juga bisa terkena infeksi akibat dari virus atau bakteri yang masuk sehingga menyebabkan peradangan yang disebut penyakit amandel atau juga disebut tonsillitis.

Ciri-ciri amandel

  • Jika penyakit amandel ini menyerang anak-anak yang memang belum bisa memberitahukan secara jelas rasa sakit yang diderita, ada beberapa cara untuk orang tua mengenali ciri-ciri atau gejala penyakit ini jika terjadi pada anak, di antaranya:
    • Ketika anda sebagai orang tua memberi makan anak, sang anak tidak nafsu makan atau hanya makan sedikit saja dengan alasan karena rasa sakit yang diderita pada saat mencoba menelan makanan.
    • Tidak seperti biasanya saat anak sehat, ketika mengalami penyakit amandel biasanya sang anak terus-menerus mengeluarkan air liur dari mulutnya.
    • Terlihat rewel dan sering menangis karena rasa sakit dari radang yang terjadi pada amandel.
  • Mulut mengeluarkan bau napas yang tidak sedap.
  • Mengalami mual sehingga menimbulkan rasa seperti ingin muntah.
  • Biasanya penderita mengalami sakit tenggorokan saat menelan makanan dan minuman. Bahkan, rasa sakit dari peradangan amandel ini juga bisa timbul saat anda melakukan hal kecil dan biasa dilakukan seperti menelan ludah.
  • Munculnya nyeri atau sakit pada telinga juga turut menandai penyakit amandel ini muncul. Namun biasanya gejala ini akan sembuh dalam waktu 4 hari atau rasa sakit dari amandel mulai pulih.
  • Tubuh mengalami demam.
  • Biasanya munculnya bercak putih seperti nanah pada amandel sebelum peradangan amandel yang diderita terasa sakit.
  • Muncul benjolan di leher yang merupakan kelenjar getah bening juga bisa saja menjadi salah satu gejala penyakit amandel.

Penyebab amandel

  • Penyebab terjadinya terkena penyakit tonsilitis atau amandel, sebagian besar terjadi karena virus yang anda dapatkan ketika anda menghirup bersin ataupun juga batuk yang dikeluarkan secara langsung oleh mulut penderita tonsilitis juga.
  • Penyebab lainnya adalah anda tidak atau dengan sengaja memegang benda atau gagang pintu rumah misalnya yang sebelumnya sudah terdapat virus atau bakteri yang menempel di sana lalu kemudian memegang mulut atau hidung menggunakan tangan.

Ramuan obat untuk mengobati amandel

Bahan:
  1. Siapkan buah mengkudu matang lalu anda peras untuk mengambil airnya saja. Kira-kira yang dibutuhkan hanya 2 sendok air perasan mengkudu. 
  2. Selanjutnya adalah menyiapkan air perasan jeruk nipis yang dibutuhkan hanya 2 sendok.
  3. Air perasan kunyit 1 sendok.
  4. Siapkan benalu teh kemudian rebus dan ambil hasil rembusannya 8 sendok saja.

Cara meramu:
  1. Setelah 4 bahan di atas sudah disiapkan, sekarang masukkan dan campurkan semua bahan di atas ke dalam sebuah botol bersih.
  2. Selanjutnya, kocok botol tersebut sampai semua bahan yang ada di dalamnya merata, lalu ditim selama kurang lebih 30 menit.

Aturan pakai:
Minum ramuan obat yang sudah dibuat sebelumnya sebanyak 3 kali sehari dengan aturan minum seperti di bawah ini:
  1. Untuk anak-anak dengan usia 6 sampai 8 tahun, masing-masing diberi 2 sendok makan.
  2. Sedangkan untuk Anak-anak yang masih berumur antara 9 sampai 12 tahun, anda bisa memberikannya 3 sendok makan.
  3. Khusus untuk orang dewasa, di atas umur yang sudah disebutkan sebelumnya, aturan minumnya adalah 4 sendok makan.

Meskipun pengobatan penyakit ini dapat dilakukan tanpa harus melakukan operasi, namun bila ada kriteria yang parah seperti tumor ganas pada amandel, gangguan pada saluran pernapasan, dan lain sebagainya anda perlu mempertimbangkannya untuk melakukan operasi.

Demikian, itulah pembahasan mengenai ciri atau gejala amandel, penyebab dan bagaimana pengobatannya jika menggunakan bahan herbal yang sudah disediakan alam di sekitar kita. Semoga bermanfaat untuk anda. Salam sehat!

ARTIKEL TERKAIT: