Beragam Manfaat Sayur Sawi Hijau bagi Tubuh yang Menyehatkan

advertisement
Sawi, salah satu nama jenis sayuran yang mungkin dari kalian jarang mendengarnya apalagi menjumpainya, tetapi asal kalian ketahui bahwa sawi ini memiliki manfaat yang kita tidak menyangka akan berguna bagi kelangsungan hidup kita. Sawi adalah sayuran yang kaya akan fitonutrien dan sangat berkhasiat bagi kesehatan tubuh kita serta dapat mencegahnya penyakit.

Nah tentunya, banyak juga yang kurang mengetahui lebih detail mengenai apa saja yang bisa diberikan oleh sayuran ini pada kesehatan kita, oleh karena, itu berikut ini akan kami berikan beberapa informasi dari manfaat sayur sawi yang belum kita ketahui pada umumnya. Jadi daripada terlalu lama, berikut ini akan kami berikan beberapa contohnya.

Sayur Sawi
Image by Badagnani [Creative Commons], via Wikimedia Commons


Ini dia beragam manfaat sayur sawi yang unik

1. Kandungan vitamin C yang tinggi

Salah satu alasan mengapa anda harus mengkonsumsi sayur sawi adalah karena memiliki banyak sekali kandungan vitamin C. di dalam sayur sawi terdapat asupan vitamin C yang memiliki kandungan lebih dari 134% banyaknya, hal ini bahkan mengalahkan jeruk yang memiliki hanya 113% kandungan vitamin C yang disesuaikan dengan ukuran Recommended Daily Intake (RDI).

Padahal secangkir sawi dengan hanya berat 67 gram saja sudah cukup untuk mencukupi kebutuhan vitamin C kita dibandingkan ukuran jeruk medium yang bisa mencapai 130 gram dan juga harga lebih mahal. Oleh karena itu bisa dikatakan bahwa sawi memiliki kandungan vitamin C yang lebih tinggi daripada sebuah jeruk.

Simak juga: Manfaat Sayur Kangkung

2. Membuat jantung sehat dan mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2

Kesehatan jantung merupakan hal yang sangat penting. Bagaimana tidak apabila jantung kita tidak sehat maka kesehatan dan hidup kita akan benar benar terancam. Oleh karena itu tentunya menemukan makanan yang bisa menangani kesehatan jantung kita benar benar penting bukan. Nah oleh karena itu di dalam sawi memiliki banyak sekali kandungan alpha linoleate dan juga asam lemak yaitu omega 3 yang memang penting untuk kesehatan jantung kita.

Namun semua tidak berhenti sampai sampai disitu saja karena beberapa substansi yang tadi baru saja disebutkan sangat penting juga untuk mengurangi resiko terkena diabetes mellitus tipe 2. Oleh karena itu sawi merupakan sayuran yang cocok untuk penyembuhan diabetes.


3. Makanan diet sehat

Salah satu kelebihan dari sawi adalah makanan ini sangat cocok untuk makanan suplemen diet anda. Bagaimana tidak memakan sawi akan memberikan anda lebih banyak serat yang sehat dan akan membantu pencernaan anda nantinya. Hal ini tentunya akan membantu anda untuk lebih mudah dalam mengkonsumsi makanan dengan lancar dan sehat.

Selain itu serat juga akan membantu membersihkan pencernaan anda sehingga kotoran akan mudah dikeluarkan. Dengan demikian sawi adalah salah satu makanan yang paling cocok untuk menemani diet ketat anda. Selain itu manfaat manfaat lain dari sawi tentunya akan berguna untuk kesehatan anda.

Itulah beberapa contoh singkat sari manfaat sayur sawi yang mungkin akan menambah pengetahuan anda mengenai sawi yang pastinya juga akan membuat anda lebih menghargai sayuran lezat yang satu ini.

Baca juga: Manfaat Sayur Pare

Jadi daripada hanya mengkonsumsi makanan tidak sehat mulailah mengkonsumsi sawi dan mulai hidup yang lebih berkualitas dan juga sehat dengan mengkonsumsi makanan makanan yang sehat dan juga bergizi bagi kesehatan tubuh.

ARTIKEL TERKAIT: