Inilah Manfaat Makan Coklat bagi Kesehatan Tubuh yang Mengagumkan

advertisement
Apabila beberapa dari kita mendengar nama coklat pasti hal pertama yang terlintas di benak kita adalah makanan yang mengandung banyak kalori manis dan juga lezat menggoda.

Tentu saja hal tersebut tidak sepenuhnya salah karena coklat memang salah satu makanan yang sangat lezat namun banyak orang salah kaprah dan menganggap coklat mengandung banyak keburukan padahal keburukan coklat muncul hanya apabila kita memakannya secara berlebihan. Ya benar sekali sebenarnya coklat sendiri memiliki banyak manfaat loh.

Cokelat

Beberapa manfaat makan coklat

Produksi insulin di dalam tubuh ternyata memiliki hubungan dengan apabila kita mengkonsumsi coklat.

Ya benar sekali insulin adalah zat yang cukup berguna di dalam tubuh kita untuk mengatur kondisi tubuh oleh karena itu meningkatkan produksi insulin agar sesuai dengan kuota yang dibutuhkan sangat penting dan menurut penelitian yang telah terjadi beberapa saat ini konsumsi coklat meningkatkan produksi insulin yang berarti coklat bisa memberikan tingkat resistansi yang cukup tinggi untuk menahan terjadinya diabetes pada tubuh.

Menurut penelitian yang telah terjadi dan dilakukan jenis untuk coklat yang disarankan untuk dimakan atau dikonsumsi adalah coklat hitam yang di dalamnya mengandung zat phytochemical flavonoid.

Manfaat makan coklat yang kedua adalah coklat bisa mempengaruhi aliran darah kita. perlu kita ketahui bahwa aliran darah yang lancar berarti kesehatan yang baik bagi tubuh kita. akan tetapi aliran darah yang tidak lancar akan mempengaruhi kesehatan tubuh kita.

Oleh karena itu mengkonsumsi coklat yang telah diketahui mampu membuat aliran darah lancar sangat penting untuk kita. berdasarkan penelitian orang yang mengkonsumsi coklat memiliki tekanan darah yang lebih stabil dan lancar dibandingkan yang tidak.

Hal ini dikarenakan kandungan zat flavonoid yang ternyata selain mampu meningkatkan produksi insulin juga mampu bertindak sebagai anti oksidan pada tubuh yang sama baiknya dengan anti oksidan pada anggur dan buah buahan lainnya.

Nah, untuk manfaat yang ketiga ini mungkin akan membuat beberapa orang bingung bagaimana tidak? Ternyata konsumsi coklat bisa mengurangi resiko serangan jantung.

Ya benar sekali berasarkan penelitian yang dilakukan di universtias school of medicine dipimpin oleh john Hopkins penelitian pada coklat memberikan hasil bahwa orang yang makan coklat memiliki resiko 50% lebih kecil mendapatkan serangan jantung karena coklat membantu membuat sel trombosit untuk lebih lancar dan tidak mudah membeku yang menjadi penyebab utama dari penyakit jantung atau serangan jantung dapat terjadi dan menyerang korban korbanya.

Dari beberapa jenis manfaat yang telah kita baca dan perhatikan di atas maka bisa kita ambil sedikit kesimpulan kecil bahwa coklat adalah salah satu bahan makanan atau makanan yang selain nikmat dan juga lezat juga memiliki banyak sekali kegunaan yang tidak semua makanan miliki.

Artikel lainnya: Manfaat Susu Beruang

Akan tetapi seperti layaknya makanan dan bahan makanan lainnya, apabila kita memakan coklat secara berlebihan maka manfaat tersebut akan hilang dan menjadi keburukan. Oleh karena itu apapun makanan dan pilihan kita sesuatu yang berlebihan akan tidak baik untuk kesehatan kita semua.

ARTIKEL TERKAIT: