Beberapa Penyebab Penyakit Vertigo yang Harus Anda Waspadai

advertisement
Penyakit vertigo merupakan salah satu peyakit yang cukup unik dan sangat mengganggu karena menyerang sistem keseimbangan seseorang. Oleh karena itu banyak orang yang masih belum mengetahui mengenai penyebab penyakit ini secara umum dan luas.

Nah, bagi saudara sekalian yang ingin mengetahui beberapa macam penyebab vertigo secara umum dan juga lebih detail maka di dalam artikel ini kami akan membahas hal tersebut yang perlu kita waspadai sehingga kita bisa menghindarinya ataupun bisa langsung menanganinya apabila kita terkena penyebabnya sehingga kita tidak jadi terkena penyakit ini. Jadi daripada menunggu terlalu lama berikut ini akan kami berikan beberapa contoh penyebabnya.

Vertigo

Beberapa penyebab Vertigo, antara lain:

1. Gangguan pada telinga bagian dalam

Meskipun terlihat sederhana, gangguan telinga dalam juga bisa mempengaruhi kondisi tubuh anda dan menyebabkan terjadinya vertigo pada diri anda, biasanya vertigo akibat telinga dalam yang terganggu dipicu oleh situasi dimana kita bangun tidur dengan cepat atau saat duduk dan berdiri dengan cepat.

Meskipun pusing yang akan kita alami akan hilang dengan sendirinya ini sudah mengindikasikan adanya penyakit vertigo dalam tubuh kita. Vertigo dengan penyebab ini biasanya dikenal dengan nama Benign Paroxysmal Positional Vertigo yang cukup dikenal di dunia medis. Untuk pencegahannya segera memeriksakan diri ke rumah sakit apabila anda mendapatkan gejala gejala yang telah didapatkan di atas ini.

2. Penyebab Vertigo akibat penyakit saraf 

Salah satu penyebab yang paling cukup mudah menyerang orang, terutama orang tua adalah penyakit sistem saraf yang menyerang saraf pusat. Selain kerusakan saraf, penyakit ini juga akan memicu datangnya vertigo pada tubuh kita.

Biasanya gangguan sistem saraf pusat ini tidak hanya berlanjut sampai vertigo saja namun juga akan merembet ke penyakit lainnya yang sama sama berbahayanya seperti contohnya kerusakan leher, tumor, dan juga multiple sclerosis serta stroke. Secara tidak langsung kerusakan saraf akan memicu banyak penyakit terutama vertigo yang tentunya harus kita waspadai. Untuk mencegah penyakit ini kita harus menjaga kesehatan kita dengan berolahraga yang teratur serta pola makan yang sehat juga.

3. Migrain

Migrain meskipun sederhana dan hanya terlihat sebagai salah satu bentuk dari sakit kepala ternyata memiliki potensi untuk memicu penyakit vertigo. Hal disebabkan karena sakit kepala migraine akan mempengaruhi penglihatan anda terutama di bagian kepala yang terkena sakit kepala oleh karena itu dengan demikian maka anda akan mendapatkan vertigo di bagian kepala yang terasa sakit dan juga bagian mata yang terkena gangguan penglihatan.

Penyebab dari ini masih belum diketahui dengan baik akan tetapi apabila anda mendapatkan vertigo maka bisa saja berlangsung sampai beberapa hari paling lama yang tentunya akan sangat mengganggu orang orang yang beraktivitas penuh.

4. Peradangan atau Infeksi

Salah satu penyebab vertigo yang perlu kita ketahui selanjutnya adalah pilek dan juga flu. Ya benar sekali meskipun terlihat sangat biasa dan tidak berhubungan flu dan pilek akan mempengaruhi kinerja dari telinga kita terutama apabila pilek yang menyumbat sangat parah.

Hal ini akan memicu penyakit vertigo yang akan membuat kita merasa tidak nyaman, kondisi ini bisa berlangsung cukup lama dan akan membuat penderitanya merasa tidak nyaman dan juga terganggu dalam menjalankan aktivitasnya.

ARTIKEL TERKAIT: