Ini Penyebab Penyakit Gula yang Perlu Anda Ketahui Sejak Dini

advertisement
Kita pastinya menyadari bahwa ada beberapa macam penyebab penyakit gula yang perlu kita waspadai. Dan memang penyakit gula atau yang lebih dikenal dengan diabetes memang sangat berbahaya untuk diri kita.

Penyakit ini menyerang sistem tubuh kita dan meningkatkan kadar glukosa dalam tubuh sehingga kita akan kelebihan gula yang akan membuat tubuh kita terkena banyak sebab yang mengerikan seperti contohnya pusing-pusing, luka yang tidak kunjung sembuh atau bahkan yang paling parah adalah amputasi karena luka yang membusuk.

Hal ini tentu saja akan membuat kita ketakutan dan membuat diabetes menjadi momok bagi semua orang, nah bagi anda yang merasa ingin tahu penyebabnya maka berikut ini akan kami berikan beberapa contoh penyebab dari diabetes sehingga kita akan lebih hati-hati ke depannya.

Diabetes

Ini dia faktor penyebab penyakit diabetes

1. Pola makan

Salah satu penyebab penyakit diabetes atau gula yang paling sering dijumpai oleh banyak orang adalah buruknya pola makan pada diri kita. Saat ini banyak makanan yang mengandung terlalu banyak kalori tanpa memperhatikan keseimbangan nilai gizi. Selain itu kurangnya pergerakan badan akan mempengaruhi sekresi insulin yang kurang sehingga membuat kita lebih mudah terkena penaykit gula yang memang menjadi salah satu momok bagi orang banyak di jaman modern seperti sekarang ini.

Baca juga: Mengapa Penderita Diabetes di Indonesia Terbilang Banyak?

Selain itu beberapa makanan jaman sekarang mengandung banyak kadar gula sehingga akan emmbuat kadar gula dalam darah kita meningkat dengan cepat dan membuat kita tidak sehat. Beberapa contoh pola makan yang salah adalah terlalu banyak minum teh manis, ngemil, softdrink dan masih banyak lagi.

2. Obesitas 

Salah satu faktor penyebab penyakit gula yang lainnya adalah kegemukan, kegemukan atau obesitas terjadi karena kita memiliki pola makan yang buruk dan jarang sekali berolahraga sehingga kita akan mengalami hal ini, untuk mencegahnya kita bisa memulai berolahraga setiap hari sehingga terjadi keseimbangan antara masukan lemak dan kalori dengan pembakaran kalori.

Lihat juga: Penyebab Gatal pada Penderita Diabetes

Hal ini memang terlihat sederhana akan tetapi sangat berpengaruh pada kondisi kehidupan kita semua jadi mulailah berolahraga untuk mencegah terjadinya obesitas pada diri kita. Selain itu obesitas dengan berat badan di atas 90 kg akan membuat orang yang memiliki berat badan tersebut lebih rentan terkena penyakit diabetes.

3. Faktor genetis

Penyebab selanjutnya memang cukup kontroversial karena penyakit gula memang ternyata tergolong dalam kategori penyakit keturunan yang dapat diturunkan. Oleh karena itu apabila orang tua sobat memiliki kondisi atau riwayat penyakit gula maka sobat harus lebih berhati-hati dalam menjaga kesehatan tubuh karena kemungkinan besar sobat akan memiliki kesempatan mendapatkan penyakit gula atau diabetes dibandingkan dengan orang lain yang tidak memiliki garis keturunan penyakit diabetes.

Semua ini terjadi karena penyakit gula mewariskan melalui gen sehingga akan sukar untuk mencegah hal ini. Satu satunya pencegahan yang terbaik adalah menjaga pola makan, dan berolahraga serta melakukan pola hidup sehat.

Simak juga: Cara Mencegah Diabetes

Itulah beberapa penyebab munculnya penyakit gula yang paling umum kita jumpai saat ini, dengan mengetahuinya terlebih dahulu kita bisa melakukan pencegahan dengan pasti dan juga tepat.

ARTIKEL TERKAIT: