Apa Penyebab Gatal Pada Penderita Diabetes Melitus?

advertisement
Mengapa gatal pada diabetes bisa terjadi? Ya, tentu gatal apapun itu penyebabnya akan membangkitkan respons manusia untuk menggaruk bagian yang dirasa gatal. Namun bila kita terus melakukan garukan demi garukan, maka yang terjadi adalah dapat memperberat proses peradangan.

Apa Penyebab Gatal Pada Penderita Diabetes Melitus?

Tentunya peningkatakan peradangan akan semakin menambah keluhan gatal, sehingga selalu menimbulkan rasa untuk terus menggaruk. Pengulangan garukan pada kulit yang gatal berpotensi merusak pelindung kulit dengan segala dampaknya.

Penyebab Gatal Pada Diabetes Melitus

Ada banyak hal yang dapat menimbulkan rasa gatal, ya diantaranya adalah diabetes melitus. Gatal memang sering kali dikeluhkan oleh para penderita diabetes melitus. Rasa gatal yang timbul tidak hanya disebabkan oleh tingginya kadar gula darah yang melebihi batas normal seseorang, namun juga iratibilitas ujung saraf dan juga kelainan metabolik di kulit.

Jika anda memang penderita diabetes melitus, jangan pernah meremehkan rasa gatal ini. Garukan pada kulit yang dirasa gatal dapat menyebabkan kulit berwarna hitam disertai dengan penebalan kulit dan tentunya itu semua dapat merusak penampilan anda.

Tentu gatal-gatal yang muncul akibat kadar gula darah yang tinggi (diabetes) dapat menyebabkan terjadinya infeksi. Biasanya yang terjadi adalah infeksi jamur.

Bagaimana Mengobati Gatal Pada Diabetes?

Tentu jika anda adalah penderita diabetes melitus, maka hal pertama yang bisa dan harus dilakukan adalah dengan menghadapi dan mengontrol diabetes itu sendiri. Yaitu dengan cara menjaga kadar gula darah agar tetap stabil.

Ada 2 jenis pengobatan yang dapat anda lakukan yaitu dengan efek jangkan pendek dan efek jangka panjang. Untuk pengobatan efek jangka pendek yaitu bertujuan untuk menghilangkan keluhan atau gejala diabetes dan mempertahankan rasa nyaman.

Sedangkan untuk pengobatan efek jangka panjang adalah dengan mencegah penyulit yang tentunya bertujuan untuk menurunkan morbiditas dan juga mortalitas penyakit diabetes melitus.

Jangan lupa, baca juga:

ARTIKEL TERKAIT: