Jenis Olahraga Bagi Penderita Diabetes Melitus

advertisement
Beberapa jenis olahraga tertentu yang cocok dan baik bagi penderita diabetes melitus. Olahraga adalah sebuah kegiatan atau aktivitas yang sangat penting dan kaya akan dengan bebagai manfaat karena dapat melatih seluruh tubuh (jasmani).

Diabetes Melitus atau biasa sering disebut penyakit kencing manis merupakan penyakit kronik dan atau kelainan metabolik yang disebabkan oleh berbagai faktor.

Penderita diabetes melitus yang sudah terkontrol atau pun belum sangat dianjurkan untuk melakukan beberapa aktivitas fisik, latihan, dan olahraga teratur karena dapat mengendalikan risiko diabetes dan juga membatu meningkatkan kebugaran tubuh.

Jenis Olahraga yang Cocok untuk Penderita Diabetes Melitus

Manfaat Olahraga bagi Penderita Penyakit Diabetes:

  1. Mengontrol berat badan dengan mengurangi lemak yang ada pada tubuh sehingga dapat meningkatkan metabolisme dan menyimpan glukosa.
  2. Menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol jahat Lipoprotein densitas rendah atau  Low-Density Lipoprotein (LDL), dan juga meningkatkan kolesterol baik High-Density Lipoprotein atau biasa disebut HDL.
  3. Mengurangi stres.
  4. Dapat melatih jantung, menguatkan otot dan juga tulang.
  5. Dapat meningkatkan HGH.
  6. Menurunkan risiko komplikasi diabetes melitus.
  7. Meningkatkan insulin yang dapat membantu menurunkan kadar gula dan kadar lemak darah.
  8. Dapat meningkatkan sirkulasi darah.

Jenis Olahraga yang baik untuk Penderita Diabetes Melitus:

1). Aerobik
Manfaatnya yaitu latihan yang dapat menjaga berat badan tetap terkontrol namun juga tentu harus diimbangi dengan makanan yang pas tidak berlebihan, mencegah cedera karena dapat meningkatkan fleksibilitas sendi dan juga otot.

Dan tentu latihan ini juga dapat melatih jantung, mengurangi stres, melancarkan aliran darah, menurunkan risiko diabetes melitus tipe 2, meningkatkan oksigen di dalam tubuh kita, dan masih banyak lagi lainnya yang akan kita dapatkan dengan latihan aeorbik ini.

Beberapa latihan aeorbik yang dapat anda lakukan rutin adalah dengan jogging, berenang, bersepeda, atau juga bisa mengikuti kelas aerobik. Namun jika anda memiliki masalah dengan kaki, kurangilah beban pada kaki dengan memilih latihan ringan seperti; bersepeda, berenang, dan lain sebagainya.

2). Peregangan atau Stretching
Sebuah latihan yang mungkin lebih dikenal dengan kata Pemanasan atau Warm-up ini dapat mengurangi terjadinya cedera, ketegangan otot, dan lain sebagainya. Cobalah untuk melakukan peregangan rutin sebelum dan sesudah berolahraga yang lebih berat.

3). Angkat Beban (Weight Lifting)
Dengan latihan angkat beban di rumah atau pun tempat fitnes, dapat meningkatkan massa otot, membakar lemak lebih cepat, dan sebagainya... Lakukan latihan beban 3 kali dalam seminggu, misalnya pada hari (senin, rabu, jumat) dan sisanya isilah dengan latihan ringan seperti aerobik di atas.

Anda juga bisa melatih otot anda di rumah tanpa menggunakan alat dengan melakukan Push-up untuk melatih dada dan juga lengan anda, dan juga Sit-up untuk mengencangkan perut.

Namun sebaiknya sebelum melakukan aktivitas fisik atau latihan olahraga, konsultasikan dan tanyakan terlebih dahulu pada dokter, olahraga apa yang cocok dengan kondisi diabetes anda...

Demikian, itulah beberapa jenis olahraga yang cocok dan baik untuk penyandang penyakit diabetes melitus. Salam sehat!

ARTIKEL TERKAIT: