6 Cara Ampuh Menghilangkan Stres di Tempat Kerja

advertisement
Cara Menghilangkan Stres di Tempat Kerja - Banyaknya pekerjaan yang menumpuk atau sedang mendapat masalah di kantor merupakan penyebab stres mungkin dialami oleh kebanyakan orang pada umumnya.

Stres tentu dapat membebani rohani dan mempengaruhi fisik sehingga perbuatan kurang terkontrol secara sehat.

Meski begitu, stres tidak selalu negatif, misalnya orang yang mengaku profesional menganggap berbagai tekanan yang dihadapinya berupa beban pekerjaan yang menurutnya berat dengan waktu yang sangat singkat dan sedikit dijadikan sebagai tantangan yang baik kerena hal ini dapat meningkatkan kualitas pekerjaan anda dan tentu hasilnya adalah mendapat kepuasan tersendiri.

6 Cara Ampuh Menghilangkan Stres di Tempat Kerja

Cara Menghilangkan Stres di Tempat Kerja:

1). Tenang
Ya! tetaplah tenang dan santai walaupun berbagai masalah menghampiri anda, yakinlah pasti akan ada jalan keluar. Tarik nafas dalam-dalam... tahan beberapa detik, lalu hembuskan perlahan-lahan.

2). Peregangan atau Stretching
Luangkanlah sedikit waktu anda untuk melakukan sedikit latihan peregangan, karena banyak sekali manfaatnya, diantaranya adalah meningkatkan kapasitas kerja fisik, mengurangi ketegangan otot, melancarkan peredaran darah, meningkatkan kondisi tubuh secara psikologis, menaikkan suhu tubuh, dan lain sebagainya.

3). Beribadah
Bagi anda yang memang muslim, lakukanlah ibadah rutin di sela-sela pekerjaan anda. Gerakan shalat yang anda lakukan manfaatnya juga hampir sama ketika anda melakukan latihan Streching. Berdoa dan percayalah bahwa stres yang anda alami dapat berkurang.

4). Mendengarkan Musik
Cobalah untuk mendengarkan lagu atau musik yang anda sukai, mungkin saja dapat membuat suasana hati menjadi lebih baik, bahagia, dan semangat, dan juga tubuh anda mungkin lebih rileks. Penelitian juga pernah ada bahwa dengan mendengarkan musik favorit dapat mengaktifkan bagian otak yang merupakan pusat motivasi.

5). Bermain Game
Jika anda adalah seorang pekerja yang setiap hari duduk di depan komputer atau pun laptop dan sejenisnya, cobalah untuk memainkan aplikasi permainan yang ada. Hal ini ternyata telah ada penelitian juga yang mengatakan bahwa game dapat melatih otak dan ketangkasan pada saat bekerja.

6). Mengunyah Permen Karet
Cobalah untuk membeli permen karet dan kunyah! hal ini ternyata dapat melancarkan peredaran darah karena asupan oksigen ke otak akan meningkat dan tentu membantu anda untuk berkonsentrasi. Selain itu, kadar hormon cortisol yang merupakan penyebab stres di dalam ludah akan sedikit berkurang.

Semoga tips Cara Menghilangkan Stres di Tempat Kerja ini dapat membantu anda! :)

ARTIKEL TERKAIT: