10 Jenis Makanan untuk Meningkatkan Kolesterol HDL (High-Density Lipoproteins)

advertisement
Tahukah anda bagaimana cara meningkatkan kadar kolesterol "baik" (HDL)? Ya, beberapa diantaranya adalah seperti olahraga aerobik, menurunkan berat badan, dan mengkonsumsi makanan sehat tertentu yang dapat meningkatkan kolesterol HDL.

Terdapat 2 jenis kolesterol, HDL adalah yang baik dan LDL yang buruk untuk tubuh kita. Walaupun sebenarnya banyak cara untuk meningkatkan kadar kolesterol baik, namun pada postingan ini saya ingin menjelaskan tentang beberapa Jenis Makanan yang dapat membantu Meningkatkan kadar Kolesterol HDL.

Kolesterol HDL singkatan dari High-density lipoproteins merupakan jenis kolesterol yang sangat baik karena dapat menghilangkan kolesterol yang berlebih dan juga tentu dapat membawa si kolesterol jahat yang bernama LDL dari arteri dan kembali ke hati.

10 Jenis Makanan untuk Meningkatkan Kolesterol HDL

Jenis Makanan untuk Meningkatkan Kolesterol HDL

  1. Jeruk. Ya, anda dapat mengolahnya menjadi jus agar lebih enak. Berbagai kandungan dalam buah jeruk ini banyak sekali dan menurut penelitan, hanya dengan minum jus jeruk rutin setiap hari anda dapat meningkatkan kadar HDL anda cukup besar.
  2. Alpukat. Salah satu buah favorit saya ini, memiliki banyak kadungan, seperti, Vitamin B6, kalium, mineral, kalori dan lainnya. Sebagian besar lemak yang terkandung di dalam buah Avocado ini yaitu adalah lemak tak jenuh tunggal, sehingga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik HDL dan tentu menurunkan LDL.
  3. Kacang Tanah. Makanan ini yang rasanya manis ini banyak sekali kandungan gizinya, diantaranya yaitu; protein yang sangat tinggi, lemak, zat besi, Vitamin (B,E,K,A), kalsium dan masih banyak lagi lainnya.
  4. Ikan. yaitu seperti jenis Sarden, Makarel, Tuna, Herring, dan Salmon memiliki banyak sekali kandungan asam lemak omega 3 yang dapat mencegah kanker mulut dan kulit. Dan juga salah satunya dapat memberikan manfaat dengan membantu perkembangan fungsi otak.
  5. Kecambah atau Taoge. Sebuah bahan pangan yang digolongkan jenis sayura ini memiliki banyak kandungan Vitamin (E & C), portein, dll. Dapat bermanfaat untuk kepadatan susunan tulang, mencegah osteoporosis & kanker payudara, dan sebagainya. Taoge jenis alfalfa mengandung saponin yang dapat menurunkan LDL tanpa mengganggu kolesterol HDL.
  6. Minyak Zaitun. Sebuah minyak yang didapat dari buah zaitun ini mengandung antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari kolesterol jahat. Cobalah untuk memasak dengan jenis minyak ini kerena lebih menyehatkan.
  7. Gandum. Sebuah tanaman yang merupakan saudara dari Sereal atau oat yang kaya akan karbohidratnya dan berserat cukup tinggi. Gandum biasanya tersedia juga pada roti jadi anda dapat memakannya dengan rasa yang lebih enak.
  8. Yogurt. Sebuah susu yang diciptakan melalui proses fermentasi bakteri ini mengandung kolesterol HDL dan juga enzim yang berguna untuk melancarkan BAB.
  9. Anggur. Buah yang mengandung antioksidan, kalsium dan juga Vitamin A & C, dan masih banyak laigi lainnya. Dapat mencegah jantung koroner, mengatasi insomnia, dsb. Anggur ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan yang tentu meningkatkan produksi lemak / kolesterol HDL.
  10. Sereal. Haver atau oat ini mengandung karbohidrat. Dapat memberikan manfaat guna menurunkan kolesterol jahat.


ARTIKEL TERKAIT: