Inilah Penyebab & Cara Mencegah Flu yang Wajib Anda Ketahui

advertisement
Apa itu Influenza? adalah sebuah infeksi virus pada saluran pernapasan bagian atas. Hal ini sangat menular dan menyebar melalui kontak dengan tetesan cairan pernapasan. Droplet pernapasan atau tetesan cairan pernapasan dihasilkan oleh seseorang yang batuk atau bersin.

Penyebab & Cara Mencegah Penyakit Flu

Penyebab Penyakit Flu

  1. Seseorang bersin atau batuk langsung menuju mata, hidung atau mulut jarak pendek. 
  2. Melalui kontak tubuh langsung (Kissing) 
  3. Menyentuh sesuatu dengan virus di atasnya misalnya, (gagang pintu, shopping cart) kemudian menyentuh mulut, hidung atau mata.
Dengan memahami virus yang merupakan penyebab penyakit flu, maka kita seharusnya bisa mencegah terjadinya penyakit flu. Berikut ini saya akan memberikan tips tentang bagaimana mencegah penyakit flu, karena seperti yang kita ketahui, mencegah itu lebih baik daripada mengobati.

Mencegah Penyakit Flu

  1. Cuci tangan Anda dengan air hangat dan sabun, masing-masing tangan setidaknya selama 20 detik. Lakukanlah sebelum makan, setelah menggunakan toilet, dan setelah aktivitas luar ruangan seperti bermain olahraga. Jika Anda tidak dapat mencuci tangan dengan sabun dan air, menggunakan pembersih tangan juga akan membunuh kuman jika tangan Anda tidak terlihat kotor. Kebersihan tangan adalah langkah yang paling penting untuk mencegah penyebaran flu dan penyakit lainnya. 
  2. Gunakan desinfektan semprot pada hal-hal yang biasa ditangani. Di rumah atau di tempat kerja, benda-benda tertentu seperti gagang pintu atau remote TV yang sering disentuh oleh beberapa orang dapat menyebabkan virus menular. Semprotan disinfektan dapat digunakan antara sehari sekali sampai seminggu sekali, tergantung pada frekuensi penggunaan. 
  3. Makan diet seimbang yang sehat. Ini adalah kunci untuk menjaga sistem kekebalan tubuh kita kuat, dan menjaga kita agar tetap sehat. Makan diet seimbang dan sehat memberikan tubuh Anda dengan nutrisi penting yang dibutuhkan untuk menjaga fungsi tubuh sehari-hari Anda, termasuk sistem kekebalan tubuh Anda. 
  4. Suplemen multivitamin juga dapat mencegah penyakit flu, tetapi penting untuk dicatat bahwa suplemen tersebut tidak dimaksudkan untuk menggantikan makanan bergizi.
  5. Minum setidaknya 8 gelas air sehari. Hal ini sejalan dengan diet sehat. Jus buah segar juga baik karena merupakan sumber vitamin yang besar. 
  6. Hindari merokok / perokok. Merokok merugikan kita dalam banyak cara yang berbeda. Bahkan jika Anda bukan seorang perokok aktif, berada di sekitar seseorang yang merokok, bisa sama buruk. 
  7. Jadilah aktif! Cobalah untuk mengambil tangga bukan lift saat berada di tempat kerja. Latihan atau pun olahraga terbukti dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Semoga informasi tentang penyebab dan cara mencegah penyakit influenza ini dapat bermanfaat bagi anda semua. Salam sehat!!!

Source: www.webdicine.com

ARTIKEL TERKAIT: