Pengertian & Penyebab Penyakit Asam Urat yang Harusnya Anda Ketahui

advertisement
Penyebab penyakit asam urat sepertinya belum terlalu familiar di masyarakat. Padahal penyakit yang satu ini menyerang cukup banyak orang. Biasanya orang-orang yang terkena penyakit ini sudah berusia paruh baya. Sebenarnya bukan tidak mungkin untuk melakukan pencegahan agar penyakit asam urat ini tidak menyerang tubuh kita.

Tetapi tentunya anda perlu mengetahui penyebab dari penyakit yang satu ini. Telah diketahui beberapa penyebab dari penyakit asam urat. Bagi anda yang penasaran, silahkan simak artikel ini hingga selesai. Beberapa dari informasi ini akan membantu anda untuk mengetahui penyebab dari asam urat dan juga cara mengatasinya.

Asam Urat

Pengertian asam urat dan beberapa penyebabnya

Asam urat sebenarnya merupakan sebuah penyakit yang disebabkan karena penumpukan asam urat di dalam darah. Asam urat sendiri adalah limbah yang terbentuk dari pemecahan zat purin yang ada dalam sel-sel tubuh. Sebagian besar dari asam urat dibuang lewat ginjal dalam bentuk urin. Sebagian kecil lainnya lantas dibuang lewat saluran pencernaan dalam bentuk tinja.

Lihat juga: Manfaat Daun Sirsak untuk Pengobatan Alami Asam Urat

Ketika asam urat yang dibuang dari tubuh lebih sedikit daripada yang diproduksi, maka hal tersebut bisa menyebabkan asam urat menjadi bertumpuk dan membentuk kristal tajam natrium berukuran mikro. Kristal tersebut akan bermuara dalam sendi atau sekeliling jaringan sendi. Saat kristal tajam tersebut masuk ke dalam ruang sendi, maka bisa menganggu lapisan lunak sendi dan menimbulkan peradangan yang akan terasa sakit.

Biasanya sendi yang paling sering mengalami asam urat adalah sendi kaki dan tangan. Pembentukan kristal yang tinggi pada kedua sendi tersebut kemungkinan dipengaruhi oleh suhu tubuh bagian kaki dan tangan yang relatif lebih rendah jika dibandingkan dengan sendi lainnya. Selain itu sendi lutut dan siku juga rentan terhadap serangan asam urat.

Sendi yang jarang terkena serangan adalah yang dekat dengan badan. Seperti sendi leher, punggung, pinggul, dan bahu. Beberapa faktor turut mendukung meningkatnya kadar asam urat dalam tubuh dan menjadi penyebab penyakit ini menyerang tubuh, misalnya seperti minuman dengan kadar gula tinggi, obat-obatan, riwayat keluarga, dan jenis kelamin.

Dari pernyataan di atas sebenarnya bisa diketahui bahwa penyebab asam urat juga dipengaruhi faktor eksternal. Misalnya seperti makanan. Ada beberapa makanan yang dipercaya bisa meningkatkan kadar asam urat. Misalnya saja seperti jeroan berupa ginjal, jantung, otak, dan hati atau makanan laut seperti ikan yang berminyak dan kerang-kerangan.

Tidak ketinggalan daging merah seperti daging kambing dan sapi, serta minuman keras. Makanan-makanan tersebut diketahui memiliki tingkat zat purin yang cukup tinggi. Sedangkan minuman keras bisa meningkatkan produksi asam urat dalam hati dan mengurangi asam urat yang dibuang melalui urin. Bir juga diketahui memiliki tingkat purin yang tinggi.

Selain makanan dan minuman, meningkatnya asam urat juga bisa disebabkan karena beberapa kondisi medis. Misalnya seperti kadar lemak atau kolesterol yang tinggi di dalam darah, penyakit ginjal, osteoartritis pada tangan, lutut, dan kaki, diabetes, serta tekanan darah yang tinggi. Jenis kelamin juga dipercaya juga bisa mempengaruhi penyakit ini lebih mudah menyerang tubuh.

Baca juga: Langkah Pencegahan Asam Urat

Hormon estrogen pada wanita dipercaya menurunkan kadar asam urat. Sedangkan pada pria, kadar asam urat mereka cenderung meningkat ketika masa puber. Saat memasuki menopause, wanita akan beresiko terkena serangan asam urat. Tetapi resiko masih lebih rendah jika dibandingkan dengan yang dialami pria.

ARTIKEL TERKAIT: