Ini Cara Mencegah Asam Urat yang Bisa Diterapkan Mulai Sekarang!

advertisement
Jika ada orang yang mengidap penyakit asam urat, mungkin artikel ini bisa menjadi referensi untuk menemukan langkah pengobatan yang tepat lewat kebiasaan hidup sehat. Asam urat adalah penyakit yang memiliki gejala nyeri. Nyeri yang disebabkan umumnya terdapat pada persendian dan sekujur tulang. Waktu terjadi nyeri biasanya terjadi antara malam hingga pagi hari dan terjadi dalam waktu yang lumayan lama.

Bagian tubuh yang biasanya terkena asam urat adalah bagian jari kaki, sendi jari tangan, sendi lutut, tumit, sendi pergelangan tangan dan sendi yang ada di siku. Nyerinya pun ada yang beragam ada yang kecil bahkan ada yang sampai membengkak hingga timbul warna warna pada kulit. Untuk itu, berikut adalah cara yang bisa kita lakukan untuk mencegah penyakit yang satu ini.

Asam urat


Cara Mencegah Asam Urat dengan Hidup Teratur

Cara yang paling mudah adalah dengan mengurangi makanan yang banyak mengandung zat purin. Seperti kacang kacangan, anggur, daging merah, dan juga coklat. Ketiga makanan ini meskipun lezat mengandung purin yang cukup tinggi.

Untuk itu, bagi orang yang terkena asam urat, tidak diperbolehkan mengkonsumsi makanan tersebut. Sayuran semacam kembang kol, bayam, buncis, dan jamuir kuping adalah sayur yang tidak boleh dikonsumsi karena akan menyebabkan Kristal asam urat semakin menumpuk.

Umumnya, Kristal yang menumpuk akan menyebabkan rasa sakit yang amat sangat sehingga penderita mengalami nyeri hingga terjadi pembengkakan. Untuk itu, konsumsilah makanan seperti apel, jeruk nipis dan buah ceri yang mampu mengurangi kandungan asam urat yang berlebih.

Pencegahan selanjutnya adalah dengan banyak banyak mengkonsumsi air putih. Air putih mampu menetralisirkann asam urat berlebih yagn ada di dalam tubuh. Konsumsi air putih minimal 8 gelas perhari agar zat purin yang ada di dalam tubuh tidak cepat terbentuk. Jika tubuh kita kekurangan air putih, maka zat purin akan cepat berkembang di dalam persendian.

Hal ini karena pengkristalan asam urat akan lebih cepat apabila tubuh kekurangan cairan. Jika bosa nemngkonsumsi air putih, kita bisa menikmati jus chery karena di dalam buah chery terdapat kandungan zat kalsium yang berguna untuk tubuh. Buah chery juga mampu membantu urine dan darah untuk membagi kadar asamnya sehingga tidak terjadi pembentukan Kristal berlebih.

Mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C juga merupakan salah satu cara untuk mencegah terjadinya asam urat yang bisa kita lakukan agar terhindar dari penyakit yang cukup menganggu ini. Kadar asam urat berlebih bisa kita kurangi dengan mengkonsumsi vitamin C minimal 1000 mg perhari.

Makanan seperti jeruk, lemon, dan juga madu adalah contoh makanan yang sangat bagus untuk tulang kita sehingga bisa mencegah dari asam urat berlebih. Buah strawberry juga makanan yang mengandung vitamin C dan mampu menjadi alternative makanan bagi penderita asam urat berlebih. Imbangi juga dengan olahraga agar tubuh selalu ada gerakan sehingga pengkristalan tidak terbentuk dengan cepat.

Jika kita sudah terkena asam urat, gunakan saja daun kumis kucing sebagai obatnya. Caranya dengan mencampur 10 gram kumis kucing, 10 gram meniran, 15 gram jahe merah, sawi mentah 10 gram, dan 10 gram juga kapulaga. Rebus semua bahan ini dengan 1 liter air lalu ambil airnya. Minumlah pada saat siang atau sore sebanyak 150 ml.

ARTIKEL TERKAIT: