Ini Cara Mencegah Gigi Berlubang Lewat Kebiasaan Hidup Sehat

advertisement
Mempunyai gigi berlubang memang membuat kita sangat tidak nyaman karena saat kita mengunyah bahkan saat kita diam, nyeri gigi akan sangat mungkin terjadi. Hal ini tentunya akan sangat menganggu kita dalam melaksanakan aktifitas.

Gigi berlubang adalah jenis infeksi yang disbebakan oleh bakteri. Setelah makan adalah seringya bakteri membentuk lapisan tipis yang disebut plak. Plak akan sangat sulit dihilangkan, bahkan dengan sikat gigi teratur sekalipun. Plak akan secara bertahap akan melarutkan mineral pada permukaan gigi dan akan mengakibatkan lubang kecil tak kasat mata, namun lama kelamaan lubang itu nanti akan semakin membesar karena gigi tidak dirawat.

perawatan gigi


Cara Mencegah Gigi Berlubang dengan Hidup Sehat

Cara yang pertama adalah dengan menggosok gigi sebelum dan sesudah makan. Hal ini menjadi factor penting karena setiap kali makan, gigi kita aka nada sisa makanan. Jika tidak dibersihkan, bakteri tadi akan membentuk plak pada gigi sehingga gigi berlubang. Gosoklah gigi minimal dua kali sehari yaitu sesudah sarapan pagi dan menjelang tidur.

Namun, bagi orang yang memiliki gigi sensitive terhadap bakteri, menggosok gigi sebelum dan sesudah makan adalah hal yang wajib agar gigi tidak mudah keropos. Jika masih kurang yakin dengan menggosok gigi, tambahkan dengan obat pencucui kumur yang mengandung banyak fluoride. Kandungan ini sangat berguna untuk memecah plak yang ada di dalam gigi, namun sebagian besar obat kumur berharga mahal.

Cara yang selanjutnya adalah dengan tidak mengkonsumsi gula secara berlebihan, terlebih lagi gula halus yang mengandung gula rafiansi yang lebih memungkinkan pembentukan plak dengan cepat. Kandungan glukosa sangat mudah lengket pada gigi sehingga ketika kita membiarkan hal ini, maka plak akan lebih mudah terbentuk.

Anak kecil yang sering mengkonsumsi permen yang banayk mengandung banyak glukosa sering terancam gigi berlubang karena mereka sering lupa menggosok gigi ketika sudah memakan permen tersebut. Kita bisa mengganti permen dengan menggunakan permen jenis xylitol yang memang bagus untuk gusi dan gigi karena mengandung kandungan fluoride yagn sangat tinggi. Namun harga permen xylitol ini cukup mahal sehingga tidak semua orang bisa membelinya.

Metode pencegahan berikutnya adalah dengan mengkonsumsi makanan yang sehat bagi gigi. Contoh makanan yang baik untuk gigi kita adalah keju, kacang kacangan, apel. Selain makanan yang mengandung banyak kalsium baik bagi gigi kita, ternyata makanan yang mengandung serat tinggi juga sangat baik untuk gigi kita.

Makanan yang mengandung serta tinggi mampu merangsang untuk memproduksi air liur lebih banyak. Hal ini akan membantuk membersihkan gigi dari partikel sisa makanan setelah makan tanpa kita ketahui. Untuk itulah mengapa permen karet xylitol juga sangat dianjurkan bagi orang yang ingin menghindari gigi berlubang.

Agar gigi kita tetap sehat dan tidak berlubang, konsultasikan dengan dokter gigi minimal 6 bulan sekali agar gigi tetap sehat. Saran dokter pasti mujarab dan kita akan diberi pengarahan makanan apasaja yang boleh kita makan dan mana yang tidak boleh kita makan. Selain itu, pembersihan gigi secara teratur dengan peralatan dokter akan membantu agar plak yang ada di gigi kita hilang.

ARTIKEL TERKAIT: