Beberapa Cara Mencegah Penyakit Ginjal yang Bisa Dilakukan Sekarang

advertisement
Ada beberapa macam langkah pencegahan penyakit ginjal yang bisa kita lakukan agar kesehatan ginjal kita tetap bersih. Bagian tubuh yang satu ini memang sangat penting bagi kita karena ginjal berperan penting dalam mengendalikan air yang ada di dalam tubuh. Jika kita mengalami gagal ginjal, maka akan sangat fatal bagi kita.

Untuk itu, menjaga kesehatan ginjal sangatlah penting bagi kita. Cara yang pertama adalah dengan mengontrol tekanan darah yang ada di dalam tubuh kita. Setelah kita mengetahui bahwa kita memioliki tekanan darah tinggi atau rendah, usahakan konsumsi apa yang menurut dokter baik. Jangan malah sebaliknya. Jika tidak, hal ini akan berakibat fatal pada ginjal kita.

ginjal

Inilah Cara Mencegah Penyakit Ginjal

Cara yang pertama adalah dengan mengkonsumsi bawang putih dan berhenti mengkonsumsi mengkonsumsi minuman yang mengandung taurin. Seperti kita ketahui, minuman yang mengandung taurin biasanya mempunyai rasa yang enak dan juga mempunyai efek yang mungkin membantu menyegarkan tubuh kita. Namun, jika konsumsinya tidak dalam dosis yang tepat, ginjal akan menguning dan mudah rusak.

Selain itu, bawang putih adalah makanan yang tepat bagi mereka yang ingin menghindari penyakit ginjal. Namun, efek samping dari terlalu makan mengkonsumsi bawang putih adalah darah akan lebih cepat menggumpal. Untuk itu, perlu adanya pengawasan dari dokter agar dosisnya tepat. Periksa ke dokter untuk mengetahui kesehatan darah dan ginjal adalah langkah awal untuk memerangi penyakit ginjal.

Cara selanjutnya adalah dengan berhenti minum alcohol dan juga banyak mengkonsumsi air putih. Alkohol mengandung bahan kimia berbahaya bagi tubuh jika diminum terus menerus. Memang, banyak sekali orang orang yang mengkonsumsi alcohol dengan alasan untuk menghangatkan tubuh, namun jika dikonsumsi secara berlebihan hal ini tentu akan sangat berpengaruh terhadap ginjal.

Ginjal akan rusak dan akan kehilangan fungsinya di dalam tubuh. Untuk itu, bagi orang orang yang terlanjut banyak mengkonsumsi alcohol, minum air putih sebanyak 8 gelas perhari adalah hal yang wajib untuk mengimbangi alcohol yanga da di dalam tubuh. Memang tidak bias sepenuhnya hilang, namun hal ini bisa digunakan untuk meminimalisir kandungan alkohol yang ada di dalam tubuh.

Cara yang ketiga adalah dengan mengurangi konsumsi makanan yang berlemak. Bagi sebagian orang, lemak mungkin identik dengan penambahan berat badan yang menimbulkan obesitas, namun sejatinya lemak juga mempengaruhi kesehatan ginjal kita.

Banyaknya lemak yang ada di dalam tubuh membuat kinerja darah dan aliran darah menjadi meningkat,sehingga ginjal membutuhkan tenaga yang keras untuk membantu memompa darah keseluruh tubuh. Jika dibiarkan, darah yang tadi menumpuk akan menggumpal, dan ginjal akan kehabisan tenaga untuk memompa darah. Kurangi makanan berlemak seperti makanan yang mengandung minyak berlebih seperti gorengan, sate kambing, dan juga ayam minyak pedas.

Olahraga teratur juga sangat penting agar kinerja ginjal bisa seimbang dan juga sehat. Namun, jangan lupa, setelah selesai berolahraga, jangan lupa untuk mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup agar ginjal tidak kekuraangan air.

Air putih memang minuman yang sangat sepele, namun khasiat dari air putih ini nampaknya tidak perlu diragukan lagi karena memang dibutuhkan oleh tubuh kita.

ARTIKEL TERKAIT: