Beberapa Cara Mencegah Osteoporosis Agar Tulang Sehat dan Kuat

advertisement
Ada banyak sekali cara mencegah osteoporosis agar tulang kita tidak mudah keropos. Bagi sebagian orang, osteoporosis merupakan kelainan pada tulang punggung yang bengkok dikarenakan kepadatan tulang mulai berkurang.

Hal ini umumnya dialami oleh orang yang usianya sudah lanjut usia, namun, orang orang yang berumur 40 tahun bisa saja terkena penyakit ini jika tidak menjaga kesehatanya. Posisi duduk yang menjadi kebiasaan juga menjadi salah satu factor terjadinya kelainan tulang ini.

Untuk itu, jika kita memang masih punya waktu untuk menjaga kepadatan tulang, maka kita harus merawatnya dengan baik. Berikut adalah tips agar tulang terhindar dari gejala osteoporosis.

Osteoporosis
Image by James Heilman, MD [Creative Commons], via Wikimedia Commons


Inilah tips mencegah Osteoporosis yang bisa dilakukan

Metode yang pertama adalah dengan merubah posisi duduk kita yang semula selalu membungkuk dengan tegak. Dengan kita, kita bisa mencegah tubuh kita terkena osteoporosis. Memang, factor yang satu ini adalah factor yang paling besar bagi orang orang yang menderita kelainan tulang ini selain usia.

Posisi duduk yang terlalu membungkuk sangatlah tidak dianjurkan bagi orang orang meskipun mengerjakan sesuatu dengan duduk sekalipun. Ubah saja posisi dudukyang membungkuk, lalu sekali kali lakukan stretching agar tulang belakang ada gerakan. Lalu, usahakan selalu menegakan badan ketika sudah melakukan sesuatu. Ini juga berguna agar kelenturan tulang belakang terjaga dan tidak kaku. Memang sepele, namun hal ini juga akan berdampak besar bagi kesehatan tulang kita.

Cara yang kedua adalah dengan mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kalsium. Kalsuium adalah unsure yang dibutuhkan oleh tulang agar tulang tetap terjaga kesehatanya.

Bagi orang orang yang sudah memasuki usia lanjut mulai dari umur 40 keatas, maka mengkonsumsi kalsium sebenarnya adalah suatu keajiban agar tulang belakang tidak terkena osteoporosis. Contoh bahan makanan atau minuman yang mengandung kalsium adalah susu dan keju.

Susu dan keju mempunyai kandungan gizi dan kalsium yang tinggi sehingga baik untuk tulang. Untuk itu banyak sekali produk kesehatan yang menggunakan bahan dasar keju dan susu sebagai produk kesehatan tulang.

Menghindari softdrink dan makanan cepat saji adalah salah satu cara mencegah osteoporosis yang bisa kita lakukan. Jangan dianggap soft drink atau makanan cepat saji tidak memiliki efek samping. Salah satu efek sampingnya adalah menyebabkan terjadinya osteoporosis.

Maka jangan mengkonsumsi soft drink seperti soda dalam jumlah yang banyak. Bagi pencinta minuman bersoda, hal ini harus diimbangi dengan meminum air putihn dalam jumlah yang banyak pula agar kepadatan tulang tidak menurun.

Soft drink mampu menyebabkan tulang keropos sehigga tulang lebihn mudah rusak dan mudah terserang penyakit yang satu ini. Zat yang berbahaya pada soft drink adalah kandungan asam yang bisa menghapus simpanan kalsium yang ada pada tulang.

Nah, agar tubuh kita sehat dan tulang kita selalu lentur, berolahraga adalah jalan yang sangat tepat. Kita bisa berolahraga apa saja agar tulang kita ada gerakan sehingga tidak kaku. Olahraga seperti senam, aerobic, dan fitness adalah olahraga yang sangat tepat untuk kita lakukan karena seluruh tubuh bergerak.

Jangan menganggap bahwa jika kita berolahraga kepadatan tulang kita hilang dan keropos. Hal ini justru sebaliknya membuat kandungan kalsium menjadi kuat, namun hal ini juga harus diikuti oleh pola makan dan hidup yang sehat dan teratur.

ARTIKEL TERKAIT: