Begini Cara Mengatasi Mual Saat Hamil dengan Gaya Hidup Sehat

advertisement
Tahukah anda cara mengatasi mual saat hamil? Selama ini, masalah utama yang dialami oleh wanita hamil adalah rasa mual yang amat menganggu. Tidak jarang rasa mual ini membuat wanita hamil kehilangan nafsu makan.

Padahal sebenarnya wanita hamil membutuhkan gizi yang cukup bagi sang janin. Jika sampai nafsu makan hilang, tentunya gizi yang dibutuhkan untuk sang janin menjadi tidak terpenuhi.

Biasanya rasa mual ini muncul ketika masa trimester pertama. Pada masa ini janin masih sangat rentan. Maka itu cara yang dilakukan untuk mengatasi rasa mual pun sebaiknya berhati-hati. Bagi anda yang penasaran, berikut ini beberapa tipsnya.

Hamil

Tips Mengatasi Rasa Mual Saat Hamil

Tidak selalu harus menggunakan obat-obatan, anda bisa juga melakukan cara-cara berikut ini yang terbilang mudah dan tidak selalu melibatkan obat-obatan. Misalnya dengan makan sedikit tetapi sering. Cara ini sama yang dilakukan ketika sedang diet. Porsi makanan yang dikonsumsi sedikit.

Tetapi frekuensi makan menjadi sering. Porsi yang lebih sedikit ini baik untuk ibu hamil muda. Karena porsi yang sedikit ini bisa masuk ke dalam tubuh lebih mudah dibandingkan ketika harus makan dengan porsi yang banyak. Porsi makanan yang banyak justru akan membuat ibu hamil menjadi bertambah mual.

Ibu hamil muda biasanya memiliki sugesti merasa eneg ketika melihat makanan dalam jumlah banyak. Meskipun porsi makanan sedikit, tetapi harus tetap pilih makanan yang kaya akan karbohidrat.

Pemilihan makanan dengan karbohidrat ini bertujuan untuk menghindarkan ibu hamil dari rasa lemas dan lesu. Jika memang ibu hamil muda merasa belum bisa langsung mengkonsumsi karbohidrat, maka bisa dipancing nafsu makannnya dengan menggunakan buah segar. Jangan sembarang makan dan sebaiknya atur intensitasnya.

Tips selanjutnya adalah dengan mengatur jeda ketika pagi hari. Maksudnya adalah dengan tidak langsung beranjak dari tempat tidur. Berilah jeda ketika baru bangun dan saat akan beranjak dari tempat tidur.

Sebaiknya anda menghindari makanan yang menimbulkan gas. Makanan-makanan yang berpotensi menimbulkan gas sengaja dihindari agar perut tidak terasa kembung atau penuh.

Pasalnya ketika gas memenuhi perut, maka anda akan merasa mual. Jenis-jenis makanan yang menimbulkan gas antara lain seperti kol, nangka, sawi hijau, makanan fermentasi, durian, dan lain sebagainya. Makanan-makanan tersebut sebaiknya dihindari selama kehamilan. Ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan sehat seperti bayam. Atau buah-buahan yang kaya akan vitamin.

Ada juga makanan yang dianggap bisa menambah rasa mual ibu hamil muda. Sebaiknya beberapa makanan ini dihindari karena bisa menimbulkan efek mual. Jenis-jenis makanan tersebut antara lain makanan dengan lemak tinggi yang bisa jadi mengandung lemak jahat.

Selain itu juga sebaiknya hindari makanan yang berminyak karena bisa meninggalkan sisa minyak di lidah dan usus. Rasa mual akan timbul setelah mengkonsumsi makanan tersebut. Hindari juga makanan yang pedas karena bisa memicu meningkatnya kadar asam lambung.

Baca juga: Manfaat Buah Semangka untuk Ibu Hamil

Ketika asam lambung naik maka ibu hamil akan merasakan mual. Rasa mual juga bisa jadi ditimbulkan karena ibu hamil mengalami kekurangan cairan. Maka sebaiknya ibu hamil mengganti cairan yang hilang dengan cara mengkonsumsi air putih yang cukup. Lebih baik minum air putih hangat secara rutin.

ARTIKEL TERKAIT: