Begini Cara Mengatasi Bisul Menggunakan Bahan Alami

advertisement
Ada begitu banyak cara mengatasi bisul yang bisa anda lakukan. Mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan masalah kulit yang satu ini. Bisul merupakan penyakit yang dipengaruhi oleh infeksi pada bagian permukaan kulit.

Infeksi pada bisul ini akan menyebabkan rasa gatal dan benjolan berwarna merah-merah. Bisul yang lebih parah bahkan bisa menyebabkan rasa panas, nyeri, dan gatal. Tetapi tentunya meskipun terasa gatal tidak boleh digaruk.

Karena jika digaruk justru bisul bisa bertambah menjadi lebih parah dan terasa lebih sakit. Bisul bisa didiamkan begitu saja kemudian akan menghilang dengan sendirinya. Tetapi bisul yang sudah parah tentunya akan membutuhkan penanganan yang lebih lanjut. Maka dari itu harus segera diatasi.

Tips Mengatasi Bisul Secara Alami

Selama ini apa cara yang anda lakukan untuk mengobati penyakit ini? Tidak jarang orang memilih untuk pergi ke dokter agar bisa menghilangkan bisul. Tetapi sebenarnya ada cara yang bisa dilakukan agar bisul bisa diobati dan tidak menimbulkan bekas.

Diperlukan pengobatan yang tepat dalam menangani bisul. Penting sekali bagi anda untuk mengetahui bisuk sejak dini. Oleskan antibiotik agar bisul tidak semakin membesar. Jika memang bisul sudah semakin membesar dan mengeluarkan nanah, maka jaga agar tetap steril.

Hindari pula menggaruk bagian bisul. Jika bisul semakin bermunculan, mungkin sudah saatnya bagi anda untuk pergi ke dokter dan mencari tahu penyebab yang sebenarnya.

Menangani bisul tidak harus selalu melalui jalan medis. Anda bisa juga mengobati bisul dengan menggunakan bahan-bahan alami. Misalnya saja dengan menggunakan lidah buaya. Cara menggunakan lidah buaya yaitu dengan mengoleskan daging tanaman pada bagian tubuh yang terkena bisul.

Oleskan lidah buaya ini secara terus menerus hingga kering. Sebaiknya ketika melakukan pengolesan, lakukan dengan berhati-hati dan pelan-pelan. Sehingga bisul bisa cepat sembuh. Anda bisa juga menghaluskan lidah buaya kemudian tempelkan pada bagian yang terkena bisul. Setelah itu tutup dengan menggunakan kain.

Bahan alami lain yang bisa digunakan untuk menyembuhkan bisul adalah daun bayam duri. Ramuan obat yang dibuat dari daun bayam duri tidak terlalu sulit.

Cara menggunakan daun bayam duri yaitu, anda perlu mencuci daun ini hingga bersih. Setelah itu menambahkan garam halus dan meremas daun bayam hingga hancur bersama dengan garam halus. Setelah itu oleskan pada bagian bisul tetapi hindari agar jangan sampai mata bisul tersentuh.

Perawatan dengan menggunakan daun bayam duri ini akan mengurangi rasa panas dan perih yang biasanya disebabkan oleh infeksi pada bisul. Jika ingin agar bisul cepat sembuh maka lakukan cara ini secara rutin.

Bisul juga bisa diatasi dengan mentimun dan biji pala. Kupas mentimun kemudian parut hingga lembut. Setelah itu tambahkan beberapa biji pala. Jika sudah tercampur, bungkus dengan menggunakan daun pisang kemudian panggang.

Setelah beberapa menit, angkat dan biarkan dalam keadaan hangat. Ambil parutan yang sudah dipanggang kemudian oleskan pada permukaan kulit yang terkena bisul. Setelah itu tutup area tersebut dengan menggunakan perban. Bahan alami lain yang bisa digunakan adalah bawang putih.

Artikel lainnya: Daun Srikaya untuk Mengobati Bisul

Caranya mudah sekali yaitu dengan menumbuk bawang putih kemudian dioleskan pada bagian bisul. Setelah itu tutup dengan menggunakan perban. Proses ini akan terasa sedikit pedih.

ARTIKEL TERKAIT: