Beberapa Manfaat Olahraga bagi Kesehatan Manusia

advertisement
Banyak sekali manfaat olahraga bagi kesehatan manusia. Para ahli dan dokter sama-sama sepakat bahwa olahraga baik untuk kesehatan. Olahraga merupakan cara alternatif lain untuk terhindar dari segala jenis penyakit. Selain dapat membuat tubuh fit dan lebih atletis, olahraga dapat mengencangkan otot dan meningkatkan stamina tubuh seseorang.

Olahraga secara teratur juga mampu mengatasi atau mengurangi tingkat stres. Tingkat stres jika tidak dikelola dengan baik maka akan membawa dampak yang kurang baik bagi kesehatan tubuh dan psikologis seseorang. Untuk itulah, Olahraga menjadi rutinitas sekaligus solusi untuk mengatasi masalah stres tersebut. Dibawah ini adalah manfaat olahraga bagi kesehatan manusia.

Olahraga

Manfaat Olahrga bagi kesehatan hidup manusia

Seperti yang sudah dikatakan di awal, manfaat olahraga bagi kesehatan manusia adalah menghindarkan kita dari masalah stres. Stres jelas sangat menganggu, jika kita sudah terkena stres, susah untuk mencegahnya.

Misalnya saat kita terjebak kemacetan di jalan, saat kita terlambat ke kantor, atau saat kita ketinggalan kereta, dalam momen-momen seperti itulah stres dapat meningkat. Jika stres meningkat, akan menciptakan aura negatif dan jika aura itu dipelihara, maka akan memperlambat rutinitas seseorang setiap harinya.

Untuk itulah diperlukannya olahraga. Meski olahraga memang cukup melelahkan dan butuh banyak persiapan. Olahraga tidak menciptakan stres, justru dapat mengelolanya dan pada akhirnya menghilangkannya, menggantikannya dengan rasa lelah yang didapatkan dari rutinitas olahraga tersebut.

Manfaat olahraga untuk kesehatan tubuh adalah dapat memberikan kita energi. Energi merupakan sumber penggerak tubuh kita. Energi merupakan stamina seseorang untuk dapat beraktivitas. Apa jadinya jika dalam sehari manusia tidak mendapatkan energi. Selain dari makanan, sumber energi juga bisa berasal dari aktivitas berolahraga.

Meskipun hanya dilakukan 30 menit dalam sehari, olahraga dapat membantu melepaskan endorphin, dengan pelepasan itu, seseorang akan merasa lebih bertenaga sepanjang hari. Endorphin sendiri adalah senyawa kimia dalam otak yang membuat seseorang akan lebih terasa rileks dengan cara mengirimkan sinyal ke otak.

Manfaat olahraga untuk kesehatan tubuh adalah bahwa dengan berolahraga secara teratur, maka dapat memperlambat atau mencegah penyakit jantung, tekanan darah tinggi, kolesterol, diabetes, dan banyak penyakit lainnya.

Berolahraga bahkan dapat memperlambat proses penuaan. Dengan memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih baik, setidaknya orang yang rajin berolahraga memiliki kemungkinan untuk dapat mengurangi terkena penyakit flu dan penyakit virus lainnya. Olahraga sangat cocok untuk memperbaiki pola diet seseorang.

Mengapa? Karena otot membakar banyak kalori daripada lemak tubuh ketika sedang beristirahat, dengan begitu, maka semakin banyak otot yang dimiliki, maka semakin baik pula metabolisme tubuhnya.

Dengan tingkat metabolisme yang baik, maka seseorang akan mendapatkan pola makan yang sehat. Olahraga juga dapat menurunkan beberapa kilo dari tubuh anda, namun itu bukanlah tujuan utama olahraga sebagai sarana untuk menurunkan berat badan.

Bagi orang yang ingin menurunkan berat badan secara sehat, cukup dengan berolahraga. Jangan mengkonsumsi obat-obatan kimia atau mengkonsumsi obat-obat tradisional, dengan olahraga, cukup mujarab untuk mewujudkan impian Anda yang sangat ingin menurunkan berat badan.

Artikel lainnya: Manfaat Olahraga Jalan Cepat

Jika dilakukan secara teratur dan terus-menerus, bisa jadi dalam beberapa hari Anda sudah mendapatkan berat badan yang ideal yang diinginkan. Penurunan berat badan tidak terjadi dalam sehari, melainkan secara bertahap setiap harinya.

ARTIKEL TERKAIT: