Beragam Manfaat Olahraga Jalan Cepat bagi Kesehatan Tubuh

advertisement
Ada banyak sekali manfaat olahraga jalan cepat bagi mereka semua yang menjalaninya. Bagi sebagian besar orang, olahraga jalan cepat mungkin merupakan rutinitas yang jarang untuk dilakukan.

Padahal olahraga jalan cepat banyak memberikan manfaat bagi mereka yang menjalaninya, terutama perihal manfaat kesehatan. Untuk mendapatkan tubuh yang bugar dan atletis, tidak perlu bersusah-susah ke gym untuk mewujudkan hal tersebut.

Dengan melakukan aktivitas olahraga jalan cepat setiap harinya, maka rutinitas tersebut akan membantu mencegah resiko terkena penyakit jantung, stroke, kanker, dan menghindarkan kita dari depresi.

Para ahli menyarankan olahraga ini karena manfaatnya yang baik untuk meningkatkan kinerja jantung yang membantu mengurangi kolesterol jahat.

Berjalan

Beberapa Manfaat dari olahraga jalan cepat untuk kesehatan tubuh kita

Olahraga jalan cepat selain mencegah resiko jantung dan kanker, juga membantu para lansia untuk mendapatkan kualitas kesehatan terbaik dengan menerapkan olahraga yang mudah dan sederhana. Anda juga tidak perlu menjadi seorang pelari atau atlet untuk dapat melakukannya.

Mencoba jalan cepat secara rutin di pagi atau sore hari juga sangat membantu menghilangkan depresi. Namun sebelum benar-benar mendapatkan manfaat atau merasakan manfaat dari olahraga jalan cepat. Terdapat tips-tips yang berguna sebagai persiapan agar manfaat yang didapatkan menjadi lebih optimal.

Tips-tips agar olahraga jalan cepat bisa dirasakan secara optimal ialah mengenakan sepatu yang nyaman dan pas sebelum melakukan jalan cepat. Sepatu yang nyaman sangat membantu mereka dalam melakukan jalan cepat.

Sepatu haruslah yang ringan dan tentu saja dengan ukuran yang pas dengan ukuran kaki kita. Agar manfaat olahraga ini lebih terasa dan kaki tidak terasa pegal dengan ukuran sepatu yang sesuai. Selain itu, manfaat yang bisa didapatkan, adalah tentu saja dengan melakukan pemanasan.

Lakukan pemanasan 5 hingga 10 menit agar otot-otot tubuh tidak tegang dan kaget saat melakukan olahraga.

Setelah itu mulailah dengan jalan perlahan, dan kemudian percepat langkah kaki anda. Anda tidak harus berjalan dengan sangat cepat, namun setiap 10 menit sekali, tingkatkan kecepatan langkah kaki Anda.

Jika dalam perjalanan mengalami kelelahan, Anda bisa berjalan biasa saja untuk menghemat nafas serta mengisi ulang tenaga Anda. Yang terpenting, lakukan mulai dari jalan yang terpelan hingga jalan tercepat, namun tetap dalam berjalan dan tidak perlu berlari.

Pada saat berjalan cepat, pastikan postur tubuh anda tegak dan pandangan menatap lurus ke depan. Angkat dada Anda agar perut tidak menekuk dan selalu perhatikan postur tubuh Anda setiap waktu. Kemudian, yang juga penting, melangkahkah secara alami.

Melangkah dengan mendaratkan kaki dengan tumit, bukan dengan bagian tengah atau depan telapak kaki. Anda boleh melangkah panjang tapi jangan terlalu dipaksakan.

Melangkahlah secara alami namun dengan tempo yang teratur. Tips lain yang berguna saat melakukan jalan cepat adalah pasang target Anda. Anda bisa menjadwalkan hari apa saja Anda akan melakukan olahraga cepat, atau berapa hari dalam seminggu Anda ingin melakukannya.

Artikel lainnya: Jenis Olahraga untuk Penderita Diabetes

Dengan penjadwalan yang tepat dan teratur, maka Anda akan terbiasa di hari apa saja Anda akan berolahraga. Dengan rutinitas itu, otomatis Anda tidak akan kaget dan melakukan persiapan yang cukup untuk berolahraga di hari tersebut.

ARTIKEL TERKAIT: