Penikmat Kopi? Inilah Manfaat Minum Kopi bagi Kesehatan Tubuh

advertisement
Kita bisa mendapatkan manfaat minum kopi apabila kita rutin dalam mengkonsumsi kopi. Kandungan kafein yang ada pada kopi inilah yang mampu memberikan efek bagi peminumnya.

Kandungan kafein mempunyai sifat ketergantungan yang mana ketika ada seseorang yang sering mengkonsumsi kopi, maka bisa jadi seseorang tersebut bisa terkena ketergantungan kopi berlanjut. Kopi memang mempunyai manfaat bagi kita, namun kita tidak boleh mengkonsumsinya dengan mengurangi kandungan kream dan juga gula berlebih yang akan menyebabkan diaetes akibat terlalu sering mengkonsumsi kandungan gula.

Jika kita mengkonsumsi kopi, maka kurangi saja dua kandungan ini agar kita bisa terhindar dari penyakit berbahaya ini.

Kopi

Manfaat Minum Kopi Bagi Pencinta dan Penikmat Kopi

Ketika kita mengkonsumsi kopi, ada satu manfaat yang bisa kita dapatkan yaitu mampu mencegah penyakit batu empedu. Para peneliti mengungkapkan bahwa wanita yang minum setidaknya empat cangkir seharu mempunyai resiko 25 % lebih kecil terkena batu empedu.

Hal ini dikarenakan karena kopi mampu memberikan stimulus bagi empedu kita. Selain itu, mengkonsumsi kopi mampu mencegah depresi pada tubuh.

Bagi orang yang meminum kopi hingga tiga cangkir kopi 15 % lebih kecil kemungkinan untuk terkena depresi dan bagi mereka yang mengkonsumsi 4 cangkir 20 % akan lebih kecil terkena depresi. Kandungan kafein yang ada di dalam kopi inilah yang mampu membuat tubuh kita tetap tenang.

Manfaat selanjutnya adalah kopi mampu meningkatkan memori otak kita, baik dalam jangka panjang maupun jangka pendek. Sebuah studi mengungkapkan bahwa para peminum kopi yang minum 2 cangkir kopi berkafein tinggi mampu meningkatkan memori jangka pendek dan kecepatan reaksi.

Selain itu, kopi mampu mengurangi resiko terkena diaberes. Kopi yang juga mempunyai senyawa yang mampu menghalangi hIAPP, polipeptida yang dapat menghasilkan serat protein abnormal yang bisa kita temukan pada orang dengan diabetes B. Namun, dalam mengkonsumsi kopi, sebaiknya kurangi campuran gula dank reamer, terlebih lagi yang mengandung banyak gula yang malah meningkatkan resiko diabetes.

Manfaat kopi yang selanjutnya adalah kopi mampu meingkatkan energi dan membuat kita menjadi lebih cerdas. Kopi yang mengandung zat kafein inilah yang menjadi alasan mengapa banyak orang mengkonsumsi minuman yang satu ini. Setelah kita minum kopi, kafein akan diserap ke dalam aliran darah yang kemudian mengalir sampai ke otak.

Manfaat lain yang bisa kita dapatkan ketika kita mengkonsumsi kopi adalah mampu membakar lemak. Kandungan kafein yang ada di dalam kopi mampu meningkatkan metabolism tubuh sekitar 3 – 11 % dan mampu membakar lemak sebanyak 10% pada orang yang mengalami obesitas dan sebanyak 29 % pada orang yang sangat kurus.

Kopi juga mampu melindungi diri dari Alzheimer dan Demensia.Banyak studi yang mengungkapkan bahwa kopi mampu membuat kinerja otak jadi mengingkat sehingga otak tidak mati. Namun, mengkonsumsi kopi tidak bisa dilakukan seacara sembarangan mengingat kopi juga mengandung zat addictive yang mana mampu membuat orang yang mengkonsumsinya menjadi ketagihan.

Artikel lainnya: Manfaat Minum Air Putih Hangat

Waktu terbaik untuk meminum kopi adalah sewaktu pagi hari, disaat kinerja otak membutuhkan tenaga baru dan juga semangat baru dan juga malam hari ketika kita ingin tubuh kita merasa tenang. Jangan terlalu sering mengkonsumsi kopi atau perut kita bisa menjadi kembung.

ARTIKEL TERKAIT: