Ini Dia Cara Mengobati Mata Bintitan Secara Alami (Tradisional)

advertisement
Ada berbagai macam cara mengobati mata bintitan. Mulai dari dengan menggunakan obat hingga dengan menggunakan bahan tradisional.

Mengobati bintitan dengan cara yang alami lebih menjadi pilihan dibandingkan dengan menggunakan obat-obatan kimia. Selain karena lebih murah, cara yang alami ini juga menjadi lebih aman. Mata bintitan adalah bisul pada mata yang disebabkan oleh bakteri bernama staphylococcus aureus.

Bintitan ini terjadi karena adanya peradangan pada kelopak mata baik yang di internal maupun bagian eksternal. Infeksi ini bisa terjadi karena beberapa hal. Misalnya karena mengucek mata sehingga kotoran yang ada di tangan menempel pada mata.

Berikut adalah cara mengatasi mata bintitan secara alami

Mata bintitan sering sekali dialami dalam kehidupan sehari-hari. Gejala yang ditimbulkan penyakit ini mudah untuk dikenali. Salah satu gejalanya yang mudah terlihat adalah kelopak mata yang membesar dan menimbulkan rasa gatal serta berwarna merah. Akibat dari hal ini yaitu penderitanya menjadi susah untuk berkedip.

Salah satu cara mengobati mata bintitan adalah dengan menggunakan kompres. Gunakanlah air hangat untuk mengompres mata yang terkena bintitan. Lakukan hal ini selama 10 hingga 15 menit. Jika dilakukan secara rutin maka bintitan akan lebih mudah kempes.

Cara lainnya yaitu dengan menggunakan daun sirih. Tanaman yang satu ini sepertinya sudah cukup terkenal dengan berbagai macam kegunaannya dalam bidang kesehatan. Salah satu manfaat sirih yang bisa anda dapatkan yaitu untuk mengobati bintitan.

Daun sirih memiliki peran sebagai antiseptik. Untuk menggunakan daun sirih sebagai obat bintitan, anda cukup membersihkan mata dengan menggunakan air rebusan daun sirih secara rutin.

Dengan begitu mata bintitan pun bisa teratasi. Ketika sedang mengalami masalah penyakit ini, anda tidak dianjurkan untuk menyentuh atau menekan mata dengan menggunakan tangan yang kotor. Terutama pada bagian yang terkena bintitan. Karena hal tersebut akan semakin memperburuk infeksi yang terjadi.

Untuk lebih mempercepat penyembuhan, maka sebaiknya hindari menyentuh area mata bintitan menggunakan tangan yang kurang bersih. Masih ada lagi pengobatan mata bintitan secara alami. Salah satu bahan yang bisa digunakan adalah bawang putih. Tanaman yang satu ini tidak hanya bisa digunakan sebagai bumbu saja.

Tetapi juga bisa bermanfaat bagi kesehatan kita. Salah satu manfaat dari bawang putih yaitu untuk menyembuhkan bintitan. Anda bisa mengompres mata dengan menggunakan air hangat.

Setelah itu gunakan bawang putih untuk mengolesi mata yang terkena bintitan. Anda bisa juga menghaluskan bawang ptuih terlebih dahulu setelah itu baru dioleskan. Lakukan cara ini secara rutin agar penyakit ini bisa segera sembuh.

Jika cara-cara alami di atas masih belum bisa menyembuhkan mata bintitan anda. Maka mau tidak mau anda menggunakan obat-obatan. Misalnya dengan menggunakan obat tetes mata. Obat tetes mata bisa membersihkan mata dari kotoran. Maka dari itu obat tetes mata juga bisa digunakan untuk menyembuhkan bintitan.

Tetapi hal ini hanya terjadi pada sebagian orang saja. Sebagian orang tidak merasa kesembuhan setelah menggunakan obat mata sebagai obat bintitan. Atau anda bisa juga menggunakan salep.

Gunakan salep yang bersifat antibiotik. Setelah itu oleskan secara teratur agar mendapatkan hasil yang maksimal.

ARTIKEL TERKAIT: