Beragam Manfaat Buah Sukun untuk Penyembuhan & Kesehatan

advertisement
Manfaat buah sukun selama ini belum terlalu diketahui oleh banyak orang. Padahal sebenarnya buah ini memiliki beragam manfaat yang penting untuk diketahui. Buah sukun merupakan salah satu jenis buah yang tidak memiliki biji.

Biasanya berasal dari kepulauan daerah tropis terutama Asia Tenggara. Sukun menjadi bahan pangan penting karena memiliki kandungan karbohidrat. Sukun bisa diolah dengan berbagai macam cara.

Misalnya dengan dipotong-potong, digoreng, dibakar, direbus, atau disangrai. Kebanyakan orang mengolah sukun dengan cara diiris kecil-kecil terlebih dahulu.

Cara pengolahan sukun ini berbeda-beda di setiap tempatnya. Akan tetapi meskipun berbeda beda fungsi dan juga manfaat yang diterima dari buah ini pastinya akan membawa banyak kemudahan terutama bagi diri kita.

Pentingnya Khasiat Buah Sukun

Siapa yang menyangka bahwa buah yang satu ini memiliki banyak kandungan gizi serta berbagai khasiat untuk kesehatan. Manfaat sukun yang pertama yaitu untuk mengurangi penyerapan gula oleh tubuh.

Sehingga penderita diabetes sangat disarankan untuk mengkonsumsi sukun. Hal ini karena buah ini memiliki kandungan serat yang kaya sehingga dapat mengurangi resiko diabetes dan kadar gula darah bisa tetap terkontrol.

Mengkonsumsi sukun juga bisa membuat anda merasa kenyang lebih lama. Tidak salah jika sukun digunakan sebagai makanan pengganti nasi ketika seseorang menjalani diet. Karena memang buah ini mampu meningkatkan asupan kalori dan memberi rasa kenyang.

Tahukah anda bahwa buah ini merupakan sumber dari omega 6 dan omega 3. Sehingga konsumsi buah sukun oleh anak sangat dianjurkan karena buah ini dapat mendukung pertumbuhan otak besar anak. Selain itu buah ini juga mengandung lemak esensial yang baik untuk kesehatan jantung.

Manfaat buah sukun yang lainnya yaitu untuk melancarkan pencernaan. Buah ini memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga bisa berperan untuk melancarkan buang air besar. Selain itu juga berkhasiat untuk mengeluarkan racun dari usus.

Bagi orang yang sedang menderita obesitas, buah ini juga sering digunakan sebagai saah satu makanan diet karena kandungan kalorinya yang sedikit.

Bukan hanya berguna untuk melancarkan pencernaan atau untuk orang yang sedang diet, ternyata buah sukun juga bagus untuk kecantikan.

Kandungan Omega 3 dan Omega 6 dalam buah sukun berguna untuk kecantikan kuit. Selain itu juga buah ini kaya akan kandungan vitamin C yang sudah diketahui baik untuk kesehatan kulit.

Buah sukun juga menjadi sumber antioksidan. Mengkonsumsi buah sukun sekaligus menjadi salah satu bentuk perawatan untuk kulit secara luar dan dalam.

Penelitian juga telah menunjukan bahwa buah ini bisa mencegah infeksi pada kulit. Jadi, mengkonsumsi buah ini secara rutin bisa membuat kulit anda terasa lebih halus dan bersinar.

Tidak hanya kulit saja yang bisa terawat dengan mengkonsumsi buah sukun. Tetapi rambut juga bisa menjadi terawat dengan rajin mengkonsumsi sukun. Buah ini ternyata menjadi sumber vitamin dan mineral yang baik untuk rambut.

Hal ini karena buah ini memiliki kandungan asam lemak Omega 6 yang bermanfaat bagi kesehatan folikel rambut.

Dengan mengkonsumsi buah sukun, rambut anda menjadi tidak mudah rontok. Selain itu akar rambut juga menjadi lebih kuat dan anda bisa terhindar dari kebotakan dini. Tidak ketinggalan juga, buah sukun berguna untuk mengusir timbulnya masalah ketombe yang seringkali menganggu rambut.

ARTIKEL TERKAIT: