Cara Ampuh Mengobati Cantengan Secara Alami yang Bisa Dilakukan di Rumah

advertisement
Mengobati cantengan sebenarnya bukanlah merupakan hal yang sulit. Pengobatan untuk masalah penyakit ini bisa dilakukan sendiri di rumah dengan menggunakan bahan-bahan yang alami. Bagi anda yang belum tahu, cantengan merupakan infeksi bakteri yang biasanya terjadi antara lipatan kulit dan kuku pada jempil kaki.

Cantengan ini terjadi ketika kuku tumbuh menusuk ke kulit dan akhirnya menyebabkan infeksi bakteri. Sehingga menimbulkan keluhan pada jari yang terinfeksi. Biasanya orang yang mengalami penyakit ini merasakan nyeri, bengkak, kemerahan pada kakinya. Tidak jarang juga kaki bernanah.

Tips pengobatan cantengan

Cantengan bisa disebabkan oleh beberapa hal. Misalnya saja karena kesalahan ketika memotong kuku. Kuku yang dipotong ternyata melewati batas maksimal pertumbuhan atau kurang rata. Sehingga bisa menimbulkan infeksi. Kebiasaan buruk seperti mengorek kuku kaki atau menggigt kuku juga memudahkan terjadi infeksi bakteri yang berujung menjadi cantengan.

Menggunakan sepatu atau kaos kaki yang sempit sebaiknya dihindari karena juga bisa menyebabkan cantengan. Meskipun kelihatannya sepele, merawat kuku itu penting. Karena kotoran yang terlalu lama bersemayam di kuku kaki tidak baik dan bisa menyebabkan infeksi selain itu kotoran juga bisa membawa bakteri yang akan membuat kuku kita tidak bersih dan menjadi sarang bakteri ataupun virus.

Kebanyakan orang menggunakan krim sebagai salah satu cara mengobati cantengan. Hal ini menjadi langkah awal yang dipilih setelah penyakit ini timbul. Krim atau salep yang dipilih adalah yang mengandung antibiotik atau antiradang. Tujuan dari penggunaan salep ini adalah untuk meminimalisir infeksi dan peradangan sehingga kondisi kuku tidak bertambah buruk.

Tetapi penggunaan salep ini hanya dianjurkan untuk cantengan yang ringan dan bukan akut. Jika kuku yang menancap terlalu dalam, maka obat yang digunakan tidak akan membantu. Mencabut kuku akan lebih efisien dan bisa mengurangi perluasan infeksi. Maka tindakan yang akan dilakukan biasanya berupa bedah ringan.

Pada tindakan bedah untuk cantengan ini dokter akan memberikan bius lokal. Setelah itu kuku kaki yang menancap lantas dikeluarkan dan sisa kotoran atau infeksi segera dibersihkan. Bagian yang terkena penyakit ini lalu diberi obat pereda nyeri dan antiradang serta antibiotik. Dengan begitu peradangan pun bisa berkurang. Kuku yang cantengan bisa bertambah parah jika tidak diatasi.

Biasanya pada bagian yang cantengan akan terasa nyeri dan berdenyut-denyut. Pada kondisi ini, maka yang dilakukan untuk mengatasinya adalah dengan mengeluarkan nanah secara paksa. Bisa dengan menyayat permukaan kulit dengan menggunakan alat yang steril. Sebaiknya hal ini dilakukan oleh dokter. Karena jika salah langkah malah bisa semakin memperluas infeksi.

Anda juga bisa menggunakan bahan-bahan herbal untuk mengatasi cantengan. Salah satu bahan yang bisa digunakan adalah jahe. Tanaman obat yang satu ini seringkali dipercaya bisa menjadi obat cantengan secara alami. Untuk menggunakannya, kupas dahulu kulit jahe kemudian cuci hingga bersih. Setelah itu jahe yang sudah bersih diparut hingga bersih dan dicampur dengan minyak kelapa.

Artikel lainnya: Cara Mengobati Mata Ikan pada Kaki

Ramuan yang sudah dicampur tersebut kemudian dipanggang tetapi jangan sampai kering. Kemudian jika sudah, tempelkan campuran bahan yang sudah dipanggang tersebut pada bagian jari yang cantengan. Kemudian balut dengan perban lalu rekatkan. Mudah kan untuk membuat ramuan ini? Demikianlah mengenai pengobatan cantengan, semoga bisa menjadi informasi yang berguna bagi kita semua.

ARTIKEL TERKAIT: