Inilah Cara Alami Mengobati Mata Ikan yang Bisa Segera Diterapkan

advertisement
Ada berbagai macam cara mengobati mata ikan. Jika anda belum tahu, maka sebaiknya simaklah artikel ini hingga selesai. Mata ikan merupakan sejenis penyakit kutil yang terjadi pada bagian telapak kaki. Bentuknya memang kecil tetapi jika diabaikan bisa menjadi serius dan berbahaya. Tidak jarang ada kasus mata ikan yang membutuhkan operasi kecil.

Dan operasi kecil ini terkadang memakan biaya yang tidaklah sedikit, padahal sebenarnya mata ikan bisa anda hilangkan secara alami dengan waktu yang singkat. Untuk yang merasa penasaran tentang bagaimana cara mengatasi mata ikan yang menggangu, maka berikut ini adalah beberapa tips pengobatannya yang manjur dan efektif.

Tips menghilangkan mata ikan

Mungkin masih banyak orang yang belum tahu penyebab dari penyakit mata ikan. Penyakit ini sebenarnya disebabkan karena adanya virus bernama Human Papillomavirus atau HPV. Penyakit mata ikan tidak selalu timbul di telapak kaki saja. Tetapi terkadang juga bisa timbul pada tumit, jari kaki, telapak tangan, jari tangan, wajah bahkan mulut.

Tetapi memang kasus penyakit ini lebih banyak terjadi pada daerah kaki saja. Salah satu gejala dari mata ikan adalah penebalan dan pengerasan pada bagian kulit. Asal usul dari nama penyakit ini adalah karena bentuknya yang menyerupai benjolan kecil. Benjolan ini terkadang menggerombol di satu tempat.

Ada beberapa penyebab dari mata ikan. Misalnya saja karena kebersihan sepatu atau kaus kaki yang kurang terjaga. Tekanan yang berlebihan saat menggunakan sepatu juga bisa menimbulkan penyakit ini muncul. Salah satu cara mengobati mata ikan dengan mudah yaitu dengan menggunakan getah pepaya.

Cara penggunaannya, pertama-tama anda membersihkan kaki terlebih dahulu. Kaki dibersihkan dengan menggunakan air hangat yang dicampur dengan garam. Rendamlah area yang terkena mata ikan tersebut selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu bersihkan dengan menggunakan air biasa dan keringkan menggunakan handuk bersih. Kemudian oleskan getah pepaya pada area yang terkena mata ikan tersebut. Usahakan untuk melakukan pengobatan ini secara rutin hingga penyakit ini berangsur sembuh.

Getah kamboja ternyata juga bisa digunakan digunakan sebagai pengobatan mata ikan. Tanaman ini sejak dahulu kala sudah dikenal bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit, termasuk mata ikan. Cara pegobatannya, bersihkan terlebih dahulu area yang mengalami penyakit ini.

Setelah itu oleskan getah kamboja pada area tersebut secara merata. Lakukan pengobatan hingga penyakit ini berangsur menghilang. Anda juga bisa menggunakan daun dewa. Caranya yaitu dengan menumbuk 5 helai daun ini lalu balurkan pada aera yang terkena mata ikan secara merata. Kemudian balut dengan menggunakan perban dan usahakan untuk tidak memaksa beraktivitas terlebih dahulu.

Bawang putih ternyata juga bisa digunakan untuk mengatasi jenis penyakit kutil ini. Bumbu yang satu ini juga bisa digunakan untuk mengobati bintitan. Cara penggunaan bawang putih untuk mengobati penyakit ini yaitu dengan menghaluskannya terlebih dahulu. Setelah itu oleskan pada permukaan kulit yang terkena mata ikan. Kemudian balut menggunakan perban atau kasa.

Artikel lainnya: Gejala dan Penyebab Kaki Gajah

Lakukan cara ini selama beberapa hari hingga penyakit ini sembuh. Selain bahan-bahan yang disebutkan sebelumnya, masih banyak lagi cara-cara untuk mengatasi mata ikan. Misalnya seperti cuka apel atau jeruk lemon. Tetapi semua cara alami tersebut perlu dilakukan secara rutin agar bisa mendapatkan hasil yang terbaik.

ARTIKEL TERKAIT: