Penyebab & Gejala Penyakit Kaki Gajah yang Perlu Kita Ketahui

advertisement
Salah satu jenis penyakit yang mudah menular dan cukup berbahaya adalah penyakit kaki gajah. Penyakit ini akan mengakibatklan kaki dari penderita membengkak menyerupai besarnya kaki gajah sehingga akan terlihat aneh dan mengerikan. Tentunya kita tidak ingin mendapatkan penyakit seperti ini.

Oleh karena itu dari dalam artikel ini kami akan memberikan kepada anda mengenai beberapa penyebab kaki gajah secara general atau umum dan juga mengapa penyakit ini bisa terjadi supaya kita bisa lebih waspada akan penyakit yang satu ini.

Bagi anda yang menginginkan beberapa contoh informasinya maka berikut ini akan kami berikan beberapa contohnya semoga bisa memberikan informasi yang jelas dan tepat pada kita semua.

Penyebab penyakit kaki gajah dan awal muasalnya

Seperti yang sudah kita ketahui sebelumnya, bahwa penyakit ini menular dan berbahaya. Akan tetapi yang mungkin belum kita ketahui, penyakit kaki gajah ini ditularkan atau berasal dari cacing filarial yang pada dasarnya ditularkan melalui injeksi dari nyamuk tertentu. Betul sekali penyebab utama dari penyakit yang aneh ini adalah berasal dari nyamuk yang membawa cacing filarial.

Pada saat sang nyamuk menggigit kita dengan emnginjeksikan mulutnya maka cacing tersebut akan menyalur dari nyamuk menuju ke bagian tubuh si korban dan berkembang biak menjadi penyakit kaki gajah dimana akan membuat kaki korban menjadi aneh dan juga besar seperti layaknya kaki gajah.

Pembengkakan ini terjadi karena orang yang terkena penyakit kaki gajah mengalami pembengkakan pada skrotum. Sehingga membuat penderitanya mengalami pembengkakan pada kaki mereka. Salah satu hal yang membuat kaki gajah menjadi salah satu penyakit yang sangat menular adalah karena penyebarannya diakibatkan oleh nyamuk, dimana nyamuk nyamuk tersebut akan bisa menggigit semua orang di lingkungan dan menyebarkan penyakit ini dengan mudah.

Karena hal tersebut kita tentunya harus lebih menjaga lingkungan kita lebih bersih supaya nyamuk penyebar cacing filarial penyebab kaki gajah tersebut tidak menular dengan cepat di lingkungan keluarga kita sendiri.

Kaki gajah sendiri juga memiliki gejala awal yang perlu kita ketahui sehingga kita bisa lebih siap dalam menghadapinya. Salah satu yang paling utama adalah si penderita akan merasakan demam yang tinggi kurang lebih 5 hari lamanya. Yang aneh apabila kita beristirahat maka demam kita akan turun dengan cepat sayangnya apabila kita melakukan aktifitas maka demam tersebut akan muncul kembali.

Setelah itu ada juga gejala lainnya terutama pembengkakan pada bagian tubuh tertentu seperti contohnya kaki, tangan dan bahkan payudara untuk wanita. Dan yang mengerikan lagi, apabila kelenjar getah bening di dalam tubuh pecah maka akan muncul nanah dan juga darah dari pembengkakan tersebut yang juga akan mengakibatkan sakit yang teramat sangat.

Apabila anda mendapatkan beberapa gejala di atas maka sudah bisa dipastikan anda telah mengalami penyakit kaki gajah. Bagi anda yang telah mendapatkan hal tersebut ada baiknya sesegera mungkin untuk segera mengobati penyakit anda ke dokter untuk segera mengatasinya karena semakin cepat anda mengatasi penyakit ini maka semakin cepat pula sembuhnya.

Perlu diingat meskipun penyebab kaki gajah sangat sederhana, namun apabila penyakit ini sudah memasuki fase yang paling parah maka akan sangat sulit untuk mengobatinya bahkan di beberapa kasus anda harus memutilasi bagian tubuh tertentu untuk disembuhkan dari penyakit ini.

ARTIKEL TERKAIT: