Beberapa Penyebab Penyakit Gondok yang Penting Diketahui

advertisement
Penyebab seseorang terkena penyakit gondok memang sangat banyak akan tetapi banyak juga diantara kita yang belum mengetahuinya. Oleh karena itu berikut ini akan kami berikan beberapa contoh dari penyebab penyebab gondok yang bisa terjadi pada kita. Akan tetapi tentu saja sebelum kita membahas mengenai penyebabnya kita juga perlu mengetahui apa kah penyakit gondok tersebut.

Gondok adalah penyakit yang menyerang kelenjar tiroid atau organ di bawah jakun kita. Apabila dalam kondisi normal kelenjar tiroid akan bekerja dengan baik dan tidak akan memberikan dampak apa apa. Akan tetapi apabila terjadi gangguan maka akan membengkak dan itulah yang disebut dengan gondok.

Berbagai macam pemicu munculnya penyakit gondok

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa penyebab gondok sangatlah beragam, akan tetapi berikut ini telah kami kumpulkan beberapa contoh penyebab yang bisa mengakibatkan gondok berikut ini adalah beberapa contohnya.

1. Hipertiroidisme atau hipotirodisme

Penyebab pertama adalah kinerja dari kelenjar tiroid yang menurun atau berlebihan. Kedua penyebab ini akan membuat pembengkakan pada bagian kelenjar tiroid yang tentunya perlu kita waspadai. Beberapa kondisi ini disebabkan oleh penyakit bernama graves dan hashimoto yang berakar pada kondisi autoimun yang kurang baik pada tubuh kita sehingga dasarnya adalah karena kita sedang mengalami penurunan sistem imun pada tubuh.

2. Kurangnya iodin

Penyebab berikutnya adalah kurangnya zat iodin, zat iodin sendiri biasanya dibutuhkan oleh kelenjar tiroid untuk bisa memproduksi hormone tiroid apabila ini terjadi maka kelenjar tiroid akan mengalami pembengkakan yang dinaman gondok. Untuk mencegah hal ini maka kita bisa mencoba menkonsumsi makanan seperti sereal, gandum, susu sapi, ikan dan juga rumput laut yang kaya akan kandungan iodin dan bisa mencegah kurangnya iodin pada tubuh kita.

3. Merokok

Untuk penyebab ketiga ini cukup umum yaitu karena merokok, perokok aktif akan memiliki kesempatan lebih besar terkena penyakit gondok karena asap rokok yang terbuat dari tembakau memiliki kandungan senyawa bernama tiosinat yang memiliki efek untuk mempengaruhi kemampuan dari tubuh si penderita dalam menggunakan iodin dalam tubuh mereka sehingga mereka akan mendapatkan defisiensi iodin yang mengakibatkan munculnya gondok di bagian bawah leher atau bagian kelenjar tiroid.

4. Pengaruh kanker tiroid

Penyebab berikutnya lebih mengerikan lagi yaitu adanya kanker tiroid dalam kelenjar tiroid, hal ini tentu saja akan memacu bengkaknya kelenjar tiroid yang akan membuat si penderita mendapatkan gondok dengan cepat. Untuk penyebab yang satu ini kita harus cepat cepat membawanya ke rumah sakit karena akan membutuhkan penanganan profesional untuk bisa mengatasi penyakit komplikasi yang satu ini.

5. Inflamasi kelenjar tiroid akibat virus, obat dan juga bakteri

Tentu saja selain beberapa contoh di atas masih ada beberapa contoh berikut ini, yaitu virus, alergi obat dan juga terkena bakteri juga memiliki kesempatan besar sebagai salah satu penyebab gondok. Virus dan bakteri memang bisa menyerang kelenjar tiroid yang mengakibatkan peradangan sementara alergi obat juga memiliki efek peradangan yang juga bisa memicu gondok.

Dengan mengerti beberapa contoh dari penyebab penyakit gondok tersebut tentunya kita akan lebih mudah dalam mendeteksi keberadaan penyakit gondok dan bisa segera menanganinya sebelum penyakitnya berkembang lebih berat dan kompleks lagi. Semoga anda bisa tetap menjaga kesehatan tubuh anda.

ARTIKEL TERKAIT: