Berbagai Penyebab Penyakit Tifus yang Harus Diketahui

advertisement
Penyebab penyakit tifus memang sangat mudah untuk diketahui, penyakit ini disebabkan oleh lingkungan yang tidak bersih dan menyebarnya bakteri salmonella. Oleh karena itu ada baiknya apabila kita hendak memakan sesuatu menggunakan piring dan alat makan orang lain ada baiknya kita mencucinya sampai bersih sehingga kita tidak akan terkena penyakit ini.

Beberapa contoh yang menyebabkan penyakit ini adalah karena bertukar gelas dan meminum dari gelas yang sama penyebaran penyakit yang satu ini adalah karena bakteri sehingga bisa dicegah dengan membersihkannya terlebih dahulu dengan menggunakan pembersih.

Di dalam artikel ini selain membahas mengenai penyebab penyakit ini kita juga akan membahas bagaimana mengatasinya dan juga gejalanya untuk lebih membuka pengetahuan kita.

Penyebab, gejala, serta cara mencegah penyakit tifus

Penyakit tifus dikenal dengan nama penyakit hepatitis A, bagi yang belum mengetahuinya, seperti yang sudah pernah dibahas sebelumnya penyakit ini berasal dari bakteri salmonella yang berkembang biak di kotoran. Oleh karena itu bagi kita yang jarang mencuci piring gelas dan juga banyak lainnya maka kita akan lebih mudah terinfeksi oleh bakteri salmonella ini.

Akan tetapi dengan mencuci piring gelas dengan bersih serta menjaga lingkungan kita maka kita akan lebih mudah terhindar dari penyakit yang satu ini. Selain itu perlu diketahui bahwa tifus meskipun bisa diatasi apabila tidak cepat ditangani akan dengan cepat bisa membawa korban jiwa, beberapa orang pernah meninggal akibat penanganan yang kurang baik akibat tifus sehingga kita perlu mewaspadainya.

Seperti yang pernah dibahas di atas ada juga beberapa gejala penyakit tifus yang perlu kita waspadai. Beberapa gejala seperti contohnya mual dan juga lemas, lalu rasa demam yang nantinya akan dilanjutkan dengan nyeri di kepala merupakan contoh dari gejala gejala tifus. Selain itu perut juga akan terasa kembung dan juga mual.

Selain itu mata kita yang terinfeksi oleh tifus akan berubah kekuningan dan air kencing akan berwarna coklat gelap. Itulah beberapa contoh gejala penyakit ini yang perlu kita waspadai. Oleh karena itu bagi yang merasa mendapatkan gejala gejala di atas ada baiknya untuk segera memeriksakan diri ke dokter untuk segera mendapatkan penanganan profesional yang pastinya akan segera menyelamatkan nyawa.

Selain penyebab penyakit tifus dan juga gejalanya tentunya tidak cukup rasanya apabila kita belum membahas bagaimana mencegah penyakit ini. Salah satu pencegahan yang paling pas untuk tifus sebenarnya sangat mudah, kita hanya perlu menjaga kebersihan lingkungan sekitar kita dengan membersihkan dan juga menjamin lingkungan sekitar kita tidak mendapat bakteri dengan mudah.

Selain itu pastikan juga untuk selalu mencuci alat alat makan yang telah kita makan untuk bisa dipakai setelahnya. Bakteri salmonella sangat senang bersarang pada sisa sisa makanan dan juga kotoran pada tempat sampah sehingga ada baiknya untuk membungkus sampah dan segera membuangnya keluar dari rumah kita.

Selain menjaga kebersihan rumah dan sekitar, jangan lupa juga untuk menjaga kesehatan diri kita, kesehatan diri sangat penting karena hal itu akan membuat kita lebih tahan terhadap serangan bakteri yang menyerang seperti salmonella. Menjaga kesehatan dengan berolahraga yang teratur dan juga menjaga asupan nutrisi dan diet kita akan membuat kita lebih sehat dan memiliki sistem imunitas yang tinggi.

ARTIKEL TERKAIT: