Kenali Penyebab Penyakit Ebola yang Mematikan Ini

advertisement
Penyakit ebola memang merupakan salah satu penyakit paling berbahaya di dunia, bagaimana tidak penyakit jenis ini dapat meyebabkan kematian dengan sangat cepat yang mungkin akan membawa tragedi dan juga penularan dengan cepat pada orang orang lain di sekitar.

Hal ini tentunya menyebabkan banyak orang menakuti penyakit ini. Oleh karena itu banyak orang perlu mengetahui penyebab ebola secara detail, sehingga kita bisa dengan cepat menangani infeksi yang bisa saja terjadi dengan cara mencegahnya terjadi sama sekali.

Oleh karena itu berikut ini akan kami berikan beberapa contoh penyebab dari penyakit ebola, semoga dengan beberapa informasi singkat ini kita bisa mencegah penyakit ebola menular dan juga terjadi.

virus ebola
Image by NIAID [Creative Commons], via Wikimedia Commons

Penyebab penyakit Ebola secara detail dan lengkap

Sebelum kita mencoba mempelajari mengenai penyebab ebola, maka ada baiknya kita mengetahui dulu sejarah mengenai penyakit ini. Penyakit ebola pertama kali terjadi di tahun 1976 dan penyakit ini disinyalisr atau diduga karena orang memakan daging dari hewan liar seperti contohnya kelelawar dan juga monyet.

Dari beberapa penelurusan yang dilakukan oleh orang banyak endemic ini memang benar terjadi karena monyet yang dagingnya dimakan itu memang terkena virus yang belum diketahui yang ternyata adalah penyakit ebola. Dari situlah asal muasal munculnya penyakit yang sangat mematikan ini dan bagaimana penyakit ini menulari banyak orang di sekitar daerah di afrika dimana tempat terjadinya virus ini.

Selain disebabkan memakan daging monyet yang tertular virus ebola penyebab dari penyakit ini tentu saja bukan hanya itu saja. Salah satu penyebab lainnya adalah memakan buah yang telah terkena air liur dari binatang yang terkena virus ebola ini.

Virus ini memang sangat mudah menular dan bisa menular bukan hanya melalui daging namun juga air liur, oleh karena itu buah yang terkena air liur dari binatang seperti monyet dan kelelawar yang terkena ebola akan memberikan dampak yang sama dengan memakan daging binatang yang terkena ebola.

Yang lebih mengerikan lagi menyentuh air liur atau menyentuh buahnya saja akan memberikan beberapa persen kesempatan terkena penyakit ini yang membuat kita harus lebih berhati hati tentunya.

Selain air liur penyebab lainnya bisa juga seperti contohnya udara, tinja dan juga darah ataupun keringat. Oleh karena itu banyak orang yang terkena ebola akan di isolasi ke dalam sebuah karantina untuk tidak menyebarkan penyakit tersebut.

Selain itu resiko akan lebih jauh banyak apabila anda berdekatan dengan pasien penderita ebola ataupun para perawat penderita ebola baik keluarga yang sebenarnya tidak terkena. Berbahayanya penyakit ebola bahkan mengancam tim medis yang merawat orang yang menderita ebola sehingga membuat banyak orang semakin takut dengan virus atau penyakit yang satu ini.

Dari beberapa penjelasan di atas, bisa kita tarik sebuah kesimpulan bahwa penyebab penyakit ebola memang berada pada beberapa binatang yang telah terinfeksi terlebih dahulu. Namun penyebaran akibat kontak fisik, makanan, air liur maupun udara membuat virus ini semakin berkembang dan juga menjadi penyebab sekunder yang sama berbahayanya.

Oleh karena itu lakukan segala macam pertahanan seperti masker udara, membersihkan lingkungan sekitar anda dan yang pasti hidup sehat sehingga system imunitas anda akan lebih kuat untuk bisa menjadi pertahanan anda terhadap virus ini yaitu virus ebola.

ARTIKEL TERKAIT: