Inilah Cara Mengobati Varises & Beberapa Pencegahan yang Bisa Dilakukan

advertisement
Tahukah anda cara mengobati varises? Mungkin masih belum banyak orang yang tahu akan hal ini. Varises adalah jenis penyakit yang biasanya menyerang area kaki terutama pada pangkal paha dan betis. Varises ini menyerang pada vena yang merupakan pembuluh darah yang berfungsi untuk mengembalikan darah sisa olah metabolisme yang berasal dari seluruh jaringan dalam tubuh kembali menuju jantung.

Varises terjadi ketika ada penyumbatan sirkulasi darah di area sekitar tungkai kaki dan betis saat dipaksa menahan bobot seluruh badan. Biasanya hal ini terjadi ketika kaki dipaksa untuk terlalu lama berdiri atau berjalan tegak. Akibatnya tekanan darah pada vena bagian bawah menjadi meningkat yang pada akhirnya menyebabkan gejala varises.

Mengatasi Varises dengan Mudah 

Biasanya penderita varises akan merasa kurang percaya diri di dalam kehidupan sehari harinya terutama saat mereka tidak menggunakan alas kaki atau sepatu. Karena varises menimbulkan tanda-tanda berwarna biru yang terlihat jelas di bagian pembuluh darah vena. Biasanya berbentuk lebar dan berkelok-kelok. Pada bagian yang berwarna biru tersebut penderita akan merasakan sakit, nyeri, bengkak dan berat.

Di beberapa kasus varises, pembengkakan terjadi hingga menyebabkan borok di bagian pergelangan. Tidak jarang penderita varises akan terlihat lebih tua dari usia sebenarnya. Varises tidak bisa dianggap sebagai gangguan kesehatan yang ringan, karena tetap membutuhkan perawatan intensif yang tepat.

Tentunya ada cara mengobati varises yang mudah. Cara-cara yang dijelaskan berikut ini tergolong mudah karena anda hanya perlu mengubah kebiasaan buruk saja. Misalnya adalah dengan mengurangi waktu duduk atau berdiri saja. Biasanya duduk terlalu lama bisa memicu varises. Posisi terlalu lama berdiri dengan kaki menopang tubuh dan tas juga tidak baik.

Maka sebaiknya selingi aktivitas berdiri dengan duduk paling tidak selama 30 menit. Begitu juga sebaliknya. Para kaum wanita yang senang menggunakan heels, sebaiknya juga mulai memperhitungkan hal tersebut.  Terlalu sering menggunakan heels bisa menyebabkan varises bertambah parah. Sehingga meregangkan kaki untuk melancarkan sirkulasi darah perlu untuk dilakukan.

Salah satu cara mengatasi varises sekaligus untuk mencegah timbulnya varises adalah dengan mengontrol berat badan dan asupan makanan. Orang yang obesitas cenderung lebih mudah mengalami varises. Kontrol berat badan sangat perlu untuk dilakukan. Asupan gizi makanan juga harus diperhatikan.

Cobalah untuk diet rendah garam untuk mencegah pembengkakan terjadi akibat dari retensi cairan. Rajin berolahraga juga sangat dianjurkan untuk mengurangi resiko varises. Tidak perlu olahraga yang berat. Anda bisa melakukan olahraga santai seperti berjalan atau lari. Tujuannya adalah agar sirkulasi darah pada kaki menjadi lancar. Olahraga tidak perlu dilakukan secara berlebihan.

Saat sedang beristirahat setelah seharian beraktivitas, usahakanlah untuk mengangkat kaki. Gunanya adalah untuk mengurangi gaya gravitasi pada vena kaki dan mencegah terjadinya hambatan sirkulasi darah. Varises sebenarnya juga bisa diatasi dengan pergi ke dokter.

Biasanya obat-obatan dari dokter yang akan diberikan berupa suplemen yang mampu mengurangi varises, asam lemak esensial omega-3, dan ginkgo biloba. Meskipun begitu, tentunya lebih baik mencegah daripada mengobati. Karena varises yang dibiarkan begitu saja juga tidak akan baik bagi kesehatan tubuh dan penampilan. Mulailah untuk hidup sehat agar bisa terhindar dari varises.

ARTIKEL TERKAIT: